SHARE TO :

Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:20 am tanggal February 1, 2017

Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami – Perut anda buncit dan tidak pede ? Rasanya gak keren ? Yah begitulah mungkin ekspresi lebay yang mungkin diungkapkan oleh seorang yang mempunyai perut yang buncit. Perut buncit memang tidak keren. Makanya banyak yang mati-matian melakukan upaya demi mengecilkan perutnya yang buncit. Perut buncit sendiri tidak hanya dialami oleh mereka yang memiliki masalah obesitas atau kegemukan, akan tetapi mereka yang badannya ideal atau kurus pun bisa terkena yang namanya perut buncit.

Penyebab Perut Buncit

Penyebab Perut Buncit bermacam-macam. Diantaranya adalah :

  • Minum minuman keras atau alkohol.
  • Menunda jam makan tiap harinya.
  • Mengemil atau makan di waktu malam hari.
  • Makan makanan sampah atau Junk Food (Cepat Saji).
  • Makan dalam porsi yang besar.
  • Sering tidur setelah makan.
  • Pekerjaannya hanya duduk dalam waktu yang lama.
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gas.
  • Jarang berolahraga.
  • Makan makanan yang mengandung pemanis buatan.

Bagi anda yang ingin berusaha untuk mengecilkan perut buncit yang saat ini anda alami, simaklah cara mengecilkan perut buncit secara alami, berikut ini adalah :

1. Memasak Makanan Sendiri
Mereka yang ingin mengecilkan perut buncit sering tertarik terhadap metode diet berat (crash diet). Memang berhasil, namun ingat, crash diet baik untuk hasil jangka pendek. Selain itu, crash diet dapat menyebabkan kekurangan nutrisi penting dan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Untuk mengecilkan perut yang buncit, anda perlu menghilangkan lemak yang menumpuk di perut dan mengikuti diet secara alami dan seimbang juga sehat. Diet yang sehat yakni diet dengan tinggi protein dan serat (Makanan serat tinggi seperti gandum, oatmeal, kacang polong, kelabat, kedelai, dll), rendah karbohidrat, rendah lemak dan natrium.

2. Mengubah Kebiasaan Makan
Selain makanan sehat yang termasuk dalam program diet, yang tidak kalah penting adalah waktu dan frekuensi makan anda. Mengkonsumsi makanan yang banyak pada satu waktu tertentu adalah faktor utama penyebab kelebihan lemak. Makan banyak dalam satu waktu dapat mengakibatkan gagalnya lemak menjadi energi, sehingga menumpuk dalam tubuh.

Untuk menghindari hal tersebut, anda dapat mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering, daripada makan dalam porsi besar 2 kali sehari.

Anda bisa makan 3-4 kali sehari dengan porsi kecil setiap hari. Hal tersebut akan mempercepat metabolisme dalam tubuh. Tubuh akan membakar lebih banyak kalori dan menyimpan sedikit lemak. Memiliki menu 3-4 kali dalam sehari akan membuat kenyang dan membantu anda meninggalkan makanan tidak bergizi lainnya. Kurangi asupan gula dan minuman dengan pemanis. Dalam menu diet, anda bisa memasak sayuran, kacang, makanan yang mengandung protein, gandum sereal, kacang-kacangan, ikan, susu rendah lemak dan sejumlah kecil lemak sehat (seperti minyak zaitun). Minum banyak air putih, setidaknya 8-10 gelas, dalam sehari. Air sangat penting untuk kesehatan sel dan membantu dalam pencernaan. Air bekerja sebagai agen detoksifikasi dan sebagai penekan nafsu makan.

3. Olahraga Untuk Mengecilkan Perut
Cara mengecilkan perut buncit dengan berolahraga. Tempat latihan atau fitness center sebetulnya kurang efektif dalam usaha anda untuk menyingkirkan lemak di perut. Jika anda melakukan beberapa kali Shit-up atau latihan perut setiap hari, kami yakin tidak akan bisa meratakan perut buncit anda. Namun jika ingin memperkuat otot perut maka fitness center cocok untuk anda.

Berbicara tentang olahragasebagai cara mengecilkan perut buncit, anda cukup melakukan kegiatan fisik yang moderat selama sekitar 45-50 menit, 4-6 kali dalam seminggu, sudah cukup efektif untuk menghilangkan lemak dari perut. Semakin banyak waktu yang anda luangkan untuk CARDIO (seperti jalan cepat, bersepeda, jalan santai, jogging, dll) dan latihan aerobik, maka semakin cepat anda akan kehilangan lemak di perut. Cobalah luangkan waktu untuk berenang, selain cepat membakar kalori juga bagus untuk menghilangkan stres. Lakukan olahraga tersebut dalam 4-6 kali dalam seminggu. Lakukan meski hanya 5 menit.

4. Mengkonsumsi Vitamin C
Vitamin C membantu mengurangi tingkat stres dan mengembalikan hormon stres (kortisol) ke tingkat yang normal. Pengurangan kortisol dapat membantu untuk mencegah peningkatan penyimpanan lemak di perut. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C setiap hari, misalnya jeruk, buah kiwi, dll. Saat ini vitamin C juga tersedia dalam bentuk suplemen, namun disarankan untuk mengkonsumsi vitamin c melalui makanan/buah-buahan. Jika anda memilih vitamin c dalam bentuk suplemen, sebaiknya jangan lebih dari 500 mg per hari.

5. Istirahat dan Tidur Cukup
Penelitian menunjukkan bahwa ketika anda tidak cukup tidur, tubuh terjadi peningkatan hormon ghrelin, yakni hormono yang meningkatkan nafsu makan. Anda secara bersamaan mengalami penurunan hormon leptin, sehingga sulit untuk merasa “kenyang” dari ukuran porsi yang anda konsumsi biasanya. Perubahan ini secara fsikologi menyebabkan anda sulit untuk mengontrol kelaparan.

6. Minum Air Putih Membantu mengurangi Lemak
Sebuah Studi dari jurnal endokronologi klinis dan metabolisme menunjukkan bahwa individu, tingkat metabolismenya meningkat sebesar 30% setelah minum sekitar 17 Ons air. Penelitian lain menunjukkan bahwa meningkatkan volume cairan dalam tubuh dapat membatu untuk memecah lemak yang tertimbun dalam tubuh. Minumlah air putih setidaknya 8 gelas air putih setiap hari.

7. Semangka Untuk Mengurangi Lemak di Perut
Asosiasi Diet Amerika mengatakan bahwa semangka merupakan buah yang bagus untuk mengurangi lemak di perut. Semangka berisi 91% air dan ketika anda makan semangka sebelum makan besar, maka air tersebut akan menambahkan sejumlah besar kalori dalam makanan.

Selain itu, semangka membuat perut merasa kenyang lebih lama. Buah yang berair ini juga kaya akan vitamin B1, B6 dan C, serta kalium dan magnesium. Studi yang dilakukan di University of Kentucky mengungkapkan bahwa minum dua gelas jus semangka setiap hari selama delapan minggu dapat mengurangi berat badan (terutama lemak di sekitar perut) tanpa mengubah otot massa.

8. Alpukat Membantu Membakar Lemak di Perut
Asam amino penting yang dikenal sebagai lesitin dalam alpukat membantu dalam mengelola berat badan. Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang membantu membakar lemak di perut dengan mudah. Selain itu, alpukat kaya akan serat juga membantu sistem pencernaan dan menjaga dari makan secara berlebihan. Alpukat juga memiliki sifat anti-penuaan, anti jamur dan antibakteri yang memberikan banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.

Demikianlah beberapa tips dan cara mengecilkan perut buncit menjadi langsing dan ideal. Lakukan dan teruslah bersemangat serta jangan mudah mengeluh dan menyerah sebelum tujuan anda tercapai. Semoga bermanfaat. Terima kasih 🙂

SHARE TO :