SHARE TO :

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat Dan Rematik Dengan Tradisional

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:37 am tanggal January 19, 2017

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat Dan Rematik – Penyakit rematik dan asam urat merupakan salah satu penyakit yang saling berhubungan erat. Penyakit rematik dapat terjadi akibat dari kadar asam urat yang tinggi didalam darah. Penyakit rematik dan asam urat dapat menimbulkan suatu pembengkakan dan juga rasa nyeri yang muncul pada sendi, yang paling utama dan sering terjadi adalah dibagian jempol kaki.

rematik

Dan peradangan sendi ini dapat diakibatkan oleh penumpukan kristal natrium urat yakni adalah limbah alami didalam tubuh. Asam urat merupakan salah satu hasil dari bentuk pemecahan purin didalam tubuh. apa itu purin ? Purin merupakan salah satu zat alami yang terkandung didalam tubuh dan dapat ditemukan juga pada beberapa jenis makanan.

Makanan dengan kandungan purin yang tinggi akan mengakibatkan tubuh dalam menghasilkan asam urat semakin lebih banyak. Oleh sebab itulah, pengidap asam urat harus menghindari asupan makanan dengan kandungan kadar purin dengan jumlah yang terlalu tinggi.

Penyakit Rematik dan Asam Urat

Penyakit rematik dan asam urat dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan jenis tertentu yang dapat membatu dalam melancarkan sekresi dari purin dan juga dapat membantu dalam membatasi asupan makanan dengan kadar purin yang tinggi yaitu :

  •  Daging merah, daging kambing dan juga daging bebek
  •  Jeroan
  •  Beberapa jenis ikan seperti tuna, makarel, dan ikan sarden
  •  Makanan seafoos seperti kepiting dan juga udang
  •  Makanan yang manis dan makanan yang ringan dengan kadar gula yang tinggi fruktosa didalamnya
  •  Makanan dengan kandungan ragi didalamnya misalnya seperti roti.

Penyakit rematik dan urat dapat terjadi dibagian bahu, pinggang atau juga bagian leher, selain itu pengapuran sendi sendi dan infeksi serta hal lainnya yang dapat terjadi. Penyakit rematik dan asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak ditemui dikalangan masyarakat.

Dan diperkirakan sekitar 90 penyebab dari penyakit rematik atau nyeri sendi yang salah satunya adalah akibat dari asam urat tinggi. Anda tidak akan tahu mengenai rasa nyeri itu sendiri akibat dari asam urat atau juga hal lainnya hanya setelah anda melakukan pemeriksaan ke dokter.

Dengan mengecek kadar asam urat adalah salah satu yang paling valid yang dapat membantu membedakan mengenai asam urat dan penyakit rematik selain dengan melakukan pemeriksaan labolatorium.

Untuk mereka yang menderita penyakit rematik dan asam urat maka sebaiknya jauhi jenis makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Penderita asam urat tinggi juga sangat dianjurkan dalam mengonsumsi obat herbal untuk membantu menyembuhkan penyakit asam urat.

Hal ini disebabkan karena asam urat adalah satu bentuk hasil proses sitem metabolisme zat purin yang asalnya dari asupan makanan. Dan jika seseorang mengonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi didalamnya, maka hal ini secara otomatis juga akan menyebabkan peningkatan pada kadar asam urat didalam darah.

Pengobatan Tradisional Rematik dan Asam Urat

Walaupun asam urat dan rematik bukanlah penyakit yang sama, beberapa obat tradisional berikut dapat digunakan untuk mengatasi keduanya. Pada dasarnya, asam urat dan rematik memang bukanlah penyakit yang sama.

jahe

Asam urat adalah penyakit yang juga merupakan remati, tetapi jika rematik maka belum tentu termasuk asam urat. Jadi asam urat adalah jenis dari rematik maka simak dengan baik sedikit ulasan berikut.

1. Jahe

jahe memang mempunyai banyak manfaat, obat herbal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan. Apabila digunakan sebagai obat tradisional rematik dan asam urat, maka caranya yaitu dengan menyiapkan jahe sebanyak 2 ibu jari. Jahe tersebut kemudian dipotong-potong dan juga sedikit diremukan.

2. Cengkeh

Untuk mengatasi rematik dan juga asam urat, cengkeh juga bisa digunakan sebagai obat tradisional. Caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk cengkeh yang juga dicampur dengan jahe, takarannya 1 sama. Ramuan ini hanya digunakan untuk bagian luarnya saja. Dibagian yang terasa sakit. Olehkanlah ramuan ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

3. Akar Pepaya Gantung

Obat ini memang lebih dikhususkan untuk penyakit rematik, caranya yaitu dengan menyediakan 5 potong akar pepaya. Kemudian cuci sampai bersih, untuk ukurannya yaitu sekitar jari. Setelah itu, potong kecil-kecil dan tambahkan 3 sendok makan lengkuas yang sudah dihaluskan.

Rebus bahan-bahan tersebut dengan menggunakan 4 gelas air, rebus hingga yang tersisa yaitu sekitar 3 gelas. Tambahkan pula gula aren, sedikit saja. Ramua ini bisa diminum sehari 3 kali dan dalam sekali minum yaitu sekitar setengah gelas.

4. Kulis Manggis

Kulit manggis, diiris tipis dan dijemur sampai kering. Setelah itu, masukan kedalam gelas dan seduh dengan menggunakan air panas. Tunggu sampai air berubah warna, kemudian minum air tersebut setiap hari.

5. Kumis Kucing dan Meniran

Kumis Kucing dan Meniran. Kedua tumbuhan tersebut mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat. Diantaranya adalah kalium, damar, tanin, filatin, hipofilatin dan flavonoid. Bukan hanya itu saja, ternyata kumis kucing juga mempunyai kandungan senyawa osthosiphonin glikosida yang bermanfaat untuk membuang kelebihan asam urat dalam tubuh. Adapun cara untuk memanfaatkanya adalah cukup dengan menyiapkan 5 lembar daun kumis kucing 5 ranting kecil meniran. Setelah itu rebus dengan menyiapkan 5 lemar daun kumis kucing dan 5 ranting kecil meniran. Setelah itu rebus dengan menggunakan 3 gelas air sampai air tersisa setengahnya. Lalu anda bisa meminum ramuan tersebut 2 kali sehari.

Itulah sedikit ulasan yang bisa disampaikan mengenai cara mengatasi asam urat dan rematik menggunakan cara tradisional. semoga ulasan obat tradisional asam urat dan rematik bisa bermanfaat untuk anda semua

SHARE TO :