SHARE TO :

5 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 1:50 pm tanggal February 27, 2016

Keputihan pada saat hamil bisa terjadi karena beberapa penyebab, mulai dari faktor adanya virus, parasite dan juga jamur, juga bisa jadi karena adanya perubahan hormonal. Alasan yang kedua itulah yang biasanya lebih sering terjadi karena pengaruh hormone akan menyebabkan aliran darah meningkat dan sekaligus membuat cairan vagina juga meningkat.

Cairan vagina itu sendiri memiliki fungsi agar rahim tidak terkena infeksi. Sayangnya, tidak semua cairan vagina memang berguna untuk ibu hamil sebab terkadang, cairan vagina juga telah tercampur (terkontaminasi) dengan virus ataupun parasit, hal itulah yang membuat seorang ibu hamil harus pandai dalam mengatasi keputihan saat hamil. Baca juga Cara ampuh mengatasi nyeri haid

Ada dua jenis keputihan yang sering dialami oleh wanita, termasuk ketika dirinya sedang berbadan dua, yaitu keputihan normal dengan ciri-ciri cairan yang keluar, berwarna bening, tidak berbau dan tidak menyebabkan sekitar vagina terasa gatal, sedangkan keputihan jenis kedua adalah keputihan yang ciri-cirinya seperti cairan yang keluar dari vagina lebih lengket dan kental, berwarna putih susu hingga kehijauan, baunya tidak sedap, gatal dan jumlahnya berlebihan. Jenis keputihan yang kedua tersebut memang harus segera diatasi, sebab keputihan yang cairannya berwarna, berbau dan membuat vagina terasa gatal disebabkan karena adanya infeksi kuman, bakteri, virus, jamur dan juga parasit.

mengatasi keputihan saat hamil

Kesehatan Organ Kewanitaan

Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Bila hal seperti diatas sudah terjadi, maka sebaiknya ibu hamil segera berkonsultasi ke dokter, agar dapat dipastikan bagaimana cara penanganan yang paling baik untuk kesehatan ibu sekaligus anak yang dikandungnya, sebab seperti yang kita tahu, seorang ibu hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat sehingga segala jenis obat yang dikonsumsinya haruslah berdasarkan resep dokter untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan baik itu untuk ibu maupun bayi yang sedang dikandungnya.

Baca juga Cara mengatasi keputihan dengan cara alami

Namun, bukan berarti ibu hamil tidak dapat melakukan apa-apa bila terjadi keputihan, sebab ada beberapa cara yang cukup efektif dan sebaiknya dilakukan saat ia mengalami keputihan, beberapa cara tersebut diantaranya adalah :

1. Selalu bersihkan organ intim wanita (vagina) dengan air bersih. Hal tersebut sepertinya sudah sangat jelas, sebab bila anda membasuh atau membersihkan vagina dengan air kotor, pasti beragam kuman dan bakteri yang ada di dalam air bisa masuk dan mengkontaminasi organ genital, oleh sebab itu bila anda sedang dalam perjalaan dan menggunakan toilet umum, sebaiknya bila anda kurang yakin akan kebersihan toilet umum tersebut, lebih baik bersihkan vagina dengan tisu basah saja. Dan bila setelah buang air besar, maka usahakan untuk selalu membersihkan organ intim wanita anda dari depan ke belakang, agar kuman atau mikroorganisme yang berasal dari saluran kandung kemih dan juga anus tidak masuk ke dalam vagina.

2. Pilih celana dalam yang terbuat dari bahan katun, dan hindari untuk menggunakan pakaian ketat, karena pakaian yang terlalu ketat tidak baik untuk organ kewanitaan. Selain itu selalu usahakan untuk segera mengganti celana dalam yang basah atau lembab dengan yang kering.

3. Setelah mandi, pastikan organ intim wanita anda sudah benar-benar kering, selalu keringkan organ intim wanita dengan handuk bersih dan hindari mengeringkan organ kewanitaan anda dengan tisu yang memiliki aroma wewangian

4. Hindari membersihkan area kewanitaan dengan sabun pembersih, sebab sabun pembersih malah akan membuat keputihan menjadi semakin parah dan sekaligus bakteri baik yang ada di area organ kewanitaan juga beresiko hilang karena penggunaan sabun pembersih

5. Pada saat keputihan, sebaiknya anda tidak menggunakan pantyliner sebab hal tersebut malah akan membuat area kewanitaan anda menjadi semakin lembab.

Itulah 5 cara mudah untuk mengatasi keputihan saat hamil. Tetapi pastikan bila keputihan yang anda alami semakin parah segera berkonsultasi ke dokter agar dapat ditangani dengan lebih tepat.

 

SHARE TO :