SHARE TO :

Cara Mencegah dan Mengobati Rematik Secara Tradisional Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:50 am tanggal October 4, 2016

Cara Mencegah dan Mengobati Rematik Secara Tradisional Alami – Salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh masyarakat, seperti sebagian besar masyarakat di Indonesia adalah rematik. Rematik merupakan suatu penyakit yang menyerang berbagai organ dan jaringan tubuh seperti tulang, sendi, otot, darah atau organ lainnya. Penyebab dari rematik ini belum diketahui secara pasti, namun diduga rematik disebabkan karena kecelakaan, pekerjaan terlalu berat atau juga bisa karena infeksi virus dan bakteri. Sekitar 40% orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun mengalami gejala-gejala rematik.

Mereka yang umumnya mengalami rematik sendiri akan mengeluhkan rasa nyeri pada bagian sendi, nyeri ini disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya seperti infeksi, trauma dan lain sebagainya. Salah satu cara efektif yang umumnya dilakukan oleh banyak orang guna mengatasi rematik adalah dengan meminum obat atau ramuan rematik tradisional yang selama ini lebih dikenal sebagai jamu.

Cara Mencegah dan Mengobati Rematik Secara Tradisional Alami

cara-mengobati-penyakit-rematik

Gejala-gejala Rematik

  • Demam
  • Tubuh terasa lemah
  • Nyeri diseluruh tubuh
  • Rasa kelelahan
  • Tidak ada nafsu makan
  • Adanya penurunan berat badan
  • Pembengkakan pada sendi
  • Sakit pinggang
  • Kekakuan

Rematik ini banyak macamnya, terkadang kita sulit mendiagnosis suatu rematik. Ini merupakan hal yang wajar karena memang gejala dari suatu rematik dengan rematik yang lainnya sangatlah mirip. Namun Anda tak perlu bingung, berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium dan pemantauan gejala klinik, pemeriksaa dan pemantauan tersebut berguna sekali dalam membedakan setiap jenis rematik dan juga aktivitas dari setiap rematik. Berikut ini adalah hasil dari penelitian laboratorium untuk penyakit rematik:

  • Antistreptolysin (ASTO)
  • C-Reactive Protein (CRP)
  • Rheumatoid Factor (RF)
  • Asam urat
  • Antinuclear antibodies (ANA)
  • LE Test
  • Komplemen C3 dan C4
  • HLA B27
  • Anti-CCP

Cara Mencegah Rematik

  • Olahraga yang teratur
  • Sering melakukan peregangan otot (pemanasan)
  • Berjalan-jalan kecil diatas batu kecil (krikil)
  • Sempatkan waktu untuk berjalan-jalan agar tidak tegang disela kesibukan Anda
  • Sering-sering makan sayuran
  • Jangan terlalu sering begadang

Cara Mengobati Rematik Secara Tradisional Alami

Ramuan tradisional alami yang dikenal sebagai jamu ini mampu mengatasi dan mengobati berabagai macam penyakit, tidak terkecuali untuk nyeri sendi dan rematik. Dibawah ini merupakan sejumlah bahan alami herbal di tanak air yang terpercaya berguna meringankan nyeri sendi dan ramatik.

  1. Daun dandelion
    Salah satu bahan alami terbaik yang dapat mengobati rematik yaitu daun dandelion. Dimana daun dandelion ini memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang relatif tinggi dan akan berguna memperbaiki kerusakan di bagian dalam tubuh dan mengeluarkan racun yang terdapat dalam darah. Ramuan tradisional untuk rematik yang satu ini dapat Anda manfaatkan dengan baik. Caranya yaitu dengan mengukus daun dandelion dan kemudian kunyahlah daun dandelion lunak satu ini sebagai meredakan nyeri.
  2. Jahe
    Tidak hanya efektif untuk menghangatkan tubuh, jahe ini juga berperan dengan sangat baik di dalam mengobati rematik. Ramuan tradisional untuk rematik ini dapat Anda peroleh dengan sangat mudah, karena jahe juga termasuk sebagai rempah-rempah alami yang penting bagi masyarakat Indonesia yang umumnya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Anda dapat menggunakan jahe untuk meredakan rematik, Anda dapat membuat salad, saus maupun sup dengan menambahkan jahe ke dalamnya. Setelah mengkonsumsinya rasa nyeri pada bagian sendi Anda akan semakin mereda dan membaik.
  3. Kompres Air hangat
    Air hangat memang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk mengobati rematik ini. Cara mengompresnya anda hanya perlu, menggunakan handuk yang sudah dicelupkan ke air hangat lalu gunakan sebagai kompres selama kurang lebih 10 – 15 menit. Lakukan tips ini minimal 2 kali dalam sehari. Dengan kompresan air hangat ini akan membantu meringankan rasa sakit dengan mengendurkan otot – otot, jaringan ikat dan juga tendon yang mengelilingi sendi anda.
  4. Alpukat
    Buah yang sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam sup buah ini juga bermanfaat untuk pengobatan rematik anda. Dengan kandungan lemak alpukat akan memberikan lubrikasi alami pada persendian tulang Anda. Dengan mengkonsumsi alpukat secara teratur dapat menghindarkan anda dari gejala rematik. Buah alpukat juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung.
  5. Jus semangka
    Mengkonsumsi jus semangka juga dipercaya dapat menurunakan rematik pada tubuh Anda. Caranya adalah dengan membuatnya menjadi jus setelah sebelumnya memisahkan bijinya. Jus semangka ini efektif sekali dalam mengatasi rematik yang diakibatkan oleh kelebihan asam urat pada darah. Untuk mengkonsumsi jus semangka ini dianjurkan pada saat pagi hari dan juga malam hari.
  6. Lendir lidah buaya
    Memang belum banyak yang mengetahui jika lidah buaya ini dapat Anda manfaatkan untuk dapat mengatasi rematik. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam lidah buaya berguna di dalam mencegah inflamasi serta meredakan rasa sakit. Bukan hanya itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk dapat meningkatkan sistem imun tubuh serta menambah energi. Lidah buaya ini akan membantu di dalam memperbaiki serta mengembalikan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.
  7. Daun Seledri
    Selain digunakan sebagai bumbu tabur, dan penambah aroma dalam masakan berkuah sepeti sup, ternyata seledri juga punya khasiat untuk mengobati rematik. Caranya, 1 tangkai seledri dicuci, dilalap mentah setiap kali makan. Jika ingin mengetahui manfaat lainnya dari bumbu dapur yang satu ini, silahkan baca artikel manfaat seledri untuk kesehatan.
  8. Daun Kumis Kucing
    Haluskan beberapa lembar daun kumis kucing, lalu ambil kira-kira 1 sendok teh. Haluskan juga beberapa lembar daun meniran, ambil 1 sendok makan. Keduanya direbus dalam 1 gelas air hingga tersisa 3/4 gelas. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum sekaligus.
  9. Daun Dewa
    Daun dewa merupakan salah satu tanaman herbal berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya merekan sakit akibat rematik. Ambil 30 lembar daun dewa segar, cuci bersih, kemudian direbus dan dilumatkan. Airnya diperas lalu diminum sekaligus.
  10. Daun Pandan Wangi
    Siapa yang menyangka kalau daun pandan wangi yang biasa dijadikan sebagai pemberi aroma wangi dan warna hijau alami bisa juga dijadikan sebagai obat. Bagi Anda yang sedang menderita sakit akibat rematik, ambil 3 lembar daun pandan segar, cuci bersih dan iris tipis-tipis. Seduh daun pandan wangi dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Gunakan minyak tersebut untuk menggosok bagian tubuh yang sakit. Cara lainnya, ambil daun pandan wangi segar sebanyak 5 lembar dan daun serai 20 lembar. Cuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan minyak kayu putih dan minyak gandapura masing-masing 1 sendok makan. Aduk sambil diremas-remas sampai merata. Ramuan ini digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit. Selain dapat meredakan sakit akibat rematik, juga dapat mengobati pegal linu.

Itulah beberapa cara mencegah dan megobati rematik secara tradisional alami. Sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

SHARE TO :