SHARE TO :

Cara Mengatasi Asam Urat Secara Tradisional

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:07 am tanggal September 15, 2016

Cara Mengatasi Asam Urat Secara Tradisional – Asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian tubuh, seperti sendi jari tangan, tumit, jari kaki, siku, dengkul, dan pergelangan tangan. Asam urat bisa menimbulkan rasa sakit atu nyeri yang begitu hebat dan dapat mengakibatkan pembengkakan dan peradangan bagi orang yang mengalaminya. Asam urat hanyalah satu dari dua ratus jenis peradangan sendi yang sering menyerang manusia.

Rasa sakit akibat asam urat akan muncul selama tiga sampai sepuluh hari, puncak rasa sakit mulai dari enam hingga dua puluh empat setelah asam urat mulai kambuh. Setelah tiga hingga sepuluh hari kemudian, rasa sakit biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun asam urat bisa kambuh kapan saja tanpa ada patokan pasti.

asam-urat

Ketika asam urat mulai menyerang tubuh anda, pasti anda akan merasakan beberapa tanda yang biasanya dialami penderita asam urat pada umumnya. Persendian akan terlihat bengkak dan berwarna kemerahan atau meradang, timbul rasa ngilu dan nyeri pada bagian persendian pada pagi dan malam hari.

Asam urat termasuk lembah dari pemecahan purin yang ada di dalam sel tubuh. Kita bisa menemukan zat purin tersebut dalam makanan yang kita makan, baik berasal dari makhluk hidup maupun tumbuh-tumbuhan. Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia nantinya diolah melalui proses metabolisme yang akan menghasilkan asam urat.

Penyebab asam urat sebenarnya adalah kadar asam urat dalam tubuh yang tinggi. Pada manusia normal dan sehat kadar asam urat dalam tubuh sekitar 3,5 sampai 7mg/dl untuk pria dan 2,6 sampai 6mg/dl untuk wanita. Cobalah untuk mengecek kadar asam urat anda ke laboratorium untuk memperjelasnya. Karena asam urat bisa saja memicu penyakit lain seperti tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes melitus dan ginjal, sampai menimbulkan obesitas dan gagal ginjal.

Adapun gejala asam urat, sebagai berikut :

– Selalu merasa capek dan badan terasa pegal-pegal.
– Terasa nyeri pada bagian otot, persendian pinggang, lutut, punggung, pundak, dan bahu. Menimbulkan pembengkakan, kemerahan serta rasa nyeri yang sangat pada bagian persendian tadi.
– Sering buang air kecil di pagi hari saat bangun tidur, maupun malam hari. Dan lebih sering ketika malam hari.
– Muncul rasa linu dan kesemutan yang sangat parah.

Penanganan asam urat dapat dilakukan melalui dua sasaran utama, yaitu meringankan gejala dan mencegahnya kambuh kembali.  Untuk meringankan gejala asam urat, anda bisa menggunakan es batu dengan cara menempelkan pada bagian sendi yang terasa sakit, atau juga bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit.

Sedangkan untuk mencegah timbulnya asam urat kambuh kembali, anda bisa memperbaiki pola hidup sehat seperti menurunkan berat badan, mengatasi stress, diet sehat dan jangan lupa konsumsi obat asam urat dari dokter.

Mengobati Asam Urat Tradisional Dengan Bahan Alami

Mengobati asam urat tak hanya dapat dilakukan melalui obat dokter saja, anda juga bisa menggunakan beberapa cara menggunakan bahan alami untuk mengatasi penyakit ini.

– Perbanyak minum air putih
Air putih merupakan jenis minuman yang baik untuk melarutkan asam urat dalam ginjal. Rutinlah mengonsumsi air putih minimal 8-10 gelas dalam sehari. Dengan meminum air putih secara rutin kadar asam urat dalam tubuh tak akan menjadi pekat.

– Perbanyak konsumsi vitamin C
Jenis vitamin ini cukup efektif untuk mengatasi peradangan sendi yang muncul tiba-tiba. Kandungan antioksidannya juga terbukti mampu meringankan nyeri dan mencegah efek buruk radikal bebas.

– Meminum beberapa jus
Beberapa jus seperti jus buah cerry dan jus lemon juga sangat membantu dalam pengendapan purin yang berlebihan.

Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan menggunakan bahan tradisional untuk menyembuhkan asam urat. Caranya sebagai berikut :

Siapkan bahan-bahannya seperti 5 butir dari cengkeh, dan 5 butir dari kapulaga, dengan 4 lembar dari daun sosor bebek, dan 1 jari dari kayu manis, dengan 5 gram dari biji pala, 10 gram jahe, dan air 600 ml. Rebuslah bahan-bahan tadi dengan 600ml air hingga tersisa setengahnya. Bagi menjadi tiga atau per gelas 100ml, lalu konsumsi rutin sebanyak 3x sehari. Dan biasanya dalam jangka waktu seminggu rasa nyeri pada sendi akibat asam urat sudah sembuh.

Meskipun penyakit ini jarang menyebabkan komplikasi, tetapi kita harus mewaspadainya. Ada beberapa jenis komplikasi asam urat yang sering muncul, seperti :

– Adanya benjolan keras yang disebut tofi pada bagian sekitar peradangan. dan benjolan ini bisa anda rasakan di bawah kulit.
– Jika benjolan tofi dibiarkan saja dalam waktu bertahun-tahun, kerusakan persendian secara permanen bisa terjadi.
– Munculnya batu ginjal disebabkan penumpukan asam urat dan kalsium dalam organ ginjal.

Apabila pengobatan tradisional tak mampu membuat anda untuk sembuh, ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter terdekat, dan anda akan mendapatkan penanganan yang lebih baik. Jangan lupa, untuk tetap menerapkan pola hidup sehat, setidaknya kita bisa mengurangi/mencegah asam urat terjadi. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan anda tentang mengobati asam urat dan juga bermanfaat bagi anda.

SHARE TO :