SHARE TO :

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Efektif

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:20 am tanggal September 23, 2016

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Efektif – Komedo berbentuk seperti benjolan yang muncul pada permukaan kulit dan berwarna hitam. Karena itulah komedo sering disebut sebagai flek hitam / bintik hitam. Komedo merupakan jenis jerawat ringan dan muncul karena produksi minyak berlebihan yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit dan mengakibatkan pori-pori kulit tersumbat. Biasanya komedo muncul pada wajah, tapi dapat juga berada di punggung, dada, lengan, atau bahu.

Pori-pori kulit yang tertutup lebih besar dari ukuran pori-pori normal. Ketika pori-pori ini terkena pajanan udara, akan memicu terjadinya reaksi kimia yang melibatkan melanin dan mengakibatkan berubahnya pusat pori-pori menjadi berwarna hitam. Komedo bisa terasa sangat menyakitkan dan tidak enak dipandang ketika berubah menjadi benjolan yang lebih besar maupun kista.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Gejala Komedo

Gejala komedo sangat mudah terlihat, yaitu kemunculan benjolan yang sangat kecil, terutama pada kulit wajah. Karena tidak terjadi inflamasi, komedo tidak terasa sakit. komedo dapat mengalami peradangan jika dicungkil atau digaruk.

Penyebab Komedo

Pada masa remaja produksi hormon akan meningkat, khususnya hormon testosterone pada remaja pria. Peningkatan hormon inilah yang merangsang kelenjar minyak menjadi sangat aktif dan menghasilkan minyak secara berlebihan. Inilah yang mengakibatkan tersumbatnya akar rambut dan juga pori-pori kulit. Ketika terinfeksi, bakteri akan mengakibatkan terbentuknya komedo dan jenis jerawat lainnya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang meningkatkan risiko munculnuya komedo:

– Meningkatnya bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit.
– Iritasi folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tidak rontok secara taratur.
– Mengalami perubahan hormon yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak, terutama pada saat remaja dan saat menstruasi.
– Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya steroid, lithium, atau pil KB.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Menggunakan Bahan Alami

Biasanya masalah seperti ini banyak dikeluhkan oleh wanita, bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami cepat dan ampuh ? Selain jerawat, komedo juga merupakan gangguan pada kulit wajah sulit dihilangkan. Terutama para wanita yang mempunyai kulit wajah yang berminyak, komedo adalah bahaya laten yang seringkali muncul apabila tidak dibersihkan secara tuntas.

Beberapa orang yang mengalami keluhan akibat menggunakan sabun pembersih muka yang belum mampu untuk membasmi komedo sampai akarnya. Akibatnya komedo sering muncul lagi dan bahkan memberikan efek samping keringnya kulit wajah. Karena itu tidak sedikit para wanita yang beralih pada perawatan alami untuk menghilangkan komedo.

Berikut ini adalah bahan-bahan alami untuk menghilangkan komedo. Diantaranya:

– Putih Telur
Menggunakan putih telur merupakan salah satu bahan perawatan komedo secara alami. Anda bisa jadi tidak tahan dengan bau amisnya, tetapi penggunaan putih telur terbukti dapat menghilangkan komedo dengan cepat. Berdasarkan penelitian, putih telur mengandung beberapa bahan berguna seperti protein dan juga asam amino. Fungsi protein dan asam amino ini adalah dapat menyempitkan atau mengecilkan pori-pori kulit sehingga produksi minyak tidak dilakukan berlebihan. Produksi minyak yang berkurang akan menekan pertumbuhan komedo. Kandungan bahan lainnya yang dimiliki putih telur adalah asam folat. Fungsi asam folat ini bagi kulit adalah mengahaluskan kembali kulit yang kasar karena tumbuhnya komedo.

Untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan putih telur dapat dilakukan dengan memisahkan putih telur dengan kuningnya. Kocok putih telur sampai berbuih dan berbentuk krim yang siap dioleskan sebagai masker wajah. Sebelum mengoleskan putih telur, hilangkan kotoran pada wajah dengan mencuci wajah terlebih dahulu. Oleskan putih telur pada wajah terutama pada daerah yang berkomedo sambil melakukan pijat-pijatan lembut selama 5 menit. Diamkan krim putih telur sampai 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

– Jeruk Nipis
Kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang dimiliki jeruk nipis teruji klinis dapat menghilangkan komedo dari dalam sekaligus dari luar kulit. Karena itu beberapa kosmetik menggunakan bahan baku jeruk nipis untuk mendapatkan manfaat yang baik bagi kulit terutama kulit berminyak yang bermasalah dengan komedo. Lakukan perawatan kulit anda yang berkomedo menggunakan jeruk nipis dengan memotong buahnya menjadi dua dan peras airnya. Perasan jeruk nipis ini gunakan sebagai masker dengan dioleskan pada kulit wajah terutama pada daerah yang berkomedo.

Setiap kali anda menerapkan atau mengoleskan air perasan jeruk nipis pada kulit wajah anda, lakukan dengan pijatan lembut pada daerah yang berkomedo. Tujuan pijatan ini adalah untuk memudahkan komedo terangkat dari pori-pori kulit. Diamkan 10-15 menit atau tunggu sampai jeruk nipis yang anda oleskan pada wajah mengering. Lakukan bilasan dengan air hangat pada wajah anda. Komedo akan terangkat dan luruh bersama air saat anda membilas wajah anda.

– Lidah Buaya
Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut anda. Tetapi lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo yang seringkali menganggu tampilan kulit wajah anda. Kandungan mineral yang ada pada lidah buaya diindikasi mampu mengangkat dan menghilangkan komedo pada kulit wajah. Gunakan daging lidah buaya yang dioleskan pada wajah anda. Jangan lupa untuk melakukan pijat-pijatan lembut setiap kali Anda oleskan lidah buaya pada kulit wajah anda. Lakukan pijatan terutama pada daerah yang banyak ditumbuhi komedo. Pijatan ini akan membuat komedo mudah terangkat saat nanti dilakukan pebilasan pada wajah. Diamkan selama 30 menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan air hangat. Anda akan merasakan sendiri khasiat lidah buaya dalam menghilangkan komedo pada kulit wajah anda.

– Tomat
Bahan alami lain yang bermanfaat untukmenghilangkan komedo adalah tomat. Selain mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kesegaran kulit, tomat juga mengandung vitamin E yang mampu mengangkat kulit mati dan menutup pori-pori kulit sehingga produksi minyak dapat ditekan dan pertumbnuhan komedo dapat dicegah. Gunakan tomat sebagai masker wajah dengan menghaluskannya dan diccmpurkan dengan minyak zaitun. Oleskan masker tomat pda wajah terutama daerah yang berkomedo, hingga masker mengering. Lakukan bilasan untuk merasakan hasil perawatan cara menghlangkan komedo secara alami, cepat, dan ampuh menggunakan tomat.

Itulah bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo secara alami. Cukup sekian artikel yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda yang mempunyai keluhan seperti diatas. Terima kasih.

SHARE TO :