SHARE TO :

Cara Mencegah Penyakit Tuberkolosis Dengan Mudah

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 2:03 am tanggal February 21, 2017

Cara Mencegah Penyakit Tuberkolosis Dengan Mudah – Tuberkolosis atau biasa disebut TBC merupakan penyakit menular yang umumnya menyerang paru-paru. Penularan penyakit ini bisa melalui udara seperti berbicara, batuk, bersin atau kontak langsung dan tidak langsung dengan penderita penyakit tersebut. TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang memiliki nama Mycobaterium tuberculosis.

Umumnya orang yang terkena TBC menyerang pria atau wanita dengan rentang umur 15 – 35 tahun. Penyakit ini termasuk kedalam penyakit yang menyerang pada organ paru-paru dan sifatnya mematikan. Bahkan tidak hanya paru-paru susunan syaraf pusat (otak), ginjal, sendi, tulang dan bagian tubuh lainnya bisa terserang, namun pada umumnya penyakit TBC ini menyerang paru-paru.

Cara Mencegah Penyakit Tuberkolosis Dengan Mudah dan Efektif

Biasanya sesorang yang menderita penyakit tuberkolosis ini akan melakukan pengobatan tang intensif sampai benar-benar sembuh total dan TBC tidak kambuh kembali. Agar penyakit ini tidak menyerang, kita perlu melakukan pencegahan. Dengan melakukan pencegahan sejak dini kita bisa menghindari terserang penyakit ini. Kita perlu mengetahui bagai mana cara mecegahnya. Berikut ini cara mencegah penyakit tuberkolosis dengan mudah, diantaranya:

  • Menghindar Dari Pasien TBC
    Untuk mencegah tertularnya penyakit TBC, Anda harus berusaha menghindar dari penularannya dengan cara tidak berdekatan dan berkomunikasi langsung dengan pengidap penyakit tuberkolosis. Jika Anda terpaksa berhubungan dengan pengidap penyakit ini, seperti perawat Anda bisa melakukan perlindungan dengan cara memekai masker agar bakteri TB tidak terhirup.
  • Mengetahui Jika Anda Berisiko
    Anda harus mengetahu tentang penularan penyakit ini, siapa tahu Anda berisiko terserang penyakit ini. Karena penyebaran dari TBC dapat terjadi dengan cepat dan dapat menyerang siapa saja. Biasanya orang – orang yang berisiko mengidap penyakit ini diantaranya, orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, orang yang hidup bersama penderita penyait TBC, Pengguna narkoba dan alkohol, orang yang menetap di wilayah dengan penyakit TB aktif.
  • Memulai Pola Hidup Sehat
    Pola hidup yang buruk dalam masalah kesehatan biasanya mempunyai risiko terkena virus TB lebih besar dibandingkan dengan orang yang menjaga gaya hidupnya tetap teratur. Cara mencegah penyakit TBC yang paling efektif adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Diantaranya adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan daging tanpa lemak. Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan kurang sehat, termasuk lemak dan gula berlebih.
  • Melakukan Vaksinasi BCG
    BCG (Bacille Calmette-Guerin) merupakan vaksin yang digunakan sebagai cara mencegah penyakit TBC secara efektif. Biasanya vaksin ini diutamakan untuk anak-anak kecil. Namun, vaksin ini tidak direkomendasikan oleh CDC untuk dijadikan imunisasi rutin.
  • Melakukan Tes
    Mencegah Penyakit TBC bisa dilakukan dengan Cara Tes. Dengan cara ini Anda dapat melakukan penanganan secepatnya, terlebih jika Anda sudah positif TB laten. Metode tes yang dilakukan sendiri ada beberapa, namun yang paling umum ada 2 jenis. Diantaranya adalah tes kulit atau The Tuberculin Skin Test dan tes darah.
  • Mengetahui Gejala-Gejala TBC
    Dengan mengetahui gejala-gejala TBC, Anda dapat menghindari diri dari orang-orang yang mungkin mengidap penyakit ini. Gejala-gejala yang sering muncul dari penderita penyakit Tb ini diantaranya, Batuk-batuk, cepat lelah, penerunan berat badan, demam, berkeringat ketika malam, kehilangan nafsu makan dan menggigil.

Itulah Cara Mencegah Penyakit TBC dengan mudah, semoga dengan adanya informasi ini dapat menyadarkan semua tentang pentingnya kesehatan tubuh. Selain itu, jangan pernah menyepelekan gejala sakit yang mengakibatkan batuk terlebih jika batuk berdahak dan berlangsung cukup lama. Langkah-langkah pencegahan bisa dilakukan sejak dini, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Sekian dan Terimakasih Semoga bermanfaat.

SHARE TO :