SHARE TO :

Cara Mencegah Radang Amandel dan Herbal Alami untuk Mengatasinya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 10:16 am tanggal February 21, 2016

Cara Mencegah Radang Amandel dan Herbal Alami untuk Mengatasinya | Sebenarnya Amandel bukanlah sebuah nama penyakit, melainkan sepasang kelenjar getah bening yang pada anak usia di bawah 6 tahun berfungsi untuk melindungi tubuh dari beragam penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh. Bila, amandel sudah tidak dapat lagi menahan serangan virus, kuman serta bakteri yang masuk ke dalam tubuh, maka amandel tersebut akan meradang atau menjadi bengkak. Jadi, pada dasarnya, sama seperti bagian tubuh lainnya, bila terkena infeksi, maka bagian tubuh tersebut juga akan mengalami pembengkakan.

Namun, fungsi pelindung tubuh yang dimiliki oleh amandel tersebut hanya berlaku pada anak-anak dibawah 6 tahun, sebab setelah itu fungsinya akan digantikan oleh bagian-bagian tubuh yang lain. Oleh sebab itu, biasanya bila sering terjadi peradangan amandel pada sesorang yang usianya diatas 7 tahun, apalagi bila ia sudah dewasa, maka cara terbaik adalah menghilangkan amandel dengan cara mengoperasinya. Namun, tentu saja ada sebagian orang yang tidak berani dioperasi, sehingga biasanya mereka lebih memilih untuk mencari cara mencegah radang amandel serta mencari obat-obatan herbal alami agar dapat mengobati amandel yang bengkak secara tradisional.

Cara Mencegah Radang Amandel

 

cara mencegah radang amandel

Radang Amandel

Ya, ketika amandel mulai mengalami peradangan (pembengkakan) maka rasa kurang nyaman di bagian tenggorokan (Baca juga: Cara mengobati radang tenggorokan) akan sangat terasa, khususnya pada saat menelan makanan. Oleh sebab itu, sebaiknya, bila anda tidak mau mengalami radang amandel maka anda harus berusaha mencegahnya, dengan cara-cara berikut ini :

  • Amandel bengkak (radang) biasanya terjadi karena terlalu banyak asupan makanan yang mengandung bahan pengawet dan bahan kimia, oleh sebab itu sebaiknya hindari mengkonsumsi jenis makanan yang seperti itu
  • Radang amandel juga bisa disebabkan karena asupan vitamin C yang kurang, maka perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin
  • Agar terhindar dari radang amandel, sebaiknya anda juga menghindari mengkonsumsi jenis makanan yang terlalu pedas, terlalu panas dan terlalu asam
  • Selain itu, jaga kebersihan dari makanan yang akan anda konsumsi
  • Dan yang terakhir perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari

 

Cara Mengatasi Radang Amandel secara Alami

Namun, bila anda sudah terlanjur mengalami radang amandel, ada beberapa herbal alami yang dapat anda jadikan sebagai obat amandel tradisional, diantaranya seperti :

  • Mengkudu

Mengkudu dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat, meskipun rasa dan baunya tidak enak, namun tidak bisa dipungkiri bahwa kandungan nutrisi dari buah ini mampu membantu mengobati beragam penyakit, termasuk amandel yang bengkak. Untuk menggunakan buah ini sebagai obat radang amandel, yang perlu anda lakukan adalah memarut 2 buah mengkudu yang sebelumnya telah dicuci bersih, kemudian diperas agar dapat diambil sarinya. Tambahkan sari mengkudu dengan air panas, kemudian tambahkan madu secukupnya, agar rasanya tidak terlalu getir dan aduk hingga rata. Minum secara teratur, 3 kali dalam sehari.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, termasuk yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Oleh sebab itu, buah ini juga cukup efektif untuk digunakan sebagai obat radang amandel. Untuk menggunakan jeruk nipis sebagai obat amandel adalah dengan cara menyiapkan 2 buah jeruk nipis, kemudian peras airnya. Tambahkan setengah sendok teh kapur sirih ke dalam air perasan jeruk nipis, aduk hingga rata. Minum ramuan herbal ini secara rutin, minimal 2 kali dalam sehari, hingga radang amandel anda membaik.

  • Kulit Manggis

Kulit manggis juga cukup efektif mengatasi amandel yang bengkak, sebab pada dasarnya kulit manggis mampu mengatasi beragam penyakit. Untuk menggunakan cara ini, anda hanya perlu menyiapkan 15 gram kulit manggis dan minyak daun mint. Selanjutnya, rebus kulit manggis bersama dengan 2 botol air, tunggu hingga mendidih dan menyisakan satu botol saja, lalu tambahkan beberapa tetes minyak daun mint. Gunakan ramuan herbal tersebut sebagai obat kumur hingga kondisi amandel yang membengkak normal kembali.

Itulah cara mencegah radang amandel lengkap dengan obat tradisional yang terbuat dari bahan herbal alami agar amandel yang membengkak segera pulih kembali. Dengan menerapkan cara-cara tersebut secara disiplin, maka radang amandel pun tak akan sering menghampiri anda.

SHARE TO :