SHARE TO :

Cara Mengatasi Penyakit Mata Ikan Secara Alami dan Efektif

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 3:13 am tanggal October 25, 2016

Cara Mengatasi Penyakit Mata Ikan Secara Alami dan Efektif – Mata Ikan merupakan penyakit sejenis kutil yang biasanya terjadi pada bagian telapak kaki. Walaupun tampak kecil tetapi apabila dibiarkan penyakit ini akan membutuhkan operasi kecil untuk mengangkatnya. Padahal, saat ini banyak cara menghilangkan mata ikan secara alami tanpa harus menggunakan obat berbahan kimia ataupun operasi.

Penyakit mata ikan ini disebabkan oleh virus yang bernama Human Papillomavirus (HPV). Selain di telapak kaki, penyakit ini juga kadang timbul di tumit, jari-jari kaki, telapak tangan, jari-jari tangan, hingga wajah dan mulut. Namun mata ikan ini kebanyakan terjadi di daerah kaki saja.

Penyebab Penyakit Mata Ikan

Cara Mengatasi Penyakit Mata Ikan Secara Alami dan Efektif

Virus Human Papillomavirus (HPV) yang merupakan penyebab dari penyakit mata ikan dapat timbul karena beberapa macam kondisi. Berikut ini adalah beberapa hal yang memicu terjadinya mata ikan di kaki ataupun di tangan. Diantaranya:

  • Kebersihan tidak terjaga, seperti sepatu atau kaus kaki yang kotor dan lembab karena tidak pernah dicuci atau diganti.
  • Tekanan yang berlebihan akibat penggunaan sepatu yang terlalu sempit atau cara berjalan yang salah.
  • Adanya gesekan secara terus menerus pada area kaki atau tangan.
  • Penggunaan kamar mandi secara bersamaan, seperti di tempat kost, gym, dan lainnya.

Dari berbagai poin di atas, tampak jelas apabila penyebab utama dari mata ikan ini adalah kebersihan dan juga tekanan yang berlebihan.

Gejala Penyakit Mata Ikan

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah penebalan dan pengerasan pada bagian kulit. Selain itu, tampak pula benjolan-benjolan kecil seperti mata ikan sehingga penyakit ini kemudian populer dengan istilah mata ikan atau mata iwak. Benjolan tersebut kadang bergerombol di satu tempat dan kadang berpisah sendiri-sendiri.

Cara Mengatasi Penyakit Mata Ikan

Saat ini banyak ragam obat mata ikan yang dijual di apotek, seperti callusol, keratolik, dan sebagainya. Namun kali ini kami akan membahas cara mengobati mata ikan secara alami, yaitu menggunakan bahan alami tanpa kimia. Diantaranya adalah:

1. Getah Pepaya
Selain buahnya dapat dimanfaatkan untuk membuat manisan yang lezat, pepaya juga memiliki getah yang berguna untuk menjadi obat untuk mata ikan yang ampuh. Pertama-tama, bersihkan dulu kaki anda dengan menggunakan air bersih dan hangat yang dicampur dengan garam.

Rendamlah area kaki yang memiliki mata ikan di air hangat tersebut selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bersihkanlah dengan air biasa dan keringkan menggunakan handuk yang bersih. Setelah kering, oleskan getah pepaya di area yang terkena mata ikan tersebut.

Lakukanlah cara ini secara rutin hingga mata ikan membaik dan sembuh. Usahakan juga untuk tidak menggunakan area yang terkena mata ikan ketika beraktifitas agar proses penyembuhannya berjalan cepat.

2. Getah Kamboja
Cara mengatasi mata ikan di telapak kaki dan tangan yang selanjutnya adalah menggunakan getah kamboja. Sejak jaman dahulu, getah dari pohon yang biasa tumbuh di area pemakaman ini memang terkenal sebagai obat berbagai penyakit kulit yang mujarab.

Untuk cara pengobatannya, pertama-tama bersihkan dulu area yang terkena mata ikan seperti cara diatas. Setelah itu, oleskanlah getah kamboja di area yang terkena mata ikan secara merata. Lakukanlah pengobatan ini secara rutin sampai mata ikan menghilang.

3. Daun Dewa
Seperti tergambar dari namanya, daun dewa memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal, salah satunya yaitu untuk mengatasi penyakit mata ikan. Caranya, ambilah 5 helai daun dewa kemudian tumbuk hingga halus.

Setelah itu, oleskan pada area kulit yang terkena mata ikan secara merata. Balutlah dengan perban dan usahakan agar daerah tersebut tidak digunakan untuk beraktivitas terlebih dahulu.

4. Rokok
Cara mengatasi mata ikan yang selanjutnya cukup ekstrim, yaitu dengan menggunakan rokok yang sedang menyala. Caranya dekatkanlah bara rokok yang menyala ke area mata ikan sampai kurang lebih setengah centimeter. Tahanlah terus sampai 5 menit.

5. Batu Apung
Cara selanjutnya yang juga cukup tradisional adalah dengan menggunakan batu apung. Pertama-tama, bersihkan terlebih dahulu area yang terkena mata ikan seperti biasa. Setelah itu, gosoklah dengan menggunakan batu apung untuk menipiskan penebalan kulit di daerah tersebut.

6. Bawang Putih
Selain identik sebagai pengusir vampir di film-film mandarin, Bawang putih ternyata juga dapat digunakan sebagai obat mata ikan di telapak kaki dan tangan. Caranya ambil satu siung bawang putih kemudian tumbuk sampai halus.

Setelah halus, oleskan ke seluruh permukaan kulit yang terkena penyakit mata ikan. Setelah itu, balutlah dengan menggunakan perban atau kain kasa. Dalam beberapa hari, mata ikan mulai membaik dan akhirnya sembuh total.

7. Lemon
Selama ini buah lemon memang dikenal dapat menghaluskan kulit yang kasar. Ternyata lemon juga dapat membantu proses pengobatan mata ikan. Caranya, gosoklah area kulit yang terkena mata ikan secara teratur dengan buah lemon. Lama-kelamaan area kulit tersebut akan halus sehingga mudah untuk digosok dengan menggunakan batu apung.

8. Cuka Apel
Sama halnya seperti lemon, cuka sari apel juga dapat membantu menghaluskan daerah kulit yang terkena mata ikan sebelum digosok dengan batu apung. Caranya, cukup rendam daerah mata ikan tersebut selama kurang lebih 20 menit dengan air cuka apel tersebut. Setelah itu, gosoklah dengan menggunakan batu apung.

Lakukan aktivitas pengobatan ini secara rutin selama 3 kali sehari. Banyak orang yang menyatakan jika akar mata ikan akan terlepas dengan menggunakan trik ini. Setelah beberapa hari mata ikan pun akan kering dan terlepas sendiri.

Cara Mencegah Penyakit Mata Ikan

Penyakit mata ikan sangat erat kaitannya dengan kebersihan. Maka dari itu untuk mencegahnya, gunakanlah sepatu dan kaos kaki yang bersih. Jika kebasahan akibat hujan, segera cuci dan jemur agar tidak menjadi lembab. Biasakan juga untuk mengganti kaos kaki secara rutin agar tidak kotor dan menjadi sarang bakteri.

Penggunaan sepatu dan alas kaki yang sempit juga dapat memicu terjadinya mata ikan. Maka dari itu, gunakanlah selalu sepatu yang pas dengan kaki anda. Jika sepatu yang anda gunakan sudah kekecilan, segera ganti dengan sepatu baru yang lebih nyaman di kaki.

Itulah beberapa cara menghilangkan mata ikan di jari tangan dan kaki secara alami tanpa menggunakan obat berbahan kimia. Biasanya cara diatas akan berjalan sempurna untuk penyakit mata ikan yang masih ringan.  Apabila penyakit mata ikannya sudah parah, maka lebih baik dikonsultasikan dengan dokter untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Terima kasih semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

SHARE TO :