SHARE TO :

Asam Lambung Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:58 am tanggal October 19, 2016

Penyakit Asam Lambung Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Secara Alami – Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri dada pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Asam lambung memang merupakan salah satu cairan yang terdapat di dalam lambung yang dapat bermanfaat bagi pencernaan. Akan tetapi apabila kadarnya sudah mulai naik/tidak normal maka akan dapat membahayakan kerongkongan dan juga lambung. Maka untuk itu wajib bagi anda untuk mengetahui adanya asam lambung naik.

Maka dari itu jika produksi asam lambung mencapai hingga pH 2,5 akan menyebabkan peningkatan asam lambung. Asam lambung akan menyebar di dalam paru-paru selama beberapa detik dan jaringan paru akan terdapar (buffered) dalam beberapa menit. Pada keadaan yang berat dapat terjadi hipotensi yang mungkin disebabkan oleh penurunan refleks curah jantung melalui saraf vagus.

Asam Lambung Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Secara Alami Tanpa Efek Samping

asam lambung

Penyakit asam lambung pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphincter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke perut. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di perut agar tidak naik kembali ke kerongkongan atau esofagus.

Jika tidak LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. Penyebab penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor kelebihan berat badan, keadaan hamil, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Hampir semua orang akan mungkin pernah mengalami asam lambung naik atau refluks asam (refluks gastroesofagus) akan tetapi banyak orang yang tidak sadar atau bahkan cenderung mengabaikannya. Dan pada asam lambung naik dapat dipicu dari adanya makanan pada waktu malam hari dan dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman seperti rasa nyeri dan rasa seperti terbakar pada bagian perut, ulu hati hingga pada dada serta asam mulut.

Gejala asam lambung yang rasakan adalah sensasi rasa terbakar di bagian dada atau nyeri ulu hati. Akibatnya, kita merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan. Mulut dan keringkongan juga akan terasatidak enak. Kita juga akan mengalami rasa sakit dan kesulitan saat menelan makanan. Makanan yang dapat memicu asam lambung naik seperti soda, Mengonsumsi alkohol, makan berlemak, coklat, dan kacang.

Asam lambung naik karena otot lambung tidak bisa berfungsi dengan baik, penyebab kerusakan pada lambung itu belum diketahui secara pasti. Tetapi ada hal yang dapat menjadi faktor penyebab asam lambung sehingga membuat penderitanya muntah. Berikut ini ada beberapa faktor penyebab asam lambung naik, diantaranya :

– Telat makan, apabila sudah waktu makan sebaiknya tidak menundanya karena bisa membahayakan kesehatan lambung. Di saat telat makan maka akan meningkat rasa lapar dan apabila tidak langsung mengatasi rasa lapar tersebut maka dampaknya bisa akan menyebabkan penderitanya mengalami masalah pada lambungnya yang mengendur sehingga asam lambung akan naik.

– Makanan pedas dan berlemak, penderita asam lambung tidak baik jika terlalu sering makan makanan yang pedas dan juga yang berlemak. Harus mengontrol makanan yang masuk ke dalam lambung agar tidak memicu asam lambung naik.

– Mengkonsumsi kafein terlalu banyak, maka akan menganggu pencernaan. Asam lambung bisa meningkat tinggi sampai ke tenggorokan karena mengkonsumsi terlalu banyak coklat, dan juga kopi. Oleh sebab itu batasi asupan makanan yang mengandung kafein agar tidak berlebihan dan akan menyebabkan kenaikan pada asam lambung.

– Merokok dan minuman alkohol, selain kafein, penyebab asam lambung naik pun bisa dikarenakan minuman yang mengandung alkohol dan juga karena merokok. rokok memiliki racun atau kandungan buruk yang ada di dalamnya dan apabila sering di hisap akan masuk ke dalam lambung juga sehingga hal tersebut bisa memicu asam lambung naik. Begitu pula minuman yang mengandung alkohol bisa menyebabkan asam lambung naik, bahkan bisa merusaknya.

Pengobatan Asam Lambung Dengan Bahan Tradsional

Majunya zaman tidak menghalangi tumbuh pesatnya obat tradisional di dalam penyembuhan berbagai macam penyakit. Justru dengan adanya kemajuan ini, anda semakin tahu mengenai obat tradisional asam lambung. Dan juga bagaimana bahan-bahan tersebut digunakan agar menjadi bahan yang bermanfaat. Berikut ini ada beberapa bahan alami yang bisa anda coba lakukan sendiri di rumah untuk mengobati asam lambung anda, yaitu :

– Cincau

Dengan menggunakan daun cincau, lalu ditumbuk sampai halus. Dengan adanya ini lalu tumbukkan ini direbus lalu disarinf. Dengan menembahkan air kapur sirih hingga kental lalu dicampur dengan air gula akan membuat cincau bisa dikonsumsi secara teratur.

– Meniran

Tanaman obat yang satu ini memiliki 1001 macam khasiat bagi kesehatan anda. Dengan mencuci meniran, lalu merebusnya hingga rebusan air tinggal setengah. Dengan menambahkan madu secukupnya lalu diminum secara berkala. Kadar asam lambung dapat dikontrol secara alami.

– Mentimun

Sayuran segar ini mampu untuk membuat asam lambung menjadi semakin baik. Dengan memakan mentimun secara rutin, atau dengan mencampurkannya dengan yoghurt yang juga dapat menetralkan asam lambung ini sebagai Obat Tradisional Asam Lambung Tinggi.

– Kunyit

Tanaman ini ampuh untuk mengatasi masalah asam lambung anda. Kupas kunyit, lalu parut, setelah itu lalu rebus. Rebusan kunyit tentunya menjadi hal yang and dapat rutin meminumnya.

– Kamomila

Jika anda masih asing mendengar tanaman obat ini, cobalah untuk mengetahuinya lebih dalam. Dnegan nama lain teh kembang, anda dapat meminum rebusan teh bunga ini secara teratur.

– Kencur

Bahan yang satu ini tentu sangat mudah di dapatkan. Dengan menumbuk kunyit, kunyit dapat dikunyah sembari meminum air hangat.

– Lidah buaya

Gel lidah buaya dapat dikonsumsi dalam menetralkan asam lambung yang anda miliki.

– Susu kambing

Rasanya yang lezat dapat digunakan sebagai obat asam lambung anda.

Beberapa bahan diatas bisa anda coba sendiri di rumah sebagai pengobatan asam lambung. bahan-bahan diatas sangat lah ampuh dan efektif untuk mengatasi masalah asam lambung dan yang harus anda perhatikan gunakan obat ini secara teratur, jagalah kondisi asam lambung yang anda miliki.

Demikianlah yang bisa di sampaikan, semoga informasi tersebut bisa menambah pengetahuan dan juga bwermanfaar bagi anda yang memiliki asam lambung tinggi/naik. Terima Kasih.

SHARE TO :