SHARE TO :

Asma Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 3:40 am tanggal October 26, 2016

Asma Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami – Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi (bengek). Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua. Penyakit asma sendiri berasal dari kata “asthma” yang diambil dari bahasa yunani yang mengandung arti “sulit bernapas”.

Secara globa, pengertian asma adalah suatu jenis penyakit gangguan pernapasan khususnya pada paru-paru. Penyakit asma ini dikenal dengan penyakit sesak napas dikarenakan adanya penyempitan pada saluran pernapasan karena adanya aktivitas berlebih yang mengakibatkan terhadap sautu rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan dan penyempitan pada pembuluh darah dan udara yang mengalirkan oksigen ke paru-paru dan rongga dada.

Asma Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami Menggunakan Bahan Tradsional

asma

Biasanya orang yang menderita sesak napas atau asma bersifat sementara dan dapat disembuhkan seperti sedia kala dengan tanpa bantuan obat. Orang yang memiliki asma memiliki peradangan dalam saluran pernapasannya. Peradangan membuat saluran pernapasan bengkak dan sangat sensitif. Saluran pernapasan cenderung bereaksi kuat terhadap zat inhalasi tertentu. Ketika saluran pernapasan bereaksi, otot-otot disekitar mereka menegang. Ini akan mempersempit saluran pernapasan, menyebabkan kurangnya udara yang mengalir ke paru-paru.

Meskipun penyebab asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia. Bagi orang yang memiliki penyakit asma, saluran pernapasannya lebih sensitif dibandingkan dengan orang lain yang tidak hidup dengan kondisi ini.

Ada lima jenis asma yaitu : Exercise-induced asthma. Asma nocturnal (malam hari). Occupational asthma. Cough-variant asthma. Dan Asma alergi. Adapun beberapa gejala umum yang biasa terjadi, meliputi : Batuk, Batuk asma sering lebih buruk pada malam hari atau pagi, sehingga sulit untuk tidur. Mengi, mengi adalah suara siulan yang melengking yang muncul ketika anda bernapas. Dada Sesak, ini mungkin terasa seperti ada sesuatu menekan dada. Sesak napas, beberapa orang yang memiliki asma memiliki asma mengatakan mereka tidak bisa bernapas atau mereka merasakan kehabiasn napas.

Jika seseorang terdiagnosis mengidap asma saat kanak-kana, gejalanya mungkin bisa menghilang ketika dia remaja dan muncul kembali saat usianya lebih dewasa. Namun, gejala asma yang tergolong menengah atau berat di masa kanak-kanak, akan cenderung tetap ada walau bisa juga muncul kembali. Kendati begitu, asma bisa muncul di usia berapa pun dan tidak selalu berawal dari masa kanak-kanak.

Namun asma ini juga memiliki komplikasi, berikut adalah beberapa dampak akibat penyakit asma yang bisa saja terjadi :

– Masalah psikologis (cemas, stres, atau depresi).
– Menurunnya performa di sekolah atau di pekerjaan.
– Tubuh sering terasa leleh.
– Gangguan pertumbuhan dan pubertas pada anak-anak.
– Status asmatikus (kondisi asma parah yang tidak respon dengan terapi normal).
– Pneumonis.
– Gagal pernapasan.
– Kerusakan pada sebagian atau seluruh paru-paru.
– Dan Kematian.

Pengobatan Asma Secara Alami

Jika anda kebetulan mengidap asma atau hidup dengan asma sejak lama, jangan cemas dengan kondisi ini karena asma merupakan penyakit yang masih dapat dikendalikan asalkan anda melakukan hal, seperti :

– Mengendalikan dan menghindari pemicu asma.
– Mengikuti rencana penanganan asma yang dibuat bersama dokter.
– Mengenali serangan asma dan melakukan langkah pengobatan yang tepat.
– Menggunakan obat-obatan asma yang disarankan oleh dokter secara teratur.
– Memonitor kondisi saluran napas anda.

Ada dua tujuan dalam pengobatan penyakit asma, yaitu meredakan gejala dan mencegah gejala kambuh lagi. Untuk mendukung tujuan tersebut, diperlukan rencana pengobatan dari dokter yang disesuaikan dengan kondisi pasien. Rencana pengobatan meliputi cara mengenali dan menangani gejala yang memburuk, serta obat-obatan apa yang harus digunakan.

Penting bagi pasien untuk mengenali hal-hal yng dapat memicu asma mereka agar dapat menghindarinya. Jika gejala asma muncul, obat yang umum direkomendasikan adalah inhaler pereda. Bila mana terjadi serangan asma dengan gejala yang terus memburuk (secara perlahan-lahan atau cepat) meskipun sudah ditangani dengan inhaler atau obat-obatan lainnya, maka penderita harus segera mendapatkan penanganan di rumah sakit.

Anda juga bisa melakukan pengobatan asma dengan menggunakan bahan tradisional yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, bahan-bahan tersebut, yaitu :

Jahe

jahe merupakan salah satu ramuan alami untuk penyakit asma yang paling kuat. kandungan serat dan juga zat antioksidan yang ada di dalammnya membuat jahe bisa membantu mengatasi peradangan, asma sendiri disebabkan karena adanya peradangan pada saluran nafas bawah. Jahe bisa ditambahkan ke dalam campuran madu, madu dan jahe. Madu merupakan kombinasi yang cocok untuk jahe. kombinasi ini akan semakin mempercepat mengatasi sakit asma anda. Saat jahe menghentikan bertambahnya lendir dalam saluran dengan mengatasi peradangannya, madu akan mengencerkan lendir yang ada sehingga dapat dikeluarkan. Cara membuat ramuan ini adalah dengan cara ditumbuk dulu hingga halus, atau dengan dipotong-potong saja, baru kemudian dicampurkan ke dalam campuran madu. Jika hanya dipotong-potong, berikan lebih banyak jahe dibandingkan dengan jika ditumbuk.

Bunga Kenanga kering

Pada pengobatan ini anda bukan memakan bunganya tapi anda meminum ramuan yang terbuat dari bahan dasar bunga kenanga kering. Cara membuatnya, sediakan tiga kuntum bunga kenanga kering, lalu rebus dengan 200 cc air sampai mendidih. Setelah itu tutup wadahnya rapat-rapat. Barulah setelah airnya agak dingin, minum airnya sekaligus. Untuk menyembuhkan asma, cobalah minum ramuan herbal ini setiap hari secara teratur.

Buah cermai

Buah yang rasanya unik ini ternyata juga bisa menjadi salah satu obat asma yang manjur. Cara Membuatnya, sediakan 6 biji buah cermai, dua siung bawang merah, 1/4 genggam akar kara, 8 butir kelengkeng, dan dua gelas air matang. Setelah itu, cuci buah kelengkengnya sampai bersih, lalu tumbuk bersama bahan-bahan lain yang sudah anda siapkan sebelumnya. Kemudian rebus hasil tumbukannya dengan 2 gelas air sampai tersisa 1/2 gelas saja. Minumlah setelah airnya dingin dan disaring.

Daun Ki Tolod

Mungkin anda cukup asing dengan nama daun ini. Namun tumbuhan obat asma ini ternyata juga dinilai cukup efektif menangani asma. Cara pembuatannya : siapkan dua lembar daun ki tolod dan juga dua gelas air. Setelah daun dicuci, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum ramuannya setelah airnya dingin dan di saring sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi dan sore, lakukan secara teratur hingga sakit sesak nafas anda teratasi.

Selain dengan menggunakan obat tradisional, anda juga bisa melakukan pengobatan dengan cara olaharaga yang pas untuk anda. Misalnya melakukan aerobik dengan cara jogging di pagi hari. Namun, jangan terlalu berlebihan karena olahraga dengan frekuensi yang berlebihan akan membuat tubuh menjadi lebih lelah dan bisa memicu terjadi serangan asma.

Demikianlah pembahasan mengenai penyakit asma, mudah-mudahan informasi yang disampaikan bisa menjadi solusi bagi anda dan juga menambah pengetahuan. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

SHARE TO :