SHARE TO :

Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan Cepat

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 5:21 pm tanggal September 19, 2015

Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan Cepat | Batuk berdahak merupakan salah satu jenis batuk yang sangat menyiksa penderitanya. Hal tersebut disebabkan lendir di tenggorokan yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada penderita batuk berdahak ini.

Sebenarnya batuk berdahak bukanlah merupakan sebuah penyakit, melainkan sebuah gejala dari tubuh sebagai respon terhadap sistem kekebalan tubuh pada saluran pernapasan. Respon tersebut dikirim dari syaraf menuju pusat batuk di otak yang menyebabkan otak mengirim sinyal ketubuh untuk merespon dengan mengeluarkan zat yang ada pada tenggorokan.(lihat: Obat sakit tenggorokan alami)

Selain zat yang ada pada tenggorokan yaitu biasanya berupa dahak, batuk berdahak juga dapt disebabkan oleh alergi terhadap dingin, iritasi, rokok, bakteri dan penyebab lainnya. Tips untuk mengobati batuk berdahak yaitu mengkonsumsi air yang cukup sekitar 8 gelas sehari, menghindari rokok dan menghindari makanan yang menyebabkan produksi lendir seperti gorengan, produk susu, minuman dingin dan sebagainya.

Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan Bahan Alami

cara mengobati batuk berdahak

Batuk Berdahak

Cara mengobati batuk berdahak dengan jeruk nipis dan madu

Jeruk nipis dan madu merupakan dua bahan alami yang sangat sering digunakan dalam berbagai pengobatan. Banyak produk pabrik yang menggunakan kedua bahan ini sebagai obat panas dalam hingga obat batuk.

Cara menggunakan jeruk nipis dan madu untuk mengatasi batuk berdahak yaitu siapkan 1 sdm air perasan jeruk nipis, 3 sdm madu dan 5 sdm air hangat, campurkan semua bahan tersebut. Minumlah sebanyak satu sendok makan campuran tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

Cara mengobati batuk berdahak dengan teh jahe

Teh jahe sangat sering digunakan sebagai obat masuk angin dan berbagai penyakit lainnya, salah satu manfaat teh jahe rupanya bisa digunakan sebagai obat batuk berdahak yang bagus. Untuk mengobati batuk berdahak yang anda alami minumlah segelas teh jahe 2 kali dalam sehari hingga batuk dan dahak terasa berkurang.

Cara mengobati batuk berdahak dengan air hangat

Air hangat merupakan bahan alami yang paling mudah untuk mengatasi batuk berdahak anda. Dengan mengkonsumsi air hangat dalam jumlah yang cukup (sekitar 8 gelas) setiap hari, hal tersebut dapat membantu melancarkan dahak anda sehingga dapat keluar dari tenggorokan. Dengan berkurangnya dahak, batuk yang merupakan respon dari otak pun akan berkurang.

Cara mengobati batuk berdahak dengan kunyit

Selain sering digunakan sebagai bahan masakan di dapur. Kunyit juga dapat dijadikan bahan untuk membantu mempercepat meredakan batuk berdahak di tenggorokan kita. Cara membuat obat alami dari kunyit ini yaitu dengan mencampurkan ½ sendok teh kunyit yang telah dihaluskan atau ditumbuk kedalam 1 gelas susu sehingga dapat membantu menutupi rasa aneh dari kunyit.

Cara mengobati batuk berdahak dengan bunga mawar

Selain dapat digunakan sebagai obat sakit mata. Air bunga mawar juga dapat membantu mengatasi batuk yang berdahak. Caranya dengan merebus 10 gram bunga mawar kedalam air secukupnya dan tambahkan gula batu secukupnya untuk memberikan rasa. Air rebusan tersebut dapat anda minum dua kali sehari untuk mengatasi dahak anda.

Alternatif pengobatan dengan menggunakan cara alami adalah solusi yang dapat anda lakukan untuk mengatasi batuk berdahak yang terjadi. Akan tetapi jika btuk berdahak tidak kunjung hilang dalam waktu yang cukup lama, kami anjurkan untuk segera mengkonsultasikannya kepada dokter utuk memperoleh pengobatan yang tepat.

Cara mengobati batuk berdahak dengan cepat adalah hal yang pastinya ingin kita peroleh untuk segera mengatasi batuk berdahak yang kita alami saat ini.

SHARE TO :