SHARE TO :

Cara Mengatasi Cegukan Yang Terjadi Terus Menerus

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:21 am tanggal September 21, 2016

Cara Mengatasi Cegukan Yang Terjadi Terus Menerus – Setiap orang, semua usia, pasti pernah mengalami dan merasakan cegukan. Cegukan bisa terjadi secara tiba-tiba atau justru ketika Anda sedang mengunyah makanan. Bila hal ini terjadi, dada akan terasa menyentak dan tenggorokan terasa kurang nyaman. Selain itu, waktunya yang terus berulang-ulang terkadang membuat kita lelah.

Cegukan atau singultus merupakan kondisi umum yang dapat dialami oleh semua orang, mulai dari bayi hingga dewasa. Kondisi yang ditandai dengan suara “Hik” ini terjadi ketika diafragma, atau membran otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut, mengalami kontraksi. Tiap kontraksi pada organ yang juga memiliki peran penting dalam pernapasan tersebut akan mengakibatkan pita suara menutup tiba-tiba sehingga menghasilkan suara khas cegukan.

Cegukan terus menerus pada orang dewasa perlu diwaspadai, sebab bisa jadi cegukan itu adalah pertanda kesehatan yang serius. Banyak yang tidak tahu mengapa cegukan bisa terjadi pada dirinya. Tidak hanya itu saja, cegukan secara terus menerus bisa menyebabkan seseorang menjadi tidak nyaman dan menyusahkan.

Bunyi cegukan itu sendiri bisa menganggu kenyamanan anda dan juga menganggu kenyamanan orang lain. Orang akan merasa terganggu dengan bunyi yang keluar dari mulut dan tenggorokan anda. Cegukan itu biasanya tidak hanya terjadi satu kali, namun cegukan bisa terjadi berkali-kali. Cegukan bisa menyebabkan adanya kontraksi tiba-tiba yang terjadi pada daerah diafragma, berulang tiap menit.

Cara Mengatasi Cegukan Yang Terjadi Terus Menerus

Cara Mengatasi Cegukan Yang Terjadi Terus Menerus

Penyebab Cegukan

1. Kurangnya asupan cairan tubuh. Kondisi cegukan bisa saja terjadi keika tubuh kekurangan asupan cairan yang menyebabkan makanan tidak sepenuhnya terdorong kedalam perut. Untuk itu, cukupi kebutuhan cairan Anda.

2. Makan tergesa-gesa. tak heran jika cegukan akan lebih banyak menyerang mereka yang makan dengan tergesa-gesa atau sambil berbicara sewaktu makan. Hal ini dikarenakan masuknya oksigen yang mendesak secara tiba-tiba ke dalam paru-paru yang dapat mempengaruhi kondisi diafragma, dan disinilah terjadi sedak yang diikuti dengan cegukan.

3. Terlalu banyak makan. Terlalu banyak makan bisa menyebabkan cegukan, hal itu dikarenakan makanan yang masuk ke dalam tubuh membuat ruang diafragma menjadi sempit dan tertekan. Akibatnya adalah orang tersebut mengalami cegukan.

4. Perubahan suhu secara tiba-tiba. Perubahan suhu ekstrim secara tiba-tiba berpotensi menyebabkan cegukan. Untuk itulah, tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan panas dan minuman dingin secara bersamaan.

5. Bumbu masakan. Seseorang yang tidak tahan pedas memiliki kemungkinan besar mengalami cegukan ketika menyantap makanan pedas. begitu pula bila memakan bumbu pada makanan yang terlalu asin atau asam. Hal ini sudah tentu akan membuat diafragma mengalami kontraksi secara tiba-tiba yang menyebabkan cegukan.

Cara Mengatasi Cegukan

1. Minum segelas air secara perlahan dan biarkan air mengalir ke tenggorokan secara perlahan dan bertahap guna mengembalikan kestabilan diafragma.

2. Minum air perasan jeruk lemon atau nipis. Atau dengan menghisap jeruk nipis dengan lidah. Penelitian membuktikan cara ini lebih cepat di bandingkan dengan menahan napas.

3. Tekan hidung menggunakan satu tangan lalu tarik napas lewat mulut dan rapatkan mulut serta pastikan tidak ada udara masuk atau terhirup. Tahan kondisi ini setidaknya selama satu menit, hingga cegukan terhenti.

4. Mengunyah dan menelan gula. Berdasarkan riset, gula mampu mengirim sinyal pada serabut saraf untuk menghentikan lengkung reflek pemicu cegukan.

5. Berbaring dengan posisi bagian lutut ditekuk ke arah perut. Pertahankan posisi ini sedikitnya selama 1 menit.

6. Untuk bayi/balita yang mengalami cegukan. Cara-cara diatas tentunya sulit jika diaplikasikan pada si kecil. Untuk itu, cara mengatasi cegukan pada bayi dan balita cukup dengan menggendongnya dalam posisi tegak sambil menepuk-nepuk perlahan bagian punggungya. Dalam seketika bayi akan bersendawa dan cegukannya pun hilang.

7. Bernafas di dalam plastik kemudian meletuskannya dipercaya bisa menghilangkan cegukan secara cepat.

8. Mengunyah roti kering bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan dikarenakan roti kering di dalam mulut bisa membuat otot diafragma menjadi lentur dan tidak tegang kembali. Otot diafragma yang lentur bisa menyebabkan cegukan menjadi hilang.

9. Meletakan kaki diatas kepala untuk menghilangkan cegukan. Posisi kaki di atas kepala bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar sehingga cegukan pun bisa diatasi dengan cara tesebut.

10. Minum madu. Salah satu cara untuk menghilangkan cegukan adalah madu, minum madu bisa melemaskan saraf yang berhubungan dengan diafragma. Jika tidak suka dengan efek pekat yang ditimbulkan Anda bisa menambahkannya dengan segelas air hangat. Air hangat dan madu bisa membuat perut menjadi nyaman sehingga cegukan bisa teratasi.

11. membungkukan dan menyentuh ibu jari kaki. Salah satu cara untuk menghilangkan cegukan adalah dengan membungkuk dan tangan menyentuh jari kaki. Cara seperti itu akan membuat mulut menjadi tertekan dan diafragma tertekan. Tertekannya diafragma bisa membuat cegukan hilang.

12. Menekan Langit-Langit Mulut. Salah satu cara untuk menghilangkan cegukan adalah dengan menekankan jari pada langit-langit mulut, pijatlah langit-langit mulut secara perlahan jangan sampai langit-langit mulut anda tergores dengan kuku anda.

13. Menggunakan selai kacang dipercaya bisa digunakan untuk meredakan cegukan. Hal itu dikarenakan kepekatan dan kelengketan pada selai kacang bisa digunakan untuk penyeimbang irama dalam pernafasan sehingga diafragma menjadi lebih teratur.

14. Minyak kayu putih bisa digunakan untuk meredakan cegukan, caranya adalah denganmengoleksan kayu putih itu di bagian leher. Rasa hangat yang dihasilkan dari minyak kayu putih bisa digunakan sebagai penormal organ-organ di dalam tubuh dan di dalam perut.

15. Rasa Kaget. Aneh tapi nyata, meredakan cegukan bisa dilakukan dengan rasa kaget. Misalnya saja adalah anda menyentuh teman anda untuk mengagetkan anda, rasa kaget yang anda terima bisa berfungsi untuk meredakan dan menghilangkan cegukan.

Berikut merupakan cara mengatasi cegukan. Meski cegukan adalah hal yang biasa, tapi patut diwaspadai jika cegukan tersebut berlangsung lama. Jika begitu segera periksakan kondisi tersebut ke dokter. Sekian pembahasannya semoga bermanfaat. Terimakasih.

SHARE TO :