SHARE TO :

6 Bahaya Mengengarkan Musik Menggunakan Headset Terlalu Lama

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 4:40 am tanggal February 23, 2017

Pada Zaman Seperti ini, Siapa yang tidak mengenal apa itu headset? Ya, headset sepertinya sudah merupakan salah satu hal yang tidak dapat dilepaskan dari pecinta musik dan juga pemikmat audio lainnya. Headset sepertinya sudah merupakan salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari para pecinta musik dan juga pemikmat audio lainnya.

bahaya-mendengarkan-musik

Headset sendiri bukanlah barang baru. Sejak radio dan juga pemutar music portable mulai booming dan banyak digunakan, saat itulah headset ikut berkembang. Headset sendiri saat ini sudah terdiri dari ribuan jenis dan juga tipe, dengan harga 10 ribu rupiah, sehingga yang kelas premium dengan harga lebih dari jutaan rupiah dengan kualitas yang luar biasa tentunya.

Jenis-jenis Headset

Headset sendiri mengacu kepada peralatan output suara atau speaker dalam bentuk kecil, yang bisa dibawa kemanapun, dan ditujukkan secara personal, yang langsung diletakkan pada telinga kita. Headset juga sering dikenal dengan istilah personal audio, karena memang sifatnya yang personal. Headset ada beberapa jenis, seperti :

  • Handsfree dengan microphones
  • Headphone
  • Earphone
  • Earplug
  • In – ear monitor
  • Dan banyak lagi jenis – jenis dari headset

Keunggulan Menggunakan Headset

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda peroleh ketika menggunakan headset sebagai piranti personal audio anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat headset :

  • Menjaga privasi dari pendengar audio
  • Stylish dan bergaya
  • Kualitas suara yang baik dan jernih
  • Mudah dibawa kemanapun

Nah, itu adalah beberapa keuntungan yang bisa anda peroleh ketika anda menggunakan headset sebagai media pendengar suara portable. Namun demikian, ternyata, menggunaan headpohone pun ada ketentuannya. Apabila dilanggar, kemungkinan akan berdampak pada kesehatan dan juga keselamatan diri anda. beberapa ketentuan tersebut antara lain :

Hearing aid, yaitu control kerasnya suara yang keluar melalui headset anda, sehingga anda pun masih dapat mendengar suara dari lingkungan sekitar
Jangka waktu penggunaan headset, yang disarankan tidak lebih dari 3 – 4 jam dipakai secara terus menerus.

Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama 

Penggunaan headset pada dasarnya tidak boleh terlalu lama, sama seperti menonton televisi dan juga menatap layar komputer yang ada batasnya. Untuk menggunakan headset, usahakan jangan menggunakan headset selama 4 jam berturut-turut karena berbahaya. Berikut ini adalah bahaya menggunakan headset terlalu lama :

1. Dapat Membuat Telingga Mendengung

Bahaya pertama dari menggunakan headset terlalu lama yaitu dapat menyebabkan telinga menjadi mendengung. Telinga yang mendengung akan menyebabkan kita merasa tidak nyaman dengan pendengaran kita. Hal ini mirip ketika kita melakukan perjalanan jauh atau ketika naik pesawat. Hal ini terasa seperti terjadi perubahan tekanan udara di sekitar kita.

Untuk mengatasi hal ini, cukup mudah dilakukan anda bisa menahan nafas anda sambil memencet hidung anda. Lalu tiup sambil tetap memencet hidung anda. Maka telinga anda yang terasa mendengung akan pulih kembali.

2. Menyebkan Tuli Sesaat 

Terlalu lama menggunakan headset, selain bisa menyebabkan telinga yang menjadi mendegung dan juga tidak nyaman, juga akan mengakibatkan “Tuli sesaat”. Apabila terlalu sering dilakukan dengan kualitas suara yang sangat besar, hal ini malah akan menyebabkan anda mengalami tuli secara permanen. Jadi usahakanlah agar penggunaan headset anda dibatasi dalam sehari, agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan

3. Tidak Awas Dengan Keadaan Lingkungan Sekitar

Bahaya menggunakan headset lama adalah kurang aqwas dengan keadaan disekitar. Penggunaan headset menyebabkan perhatian akan terfokus pada suara yang keluar dari headset saja. Hal ini akan mengakibatkan diri kita menjadi tidak awas dan juga cenderung mengabaikan dunia luar dan dunia sekitar kita.

Dengan menggunakan headset, kita cenderung menjauh dari lingkungan sosial dan tidak ingin merinteraksi dengan lingkungan kita. saat menggunakan headset yang terlalu lama, sama seperti ungkapan” menutup mata akan dunia luar.

4. Memperbesar Resiko Terjadinya Kecelakaan 

Merupakan dampak terburuk dari penggunaan headset yang terlalu lama. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan headset yang terlalu lama menyebabkan kita menjadi kurang awas dan cenderung mengabaikan dunia kita. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan penyebab kematian mendadak.

Beberapa hasil statistik menunjukan bahwa angka kecelakaan salah satunya disebabkan karena seseorang tidak peduli dam tidak awas dengan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut dikarenakan asik menggunakan headset terlalu lama, sehingga tidak fokus dan malah terjadi kecelakaan.

5. Dapat Menyebabkan Kuman Masuk Melalui Telinga

masalah lainnya yang berbahaya dari penggunaan headset yang terlalu la
ma adalah kuman. Headset adalah salah satu alat yang memiliki kandungan kuman yang tinggi. Ini disebabkan karena headset merupakan salah satu alat yang sering diletakkan pada udara terbuka tanpa perlindungan dan juga jarang mengalami pembersihan alias dicuci.

Hal ini menyebabkan headset merupakan salah satu sarang dari tempat tinggal kuman dan juga bakteri. Saat memakai hedset terlalu lama, itu artinya kuman dan bakteri akan bebas masuk ke dalam tubuh anda melalui telinga. Hal inilah yang menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan, salah satunya dapat berupa peradangan pada telinga.

6. Telinga Mengalami Kelelahan

Beberapa orang yang merupakan pecinta audio menyebutkan hal ini dengan istilah ear fatigue. Ya, kelelahan telinga merupakan keadaan dimana telinga terlalu banyak menerima stimulus dari Suara secara bersamaan dan terus menerus. Kelelahan pada telinga ini bisa menyebabkan daun telinga terasa perih dan sakit. Hal ini kemudian juga bisa menyebabkan telinga kita menjadi terasa tidak nyaman dan terasa agak sulit dalam menangkap gelombang suara.

Itulah bahaya dari penggunaan headset yang terlalu lama. Semoga dengan adanya artikel ini. wawasan anda menjadi semakin bertambah

SHARE TO :