SHARE TO :

Cara Menghilangkan Fobia Dengan Aman Dan Efektif

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:22 am tanggal September 21, 2016

Cara Menghilangkan Fobia Dengan Aman Dan Efektif – Sering melihat seseorang merasa takut terhadap sesuatu, terkadang mereka juga berteriak sambil menutup mata. Kemungkinan besar seseorang mengalami fobia yang merupakan rasa takut berlebih pada sesuatu. Fobia termasuk sebagai gangguan kecemasan yang bisa mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Takut adalah perasaan di mana seseorang tidak sanggup atau tidak berani dalam menghadapi atau melakukan sesuatu karena mungkin akan terjadi. Rasa takut sebernanya adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia dan merupakan hal yang wajar. Namun, jika sesuatu yang ditakuitnya itu tidak pantas untuk ditakuti, ini menjadi tidak wajar, karena bisa juga akan menganggu aktivitas sehari-hari anda.

fobia

Rasa takut berlebihan sangatlah tidak baik untuk keadaan diri dan juga bisa menganggu orang lain. Karena ketika orang sedang takut bisa saja bertindak tanpa batasan, yang terpenting dia bisa menghindar dari hal yang ditakuti. Teriakan, berlari kesana-kemari, membanting barang, dan lain sebagainya tentu saja akan menganggu orang lain saat beraktivitas.

Fobia berupa ketakutan yang tidak wajar (irasional) yang menimbulkan gejala-gejala cemas, berdebar-debar, keringat dingin, serta gejala kecemasan lainnya, dan seringkali disertai dengan perasaan panik. Penyakit ini sangatlah merugikan, karena bisa menganggu pekerjaan, hubungan sosial, bahkan bagi pemuda yang sedang menuntut ilmu di sekolah, juga bisa mempengaruhi organ tubuh seperti jantung.

Berdasarkan jenis ketakutannya, fobia terbagi menjadi :

1. Fobia spesifik

Mulai berkembang pada masa kanak-kanak atau remaja. Contohnya seperti fobia terhadap lingkungan (kedalam air atau ketinggian), fobia terhadap hewan (ular, ulat, atau laba-laba), fobia terhadap situasi (berkunjung kedokter), fobia seksualitas (takut tertular penyakit seksual), dan fobia secara fisik (takut jarum suntik atau darah).

2. Fobia kompleks

Phobia kompleks (rumit) yaitu rasa takut berlebihan terhadap tempat atau situasi yang ramai dan terbuka. Seperti, phobia naik kendaraan umum, phobia berada di pasar, dan lain-lain.

3. Fobia sosial

Phobia sosial adalah ketakutan berlebihan terhadap keadaan, situasi dan kondisi sosial, seperti : phobia menjadi terkenal, phobia terhadap tempat yang banyak orang, dan lain-lain.

Fobia juga bisa berdampak kepada kondisi fisik. Beberapa contoh gejala yang timbul akibat fobia, antara lain :

– Disorientasi atau bingung.
– Pusing dan sakit kepala.
– Mual.
– Dada terasa sesak dan nyeri.
– Sesak napas.
– Detak jantung meningkat.
– Tubuh gemetar dan berkeringat.
– Telinga berdengung.
– Sensasi ingin selalu buang air kecil.
– Mulut terasa kering.

Fobia juga bisa terjadi akibat respon dari suatu tekanan atau peristiwa traumatis. Sebenarnya cukup tidak masuk akal jika fobia terhadap sesuatu terjadi karena tidak ada pemicu. Selalu ada pemicunya. Dunia medis sendiri menganggap fobia sebagai bentuk psikologis dan termasuk salah satu bentuk dari gangguan kejiwaan.

Cara Pengobatan Fobia Dengan Aman Dan Alami

Pengobatan fobia harus dilakukan dengan tindakan pengkajian terlebih dahulu guna mencari tahu penyebabnya, mulai dari faktor keturunan hingga faktor tumbuh kembang, serta ciri kepribadian dan bagaimana support sistem dalam keluarga penderita.

Pengobatan fobia bisa ditangani dengan dua cara, yaitu melalui terapi dan obat-obatan.

=> Pengobatan fobia melalui terapi

Jenis terapi yang umumnya diterapkan untuk kasus fobia adalah terapi perilaku kognitif yang dikombinasikan dengan terapi pemaparan atau desensitisasi.

Contohnya kasus pada pasien yang takut terhadap laba-laba. Sebagai langkah pertama, pasien akan disuruh dokter untuk membaca materi seputar laba-laba. Kemudian pasien juga akan ditunjukkan beberapa gambar serangga tersebut.

Jika pada tahap ini pasien telah terbiasa, maka berikutnya dokter akan menaikkan level paparan dengan membawa pasien mengunjungi museum serangga dan melihat langsung laba-laba dari dekat. Apabila pada tahapan ini pasien berhasil mengatasi rasa takutnya, maka pada puncak terapi, pasien akan diajak dokter memegang laba-laba secara langsung.

=> Pengobatan fobia dengan menggunakan obat-obatan

Salah satu obat yang biasa diberikan oleh dokter pada kasus fobia adalah obat antidepresan jenis penghambat pelepasan serotonin (SSRI). Obat ini bekerja untuk memengaruhi transmiter di dalam otak yang bernama hormon serotonin. Serotonin berperan dalam menciptakan dan mengatur suasana hati.

Dan obat lain untuk fobia adalah obat penghambat beta. Obat ini sering kali digunakan dalam jangka pendek karena efektif mengurangi rasa takut dalam situasi tertentu. Obat ini untuk menghambat rekasi-reaksi yang muncul dari stimulasi adrenalin akibat rasa cemas. Contohnya penyanyi yang fobia dengan suara dan tubuh gemetar, jantung berdebar, dan tekanan darah meningkat. Obat ini bisa membantunya ketika bernyanyi.

Sebenarnya cukup tidak masuk akal jika fobia terhadap sesuatu terjadi karena tidak ada pemicu. Selalu ada pemicunya. Dunia medis sendiri menganggap fobia sebagai bentuk psikologis dan termasuk salah satu bentuk dari gangguan kejiwaan.

Penyakit memang sering kita jumpai disekitar Teman dekat dan keluarga, mungkin salah satu obat yang efektif adalah dengan terapi untuk menghilangkan penyakit ini. Jangan putus semangat, segala penyakit bisa sembuh jika kita tetap berusaha. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi solusi bagi anda.

SHARE TO :