SHARE TO :

Cara Mengatasi Sakit di Ulu Hati dengan Efektif

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 10:53 am tanggal November 2, 2015

Heartburn atau sakit pada ulu hati memang seringkali menyerang orang secara tiba-tiba. jenis penyakit ini biasanya berupa rasa panas yang terjadi di tulang dada bagian belakang dan akan terasa semakin parah ketika penderitanya membungkuk ataupun berbaring.

Sakit pada ulu hati sendiri terjadi karena naiknya asam lambung ke bagian kerongkongan yang diakibatkan oleh esophageal sphincter atau otot-otot yang berada di kerongkongan bagian bawah yang tidak berfungsi dengan baik sehingga menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati. Lalu bagaimana cara mengatasi sakit di ulu hati ini?

Rasa sakit pada ulu hati memang terjadi akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan yang disebabkan oleh esophageal sphincter tidak berfungsi dengan baik. Keabnormalan sistem ini sendiri bisa terjadi akibat beberapa faktor dari luar maupun dari dalam tubuh penderitanya sendiri.

Diantara faktor-faktor tersebut penyebabnya adalah makanan atau minuman seperti halnya alkohol, makanan berlemak, coklat, teh, kopi, hingga jus jeruk dan bawang. Kemudian beberapa posisi tubuh juga dapat memicu naiknya asam lambung seperti membungkuk dan berbaring telentang.

Selain itu, berbagai aktivitas tubuh yang menghasilkan tekanan pada perut juga dapat menaikkan asam lambung seperti mengejan, mengangkat, pakaian ketat dan batuk. Mengalami rasa nyeri ini tentu sangat tidak nyaman. Untuk itu, kami akan berikan alternatif cara mengatasi nyeri ulu hati untuk anda yang sering mengalaminya.

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Secara Efektif

Cara mengatasi sakit di ulu hati

Dalam mengatasi masalah nyeri pada ulu hati yang sering menyerang, hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah posisi tubuh. jangan membungkuk setelah makan atau jika rasa sakit ini sering menyerang saat malam hari, maka anda harus memperhatikan posisi tidur anda. tidurlah dengan posisi kepala yang lebih tinggi agar menekan terjadinya asam lambung yang naik.

Kemudian anda juga perlu menghindari berbagai jenis makanan atau minuman yang beresiko menjadi pemicu naiknya asam lambung seperti minuman beralkohol, minuman yang mengandung kafein, coklat dan sebagainya.

Kemudian, jika nyeri ulu hati sedang menyerang, anda juga bisa menggunakan minyak atsiri yang telah dipercaya dapat meredakan rasa sakit pada ulu hati ini. Anda juga bisa memanfaatkan permen karet sebagai peningkat air liur. Baca juga Penyebab dan cara mengobati diabetes

Produksi air liur yang cukup akan sangat membantu dalam menetralisir asam lambung. Cara efektif mengatasi sakit di ulu hati lainnya juga bisa anda lakukan dengan menghindari penggunaan pakaian ketat. Pakaian ketat hanya akan menekan bagian perut anda sehingga memicu naiknya asam lambung.

Selain itu, terapkanlah gaya hidup sehat dengan menghindari nikotin jenis apapun seperti rokok. Anda tentu tahu bahaya apa saja yang diakibatkan oleh rokok ini, termasuk sakit pada ulu hati. Hindari juga kebiasaan tidur setelah makan karena makanan belum sepenuhnya dicerna tubuh. demikian beberapa cara mengatasi sakit di ulu hati yang mudah dan efektif. Semoga bermanfaat

SHARE TO :