SHARE TO :

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Aman Tanpa Efek Samping

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 4:14 am tanggal October 20, 2016

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Aman Tanpa Efek Samping – Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat, “Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.”

Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit.  Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat  adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stress.

Penyebab Terjadinya Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Aman Tanpa Efek Samping

1. Produksi Minyak Berlebihan
Jerawat tidak selalu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan daktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebeceus gland) yang mengakibatkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.

2. Sel-sel Kulit Mati
Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu bisa membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat juga bisa menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.

3. Bakteri
Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada pada kulit, yang disebut p. acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.

4. Kosmetik
Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

5. Obat-obatan
Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.

6. Telepon Genggam
Permukaan telepon genggam bisa jadi media subur untuk tumbuhnya bakteri. Untuk mencegahnya, bersihkan permukaan telepon secara rutin dengan alkohol, dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi ketika menelpon.

7. Stres
Sebenarnya, stress tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Masalahnya, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya itu, stres membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai “pelarian” dari stres.

Jenis-jenis Jerawat

– Komedo
Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

– Jerawat Biasa
Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembab dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

– Jerawat Batu (Cystic acne).
Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara Genetik, penderitanya memiliki:

1. Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak.
2. Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal.
3. Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Menghilangkan Jerawat Dengan Aman Tanpa Efek Samping

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami setiap orang. Tidak pernah ada orang yang tidak mengalami masalah kulit yang satu ini. Munculnya jerawat seringkali membuat berkurangnya percaya diri penderita jerawat sehingga cara menghilangkan jerawat merupakan cara yang banyak dicari. Berikut ini akan kami lampirkan beberapa solusi cara menghilangkan jerawat tanpa efek samping karena menggunakan bahan-bahan alami untuk menyelesaikan masalah jerawat pembaca.

1. Tomat
Tomat merupakan jenis buah sayuran yang banyak mengandung vitamin A dan C serta tinggi kandungan antioksidan yang ampuh memerangi bakteri penyebab jerawat. Tomat juga dapat efektif menutrisi kulit, sehingga kadar minyak berlebih akibat kotoran mudah menempel dan menyumbat pori penyebab jerawat dapat diatasi. Anda dapat menggunakan irisan tomat yang diusapkan secara merata, jus tomat untuk masker atau hanya menempelkan irisan tomat pada wajah anda. Tomat terbukti efektif mengatasi jerawat yang timbul meskipun sudah meradang sekalipun. Gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu.

2. Jeruk Nipis / Lemon
Jeruk Nipis dan Lemon mengandung vitamin C yang sangat banyak. Kandungan ini sangat bermanfaat menjaga kesehatan serta kecantikan kulit. Anda dapat mengusapkan irisan jeruk nipis atau lemon pada wajah anda secara merata kemudian diamkan 20 menit baru dibilas. Cara lain bisa ditempuh dengan menghaluskan kulit jeruk nipis atau lemon kemudian pasang sebagai masker. Anda bisa menggunakan cara alami ini meskipun anda tidak berjerawat untuk pencegahan dan perawatan kecantikan kulit teratur.

3. Olesan Bawang Putih
Bawang putih mengandung minyak yang sangat ampuh dalam mengatasi jerawat. Anda bisa mengoleskan irisan bawang putih atau menghaluskannya terlebih dahulu untuk dijadikan masker. Anda bisa menggunakan aplikasi bawang putih ini 2-3 kali seminggu. Seringkali cara ini tidak dipilih akibat rasa nyeri saat diaplikasikan dan bau anyir yang kuat, namun cara ini tetap efektif untuk menghilangkan jerawat hingga ke akarnya.

4. Potongan Mentimun
Potongan mentimun selai efektif untuk menghilangkan mata panda terbukti pula untuk mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan mentimun kaya akan antioksidan yang mampu menyegarkan kulit dan mengangkat kotoran maupun sel kulit mati. Cara sederhana dengan menaruh potongan mentimun pada wajah yang didiamkan selama 15-20 menit kemudian bilas.

5. Jangan Memencet Jerawat
Memencet – mencet ketika jerawat muncul merupakan hal yang salah. Kebiasaan ini malah dapat memicu timbulnya jerawat baru radang, infeksi atau membuat jerawat tersebut meninggalkan bekas. Oleh karena itulah, disarankan untuk anda yang menderita jerawat untuk tidak memencet-mencet jerawat tersebut.

6. Bersihkan Muka Secara Teratur
Rutinitas seringkali mengakibatkan kotoran menempel, merusak kelembaban kulit, dan mengeringkan atau membuat kulit berminyak. Oleh karena itulah, dianjurkan untuk sering membersihkan kulit dengan membasuhnya menggunakan air bersih yang mengalir minimal 2x sehari.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan jerawat dengan aman tanpa efek samping dengan menggunakan bahan alami. Semoga bermanfaat untuk anda yang membaca artikel ini. Terima kasih.

SHARE TO :