SHARE TO :

Cara Mengatasi Saat Keseleo Dengan Alami Dan Aman

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:24 am tanggal September 26, 2016

Cara Mengatasi Saat Keseleo Dengan Alami Dan Aman – Keseleo atau dalam bahasa medis sprain adalah cedera yang terjadi pada ligamen. Ligamen adalah jaringan ikat yang menghubungkan antar tulang dan menyokong sendi. Tapi, apabila kerusakan terjadi pada otot atau tendonnya, maka disebut strain atau cedera regang. Tendon adalah jaringan ikat yang menghubungkan tulang dan otot.

Keseleo bisa dialami oleh siapa saja, baik orang yang jarang berolahraga, maupun atlet yang berlatih setiap hari. Namun, pada umumnya keseleo dapat ditangani oleh kita sendiri. Keseleo biasanya terjadi saat anda tiba-tiba mengubah arah gerakan atau menurunkan kecepatan, biasanya saat berolahraga. Bisa juga saaat jatuh, bertabrakan dengan orang atau benda lain, ataupun mendarat dengan posisi yang tidak tepat setelah melakukan lompatan.

Beberapa Cara Mengatasi Saat Keseleo Dengan Alami Dan Aman

keseleo

Pada Kondisi-kondisi diatas, ligamen tidak sengaja terentang melampaui kemampuannya sehingga dapat menyebabkan ligamen robek atau terpelintir. Kerusakan inilah yang mendasari terjadinya keseleo. Ligamen merupakan jaringan menyerupai pita yang menyelimuti sekililing sendi.

Keberadaan ligamen berfungsi menghubungkan tulang yang satu dengan yang lainnya. pergelangan kaki, jempol tangan dan kaki, pergelangan tangan, serta lutut adalah area-area yang paling sering mengalami keseleo. Keseleo biasa ditandai dengan gejala-gejala tertentu, antara lain rasa nyeri di sekiling sendi yang mengalami keseleo, memar dan bengkak pada sendi, serta ketidakmampuan sendi menyangga beban. Tingkat keparahan keseleo tergantung dar seberapa berat kerusakan ligamen yang terjadi.

Berdasarkan keparahan cedera pada ligamen, tingkat keparahan keseleo di bagi menjadi tiga, yaitu :

– Keseleo tingkat 1 : Terjadinya peregangan ringan pada ligamen yang tidak berdampak kepada kestabilan sendi.
– Keseleo tingkat 2 : Robeknya sebagian kecil ligamen yang tidak atau sedikit berdampak kepada sendi.
– Keseleo tingkat 3 : Keseleo yang parah. Terjadi robekan total pada ligamen dan sendi menjadi tidak stabil.

Keseleo umumnya timbul saat adanya peregangan berlebihan atau robekan ligamen karena stres berat yang mendadak pada sendi. Ada beberapa contoh aktivitas yang dapat menjadi penyebab keseleo, diantaranya :

– Kesalahan atau tidak tepatnya posisi jatuh pada saat melakukan lompatan.
– Kurangnya Pemasan saat akan berolahraga.
– Teknik latihan yang salah saat berolahraga.

Keseleo juga menyebabkan terjadinya peradangan atau pendarahan pada ligamen yang secara kasat mata dapat terlihat sebagai memar dan bengkak di sekitar area yang terkena dampaknya. Akibat rasa nyeri yang disebabkan oleh peradangan ini, anda mungkin akan kesulitan menggerakan bagian yang terkena, misalnya lutut, kaki, atau tungkai. Saat cedera terjadi, anda mungkin mendengar suara yang berbunyi “POP”, yang menandakan sendi bergeser.

Beberapa gejala yang sering terjadi pada saat keseleo, yaitu :

– Terasa sangat sakit dan bengkak pada sendi yang keseleo.
– Kulit akan terlihat berwarna gelap karena adanya pendarahan yang membeku.
– Persendian jadi sulit digunakan atau terasa tidak stabil bila kita mengerakkannya.
– Ada rasa yang sangat sakit dan lunak pada bagian yang keseleo.
– Keseleo pada anak-anak, membuat badannya menjadi panas, panasnya lebih sering menyerang pada malam hari.

Cara Mengobati Keseleo Dengan Mudah Dan Aman

Pengobatan ini bertujuan untuk meredakan peradangan dan pembengkakan. Selain itu, bisa untuk mengurangi rasa sakit pada area yang terinfeksi agar sendi dapat segera kembali berfungsi.

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mengatasi keseleo :

– Jangan memijat saat sedang terkilir

Jika anda terkilir atau keseleo jangan langsung memijat anggota tubuh anda jika anda tidak memiliki ilmu pengobatan yang benar. Tahanlah rasa sakit tersebut dan segeralah datang ke tukang urut untuk menanganinya, sebab dengan memijatnya tanpa arah yang baik maka akan memperburuk keadaan keseleo anda.

– Gunakan es untuk mengompres keseleo

Banyak orang yang salah bertindak dengan mengompres dengan air panas. Saat terjadi keseleo segeralah kompres dengan menggunakan es. Jangan mengompresnya dengan air panas karena hal tersebut sudah jelas-jelas salah. Air panas akan membuat peredaran darah semakin lancar dan darah yang terdapat pada pembuluh darah pun sulit membeku. Jiak peredaran darah semakin lancar maka bagian yang sakit akan terasa semakin sakit. Tetapi, dengan menggunakan es maka darah akan sedikit membeku dan bisa memperbaiki diri sendiri dengan sangat cepat dan rasa sakit pun akan berangsur berkurang.

– Beristirahat

Cara lain untuk mengurangi rasa sakit ketika keseleo yaitu dengan mengurangi kegiatan pada bagian tubuh yang keseleo atau terkilir. Jangan melakukan apapun ketika tangan atau kaki anda mulai meraskan sakit akibat keseleo.

– Balut bagian yang keseleo dengan kain

Tujuannya untuk mengurangi gerakan pada bagian tubuh yang terkilir agar tidak sakit dan bertambah parah lagi nantinya.

– Gunakan air arang

Air arang sangat ampuh untuk mengatasi pembengkakan akibat keseleo. berikut adalah cara untuk menggunakan air arang. Caranya adalah dengan menyiapkan arang batok kelapa secukupnya yang masih panas. Masukkan arang yang masih panas tersebut ke dalam satu gayung air setelah itu, air akan menjadi hangat karena efek dari arang tadi. Gunakan air arang tersebut untuk membasuh bagian tubuh yang keseleo. Lakukan secara rutin minimal dua kali dalam sehari, maka bengkak pada keseleo Anda berangsur angsur akan mengempis.

Namun, sebagian orang lebih banyak menggunakan krim atau gel pereda rasa nyeri. Obat pereda nyeri ini lebih efektif dibandingkan tidak menggunakan apa pun untuk meredakan nyeri dan mempercepat proses penyembuhan. Berbagai jenis obat pereda nyeri ini bisa anda beli secara langsung di apotek terdekat. Namun, meski merupakan obat bebas, ada beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan sebelum menggunakan obat ini, yaitu :

– Baca petunjuk pemakaian dengan cermat.
– Apapun produk yang anda pakai, perlu diingat untuk tidak mengoleskannya bila terdpat luka terbuka pada area yang cedera.
– Hindari mengoleskannya bersamaan dengan penggunaan perban (bandage) yang ketat.
– Cuci tangan dan hindari menggosok mata setelah menggunakan produk tersebut.

Selain dengan obat pereda nyeri dengan cara mengoleskannya, anda juga bisa menggunakan obat pereda nyeri dengan cara di minum yaitu seperti parasetamol dan ibuprofen. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman keras karena berisiko memperlambat proses penyembuhan.

Pengobatan dengan cara alami lebih baik karena tidak akan menimbilkan efek samping seperti jika anda minum obat keseleo. Agar segera sembuh lakukan pengobatan dengan rutin sampai keseleo pada bagian tubuh anda benar-benar sembuh total. Dan iringi dengan gerakan ringan dengan perlahan-lahan selama masa pemulihan. Hal ini akan membantu sendi bergerak dengan normal dan menghindari kekakuan pada sendi.

Jika cedera atau keseleo tersebut memburuk segeralah untuk periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih baik. Sebagai langkah pencegahan sehari-hari, konsumsi makanan sehat dan segar untuk menjaga kekuatan otot dan sendi. Pengobatan yang paling efektif untuk keseleo ini adalah dengan melalukan perawatan dengan baik. Jangan memaksakan anggota tubuh anda yang keseleo untuk melakukan kegiatan yang akan menambah keseleo semakin parah, lakukanlah kegitan yang ringan saja untuk tahap pemulihan anda.

Demikianlah informasi mengenai Keseleo, semoga informasi tersebut bisa menjadi solusi pengobatan anda dan juga bisa bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.

SHARE TO :