SHARE TO :

Cara Mengobati Demam Dengan Ramuan Tradisional

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:03 am tanggal October 28, 2016

Cara Mengobati Demam Dengan Ramuan Tradisional – Demam adalah dimana kondisi tubuh mencapai suhu melebihi 37° celcius, yang dapat disebabkan oleh penyakit atau peradangan yang diderita tubuh yang dapat mengakibatkan suhu tubuh meningkat secara drastis, dahi yang panas, keringat, perasaan dan tubuh terasa tidak enak dan tidak nyaman. Demam juga biasanya dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, perubahan cuaca atau suhu yang cepat dan dratis, atau bermain panas terlalu lama untuk anak-anak.

Demam seringkali datang tidak diduga dan disangka dan dapat membuat kita harus beristirahat berhari-hari apabila penyembuhan yang lama, dan membuat kita tidak dapat melakukan rutinitas sehari-hari. Nah, kali ini kami akan membahas resep tradisional yang cukup ampuh untuk mengobati demam, baik orang dewasa maupun anak-anak dengan bahan-bahan alami dan sehat.

Penyebab Demam

Cara Mengobati Demam Dengan Ramuan Tradisional

Suhu tubuh manusia dapat berubah-ubah. Suhu tubuh akan lebih rendah di pagi hari dan meningkat pada sore dan mlam hari. Suhu tubuh rata-rata orang adalah 37° celcius. Pada umumnya, suhu tubuh yang normal berada di antara 36,5-37,5° celcius. Beberapa hal yang memengaruhi suhu tubuh adalah aktivitas olahraga dan siklus menstruasi.

Berikut ini adalah penyebab demam yang pada umumnya sering terjadi:

  • Pasca imunisasi, misalnya setelah menerima vaksin pneumokokus atau vaksin TB (tuberkulosis).
  • Berbagai macam infeksi virus dan bakteri seperti sakit tenggorokan, keracunan makanan, meningitis, tifus, disentri, cacar air, dan infeksi saluran kemih.
  • Infeksi akibat gigitan nyamuk seperti demam berdarah, malaria dan chikungunya.
  • Obat-obatan seperti antihipertensi dan antidepresan.
  • Berdiri terlalu lama dibawah sinar matahari.
  • Penyakit seperti artritis dan hipertiroidisme (kelenjar tiroid yang terlalu aktif).
  • Kanker, misalnya leukemia, kanker hati, dan kanker paru-paru

Gejala-gejala Demam

Gejala yang menyertai demam tergantung kepada penyebab demam itu sendiri. Berikut ini adalah contoh gejala yang bisa menyertai demam:

  • Sakit kepala
  • Berkeringat dingin
  • Menggigil
  • Batuk-batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit pada telinga
  • Diare dan muntah-muntah
  • Sakit otot
  • Kehilangan selera makan
  • Merasa kelelahan

Cara Mengobati Demam Dengan Ramuan Tradisional

1. Kunyit ( Curcuma longa )
Kunyit yang lebih popular di jawa dengan sebutan kunir memiliki kandungan minyak atsiri, turmeron, curcumin, dan juga zingiberen dapat bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, antiinflamasi ( anti-peradangan ).

Caranya mudah: Cuci bersih sekitar 10 gram umbi kunyit. Parut lalu tambahkan 1/2 gelas air panas, lalu aduk sampai rata. Setelah menjadi dingin, peras, ambil sarinya saja. Tambahkan juga dengan perasan 1/2 buah jeruk nipis. Campurkan dengan 2 sdm madu bunga kapuk, aduk samapai rata. Bagi menjadi 3 bagian campuran madu dan kunyit ini, selanjutnya berikan 3 kali sehari pada orang atau anak-anak yang mengalami panas.

2. Sambiloto ( Andrographis paniculata )
Sambiloto seperti yang kita tahu memiliki kandungan andrografolid lactones ( zat pahit ), glucosides, diterpene, dan flavonoid yang bisa difungsikan untuk menurunkan panas baik dewasa dan anak-anak.

Caranya cukup sederhana: Rebus sebanyak 10 gram daun sambiloto kering, 25 gram umbi kunyit kering ( 2,5 ibu jari ), dan 200 cc air. Rebuslah ramuan tadi samapi mendidih dan airnya tinggal 100 cc, kemudian saring. Setelah dalam kondisi hangat hangat, tambahkan 100 cc madu bunga kapuk atau mahoni, aduk sampai rata. Bagi menjadi 3 bagian, berikan 3 kali sehari.

3. Temulawak ( Curcuma xanthorhiza Roxb. )
Tanaman sejenis rimpang ini memiliki zat aktif xanthorrhizol, germacrene, alpha betha curcumena, dan masih banyak lagi. Keberadaan temulawak telah sejak dahulu banyak dimanfaatkan sebagai obat penurun panas, untuk merangsang nafsu makan, mengobati sakit kuning, mencret, diare, maag, perut yang kembung dan juga bisa untuk pegal-pegal.

Caranya cukup sederhana : Cuci bersih sebanyak 10 gram rimpang temulawak. Parut serta tambahkan 1/2 gelas air panas, lalu aduk sampai rata. Setelah kondisinya dingin peras dan ambil sarinya saja. Campurkan dengan 2 sdm madu asli bunga kapuk, lalu aduk sampai rata. Bagi menjadi 3 campuran madu dan temulawak, kemudian berikan 3 kali sehari.

4. Bawang merah ( Allium cepa L. )
Bawang merah kerap digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai bumbu dapur rutin setiap hari. Bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri, metilaliin, sikloaliin, kuersetin, kaemferol, serta floroglusin.

Caranya cukup mudah: Kupas sebanyak 5 butir bawang merah. Selanjutnya parut kasar dan tambahkan pula dengan minyak kelapa secukupnya. Cara menggunakanya cukup balurkan ke ubun-ubun dan seluruh tubuh pada anak yang mengalami panas.

5. Air kelapa muda
Didalam air kelapa muda ini banyak mengandung sejenis mineral, diantranya adalah kalium. Nah ketika terjadi panas,pada tubuh akan banyak mengeluarkan keringat, untuk menurunkan kondisi suhu tubuh ketika panas dan untuk menggantikan keringat yang banyak keluar, sebaiknya perbanyaklah minum air kelapa.
Dari beberapa bahan diatas jelas efektif dan telah banyak dipergunakan oleh orang-orang jaman dahulu ketika keluarga mereka mengalami demam panas baik pada anak-anak maupun bagi mereka yang telah dewasa.

Itulah cara mengobati demam dengan menggunakan ramuan tradisional, semoga bermanfaat. Terima kasih.

SHARE TO :