SHARE TO :

Cara Mengatasi Gondongan Pada Anak Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 4:48 am tanggal January 11, 2017

Cara Mengatasi Gondongan Pada Anak Secara AlamiGondongan adalah penyakit yang menyebabkan kelenjar parotid (kelenjar yang memproduksi air liur) mengalami pembengkakan oleh karena infeksi virus. Kelenjar ini terletak tepat dibawah telinga di samping wajah. Karena itu orang yang mengalami gondongan, bagian sisi wajahnya akan terlihat membesar.

Penyakit Gondongan merupakan penyakit menular dan umumnya diderita oleh anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu virus dari keluarga paramyxovirus yang penyebarannya mirip dengan virus flu, misalnya apabila kita turut menghirup udara yang terkontaminasi virus gondongan saat berada di dekat penderita gondongan yang bersin atau batuk.

Penyebaran virus gondongan juga bisa terjadi secara tidak langsung atau melalui media perantara, misalnya kita memakai gelas atau handuk yang juga dipakai oleh penderita gondongan. Contoh lainnya adalah apabila penderita gondongan menyentuh mulut atau hidungnya, lalu tangan mereka yang telah terkontaminasi virus memegang gagang pintu, maka kita pun berpeluang tertular apabila turut memegang gagang pintu tersebut.

Virus gondongan akan masuk ke saluran pernapasan dan selanjutnya menuju kelenjar partoid untuk berkembang baik dan berinkubasi selama 14-25 hari.

Gejala Gondongan Pada Anak

Selain pembengkakan kelenjar parotid yang menyebabkan sisi wajah penderita tampak membesar, gondongan juga bisa menyebabkan gejala-gejala lainnya, seperti :

Gejala-gejala tersebut sering kali terasa sebelum pembengkakan kelenjar parotid terjadi dan ketika sudah terjadi pembengkakan, biasanya penderita akan kesulitan menelan dan merasakan nyeri pada sisi wajah.

Kebanyakan anak bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali. Gejala awal umumnya demam tinggi disertai sakit kepala, nyeri pada rahang belakang, nyeri otot serta tidak ada nafsu makan. Rahang belakang sering terasa kaku sehingga anak sulit membuka mulutnya. Gejala awal ini diikuti dengan gejala lanjutan berupa pembengkakan di bawah telinga.

Ramuan Obat Penyakit Gondongan Pada Anak

Jika anak Anda menderita penyakit gondongan, berikut ini adalah beberapa obat tradisional untuk mengatasi gondongan pada anak.

1. Ramuan Tradisional
Bahan :

  • 5 gr adas
  • 10 gr kencur
  • 20 gr kunyit
  • 5 gr temu ireng
  • 20 gr temulawak
  • Gula aren
  • 2 liter air

Cara Pembuatan dan Penggunaannya :

  1. Campur semua bahan dan rebus dengan 2 liter air. Kecuali gula aren. Rebus sampai mendidih dan air hanya tinggal setengahnya saja.
  2. Saring air rebusan kemudian tiriskan.
  3. Minum ramuan dari bahan-bahan alami tersebut 2 kali dalam sehari pagi dan sore dengan menambahkan gula aren secukupnya.
  4. Lakukan beberapa kali sampai gondongan sembuh.

2. Ranting Belimbing dan Bawang Merah
Bahan :

  • 10 ranting belimbing yang masih muda
  • 4 siung bawang merah

Cara Pembuatan dan Penggunannya :

  1. Haluskan ranting belimbing yang masih muda dan 4 siung bawang merah.
  2. Tempelkan ramuan tersebut pada bagiang yang sakit.
  3. Lakukan secara rutin sampai gondongan sembuh.

3. Kapur Biru/Blawu dan Air
Bahan :

  • Kapur biru atau blawu
  • Air

Cara Pembuatan dan Penggunannya :

  1. Larutkan kapur biru atau blawu dengan air secukupnya.
  2. Balurkan larutan blawu pada bagian yang mengalami pembengkakan.
  3. Lakukan secara rutin hingga bengkaknya kemps dan sembuh.

Baca Juga : Obat Gondongan Pada Ibu Hamil

Itulah beberapa ramuan obat tradisional yang bermanfaat untuk mengatasi gondongan pada anak. Jagalah selalu kesehatan anak dengan memberinya makanan bergizi dan kurangi aktivitas bermainnya agar anak bisa istirahat cukup. Dengan begitu, stamina atau daya tahan tubuh anak tetap baik dan kesehatan anak pun terjaga.

Cukup sekian artikel yang kami sampaikan saat ini semoga bermanfaat. Terima kasih 🙂

SHARE TO :