SHARE TO :

Cara Mengatasi Pergelangan Kaki Terkilir Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 3:27 am tanggal February 11, 2017

Cara Mengatasi Pergelangan Kaki Terkilir Secara Alami – Pergelangan Kaki Terkilir atau sprain ankle adalah cedera yang terjadi saat pergelangan kaki berputar atau terpelintir dalam posisi yang salah sehingga mengakibatkan ligamen yang menahan persendian pergelangan kaki menjadi meregang atau sobek. Kejadian seperti ini kebanyakan terjadi pada seseoran yang aktif olahraga atau bekerja secara fisik yang rentan mengalaminya. Seseorang dapat terkilir saat berjalan atau berolahraga di alas atau dasar yang kurang rata, terpeleset, mendarat dengan posisi yang salah saat jatuh atau melompat, hingga penggunaan alas kaki dengan ukuran dan fungsi yang tidak tepat.

Terdapat 3 tingkatan cedera yang biasa dialami saat pergelangan kaki terkilir, yaitu peregangan otot ringan tanpa adanya ketidakstabilan sendi, robek pada sebagian jaringan ligamen tanpa disertai atau sedikit disertai ketidakstabilan sendi, dan robek jaringan ligamen secara total yang mengakibatkan penderita kehilangan stabilitas saat berjalan. Siapa pun beresiko menderita pergelangan kaki terkilir. Namun, risiko tersebut meningkatkan bagi seseorang yang sering melakukan aktivitas olahraga yang melibatkan otot kaki, misalnya basket, tenis, sepakbola dan lari. Selain itu, seseorang yang sudah pernah terkilir sebelumnya juga memiliki risiko tinggi untuk mengalami kondisi ini kembali.

Cara Mengatasi Pergelangan Kaki Terkilir Secara Alami Dan Aman

Pergelangan Kaki Terkilir

Seseorang mungkin dikatakan menderita pergelangan kaki terkilir saat mengalami gejala seperti :

– Mendengar suara seperti “pop” saat jatuh atau terpeleset.
– Rasa sakit hingga pembengkakan atau memar pada pergelangan kaki.
– Tidak mampu berjalan atau merasa kaku.
– Warna kulit berubah.

Semakin parah kondisi pergelangan kaki yang terkilir, maka akan sangat sulit untuk menggerakkan sendi yang terlibat karena sakit. Sesroang dengan pergelangan kaki terkilir yang ringan mungkin hanya bisa menggerakkan pergelangan kaki tapi hanya sedikit. Sementara itu, terkilir pergelangan kaki yang lebih parah dapat menyebabkan rasa yang begiru sakit dan membuat sulit atau tidak mungkin untuk berjalan. Untuk dapat mengobati pergelangan kaki yang terkilir dengan benar, maka kita harus tahu terlebih dahulu apa sebenarnya yang terjadi saat seseorang mengalami terkilir. Terkilir bisa terjadi ketika seseorang terhatuh, sendi terpelintir, atau terpukul dengan tekanan yang memaksanya dari posisi normal. Terkilir yang paling sering terjadi adalah pada pergelangan kaki, diikuti oleh pergelangan tangan dan ibu jari.

Kebanyakan orang dapat mengobati pergelangan kaki yang terkilir dengan menggunakan perawatan RICE yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Rice sendiri singkatan dari Rest (istirahat), Ice (es), Compression (penekanan), dan Elevation (peninggian). Untuk meredakan rasa sakit pda peradangan, berikan obat anti nyeri NSAID (non-steroid anti inflamasi) seperti ibuprofen, acetaminophen, atau aspirin (baca aturan pakai). Namun ingat, jangan memberikan aspirin pada anak dibawah usia 18 tahun. Karena bisa mengakibatkan komplikasi yang berbahaya.

Cara Mengatasi Pergelangan Kaki Terkilir Secara Alami

Selain dengan cara diatas, ada beberapa cara lain yang bisa anda gunakan saat pergelangan kaki anda mengalami terkilir. Cara ini bisa anda lakukan sendiri di rumah sebagai langkah awal penanganan pada pergelangan kaki yang terkilir. Berikut beberapa cara untuk mengatasi pergelangan kaki terkilir, yaitu :

  • Gunakan es yang dibalut handuk atau kantong es untuk mengompres bagian yang terkilir selama 15 – 20 menit segera setelah mengalami cedera. Ulangi setiap 2 – 3 jam untuk memaksimalkan efek. Hindari penggunaan es secara langsung tanpa balutan handuk atau kantong es karena dapat mengakibatkan memar.
  • Tidak melakukan aktivitas atau menggunakan alas kaki yang dapat memperburuk cedera, seperti melakukan olahraga berat atau menggunakan sepatu hak tinggi.
  • Istirahatkan pergelangan kaki yang cedera dengan mengurangi beban. Disarankan untuk menggunakan alat bantu seperti tongkat saat berjalan agar pergelangan tidak terbebani.
  • Letakkan pergelangan kaki yang terkilir lebih tinggi dari panggul dengan menggunakn bantal saat duduk atau tidur untuk mengurangi pembengkakan.
  • Lindungi bagian yang cedera dengan mengikat kain elastis atau menggunakan kruk untuk mengurangi risiko pembengkakan. Pastikan ikatan kain tidak dibalut terlalu ketat karena dapat menahan sirkulasi darah pada pergelangan kaki. Disarankan untuk melepas ikatannya sebelum tidur.

Anda juga disarankan untuk menghindari beberapa hal, khususnya dalam rentang waktu sejenak sejak terjadinya cedera, seperti mengompres atau menyiram air panas pada bagian yang terkilir, mengonsumsi konsumsi alkohol karena dapat memperparah pendarahan dan memperlambat proses penyembuhan, serta berlari atau memijat bagian yang cedera. Jika pergelangan kaki yang terkilir tidak diobati dengan tepat atau mengalami cedera berkali-kali pada pergelangan yang sama, maka penderita mungkin akan mengalami serangkaian komplikasi, yang meliputi sakit hebat pada pergelangan kaki, kehilangan keseimbangan pada persendian pergelangan kaki, hingga artritis dini pada persendian yang cedera.

Maka dari itu jika pergelangan kaki yang terkilir tak kunjung membaik, segera bawa diri anda ke dokter agar anda bisa mendapatkan penanganan yang lebih baik dan berkonsultasilah dengan dokter mengenai masalah pada pergelangan kaki anda. Jika Anda mengalami kesulitan berjalan, dokter biasanya akan menyarankan untuk menggunakan alat bantu seperti tongkat atau splint untuk memudahkan. Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah pergelangan kaki yang terkilir secara alami. Semoga Bermanfaat.

SHARE TO :