SHARE TO :

Cara Menghilangkan Keputihan pada Wanita Secara Alami Tanpa Efek Samping

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:45 am tanggal March 17, 2016

Cara Menghilangkan Keputihan pada Wanita | Bagi wanita, keputihan sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi, sebab pada dasarnya keputihan bukanlah sebuah penyakit, namun bukan berarti hal tersebut sebaiknya dibiarkan saja karena, keputihan juga dapat menjadi pertanda bahwa ada masalah pada organ kewanitaan anda. Keputihan atau dalam istilah medisnya dikenal dengan flour albus, merupakan kondisi keluarnya cairan berupa lendir dari miss v (vagina).

Ada kalanya, cairan lendir yang keluar dari vagina tersebut bukan hanya berupa lendir berwarna bening dan tak berbau, namun berubah menjadi cairan kental dengan warna seperti susu atau bahkan terkadang ada yang sampai kehijauan lengkap dengan bau yang tidak sedap, serta jumlah lendir yang keluar terlalu berlebihan dan mengakibatkan munculnya rasa gatal hingga panas di sekitar vagina.

Bila keputihan yang keluar dari vagina seperti itu, maka cairan keputihan tersebut merupakan cairan keputihan yang tidak normal karena adanya infeksi bakteri, virus, atau jamur pada organ kewanitaan anda. Jenis keputihan yang seperti itulah yang harus segera diobati. Bila anda saat ini sedang mengalami keputihan yang seperti itu, maka cara menghilangkan keputihan pada wanita secara alami dapat anda lakukan dengan beberapa cara tradisional.

Cara Menghilangkan Keputihan pada Wanita

Kesehatan Organ Kewanitaan

Untuk mengobati keputihan secara alami dan tradisional sebenarnya caranya tak terlalu rumit, sebab semua bahan alami yang digunakan tergolong cukup mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Mengobati keputihan secara alami juga terbilang lebih aman, sebab setidaknya bahan alami yang digunakan tidak akan mengakibatkan efek samping yang berbahaya seperti yang biasanya terkandung dalam obat keputihan berbahan kimia. Lalu, bagaimana caranya untuk menghilangkan keputihan secara alami? Simak ulasan singkatnya berikut ini :

Baca juga Cara mengatasi keputihan saat hamil

Cara Menghilangkan Keputihan pada Wanita

  • Daun Sirih

Daun sirih merupakan obat herbal yang paling lazim dan sering digunakan untuk mengatasi keputihan. Tanaman asli tanah air ini mengandung beragam zat yang mampu membunuh kuman dan jamur serta kaya antioksidan, diantaranya seperti  minyak atsiri, seskuiterpen, pati, diatase, gula, zar samak dan juga kavikol.

Untuk mengatasi keputihan dengan daun sirih pun caranya cukup mudah, anda hanya perlu merebus sepuluh helai daun sirih dengan dua liter air sekitar 5 menit lamanya. Selanjutnya, tunggu hingga air rebusan daun sirih tersebut menjadi hangat, setelah itu gunakan secara rutin air rebusan daun sirih untuk membasuh area kewanitaan.

Perlu dingat, membasuh area kewanitaan dengan air hangat rebusan daun sirih sebaiknya anda lakukan seminggu tiga kali saja, sebab bila terlalu sering menggunakan air rebusan daun sirih maka bisa jadi bakteri baik yang dapat menjaga ph kewanitaan juga akan ikut hilang.

  • Kunyit

Kunyit tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur saja, sebab umbi-umbian berwarna oranye ini juga dapat digunakan untuk mengobati keputihan. Fungsi kunyit juga hampir sama dengan daun sirih, yang berguna untuk membunuh bakteri jahat yang ada di area kewanitaan.

Untuk menggunakan cara ini, anda hanya membutuhkan 2 rimpang kunyit, daun beluntas, satu genggam asam dan  juga sepotong gula aren. Rebus semua bahan herbal tersebut dengan satu liter air. Bila air rebusan bahan herbal tersebut sudah mendidih, saring dan minum secara rutin satu gelas sehari.

Terkait: Cara mengatasi nyeri haid yang ampuh

  • Sambiloto

Tumbuhan Andrographis Paniculataness atau yang lebih dikenal dengan nama Sambiloto ini juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi keputihan. Sambiloto mengandung beragam zat yang berperan penting untuk membantu mengatasi keputihan, diantaranya seperti laktone, homoandrografolid, flavonoid, alkane, keton, aldehid, mineral, asam kersik serta damar.

Untuk menghilangkan keputihan dengan sambiloto, caranya juga relatif mudah, sebab anda hanya perlu merebus tiga batang sambiloto dengan 4 gelas air hingga mendidih dan hanya menjadi 2 gelas saja. Setelah itu, saring dan minum secara rutin air rebusan batang sambiloto tiga kali sehari dengan dosis ¾ gelas sekali minum.

 

Bila anda mengikuti salah satu cara menghilangkan keputihan pada wanita secara alami seperti yang telah dijelaskan diatas, maka hal tersebut akan membantu mengatasi masalah keputihan yang cukup menganggu.

 

SHARE TO :