SHARE TO :

Cara Mengatasi dan Berhenti Dari Kecanduan Alkohol

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 3:20 am tanggal October 13, 2016

Cara Mengatasi dan Berhenti Dari Kecanduan Alkohol – Hidup hancur karena kecanduan alkohol adalah hal yang sangat menyedihkan dan mengecewakan. Saat seseorang menjadi pecandu alkohol, ia perlu mengikuti program rehabilitasi untuk mengobati kecanduannya. Jika Anda adalah pecandu alkohol maka berhentilah dengan cara yang tepat.

Berhenti menjadi pecandu alkohol itu sangat sulit dan hal itu bisa sangat menyakitkan. Tapi saat ini sudah banyak metode penyembuhan untuk mereka yang kecanduan alkohol dengan teknologi medis, bantuan komunikasi, dan bimbingan psikologis yang efektif akan membuat proses ini jauh lebih mudah.

Cara Mengatasi dan Berhenti Dari Kecanduan Alkohol

Cara Mengatasi dan Berhenti Dari Kecanduan Alkohol

Berhenti menjadi pecandu alkohol banyak manfaatnya diantaranya mencegah stroke, menurunkan berat badan, menghindari rasa sakit setelah mabuk dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit hati. itu hanya sedikit manfaat di samping peningkatan kesehatan secara keseluruhan. Jika Anda ingin berhenti menjadi pecandu alkohol, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk berhenti minum alkohol:

 1. Mulailah berhenti

  • Bicara dengan dokter Anda. Jika Anda memilih untuk melakukan proses ini sendirian, ingatlah bahwa proses berhenti mengkonsumsi alkohol dapat mematikan. Jika Anda mulai merasakan gejala putus alkohol (withdrawal symptom) yang hebat (serangan panik, kecemasan berlebihan, gemetar, detak jantung yang cepat), Anda harus segera mencari bantuan medis. Kondisi ini dapat memburuk menjadi delirium tremens, yang dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani.
  • Ubah sikap Anda akan upaya Anda berhenti minum. Ingatlah, Anda tidak dipaksa untuk berpisah dengan teman baik, melainkan menghabisi seorang musuh. Atur sikap Anda agar proses ini menjadi lebih mudah. Bagian dari diri Anda yang baik ingin Anda berhenti minum, bagian lainnya yang egois ingin Anda tetap minum.
  • Luapkan perasaan Anda. Menangislah jika perlu. tertawalah jika bisa. Makan ketika lapar, tidur ketika mengantuk. Hal ini akan terasa sangat aneh pada awalnya, namun terimalah hal ini. Anda sudah lama tidak meluapkan perasaan Anda. Lama-kelamaan Anda akan terbiasa.
  • Jangan atau hindadari diri anda bergaul dengan orang yang sering minum alkohol. Anda mungkin harus meninggalkan teman minum Anda atau tempat berkumpul Anda.

2. Strategi berhenti minum

  • Pada tahap awal kurangi konsumsi alkohol, mengurangi konsumsi alkohol itu bisa membuat anda untuk berhenti minum, mulailah sedikit demi sedikit mengurangi konsumsi alkohol. Karena jika langsung berhenti mengkomsumsi alkohol akan berdampak buruk bagi kesehatan dan akan memicu penyakit fisik dan mental.
  • Makanlah sebelum Anda minum, memakan sesuatu sebelum anda minum akan mengurangi keinginan untuk minum. Ini juga akan mengurangi kemungkinan Anda mabuk.
  • Minum banyak air putih. Air putih akan menjaga kadar cairan dalam tubuh Anda sekaligus membuang racun-racun dari dalam tubuh. Pria dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 12 gelas (3 liter) per hari dan perempuan dianjurkan untuk minum 9 gelas (2,2 liter) per hari.
  • Jangan menyerah. Anda harus ingat kembali bahwa jika Anda telah sering mencoba berhenti minum di masa lalu, Anda pasti dapat mencobanya kembali. Tidak ada batasan umur atau kata terlambat untuk mencoba berhenti minum. Bahkan jika hal terakhir yang Anda lakukan dalam hidup Anda adalah berhenti minum. Kemenangan dalam berhenti minum memberikan kesenangan tersendiri dan memberikan harapan ke orang lain.

3. Meminta dukungan

  • Mintalah dukungan, ini akan terasa sulit namun memberi tahu keluarga atau pasangan apa yang sedang Anda hadapi dan apa yang sedang Anda peroleh adalah sesuatu yang besar. Mintalah dukungan orang terdekat Anda untuk menjauhkan Anda dari alkohol.
  • Lihatlah bagaimana berhenti mabuk mengubah hidup Anda. Setelah 90 hari tanpa mabuk, sudut pandang Anda akan berubah dan tubuh Anda akan terasa lebih sehat. Kemungkinan besar berat badan Anda akan turun; Anda akan merasa lebih berenergi dan lebih bahagia. Anda akan menjadi orang yang benar-benar berbeda.
  • Jangnlah takut untuk menceritakan pengalaman Anda, setiap saat Anda merasa lemah, tergoda untuk minum atau pesimistis, katakanlah hal tersebut atau orang yang dapat Anda percayai.

Itulah beberapa cara mengatasi atau berhenti menjadi pecandu alkohol. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti menjadi pecandu alkohol, masih banyak cara untuk berhenti. semoga artiker kali ini bisa bermanfaat. Terimakasih.

SHARE TO :