SHARE TO :

Cara Mengobati Flu Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:12 am tanggal October 21, 2015

Flu (influenza) adalah penyakit yang paling banyak diderita masyarakat. Hal ini disebabkan karena turunnya sistem kekebalan tubuh dan perubahan cuaca yang tak menentu. Selain itu, flu dapat terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat, kurangnya waktu istirahat atau kurang tidur, kurang berolahraga. Flu akan mempengaruhi hidung, tenggorokan, mata dan telinga menyebar ke paru-paru dan saluran pernapasan.

Orang yang terserang flu akan mengalami demam dan sakit kepala. Tidak ada obat yang tepat untuk mengobati flu, meski begitu anda dapat mencoba cara mengobati flu dengan bahan-bahan alami untuk mengurangi flu. Umumnya, flu dapat sembuh dengan sendirinya meskipun tidak diobati.

Tetapi efek yang ditimbulkan oleh flu tentu saja sangat mengganggu aktivitas kita. Hal apapun yang kita lakukan tidak akan terasa nyaman. Karena itu, anda perlu mengetahui gejala-gejala penyebab flu agar dapat melakukan pencegahan.

Beberapa gejala flu yaitu pilek dan hidung tersumbat, demam, serta batuk. Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera lakukan pencegahan dan jangan takut untuk menggunakan cara-cara alami.

Lihat juga Cara mengobati flu pada orang dewasa dan anak-anak

cara mengobati flu

Pilek atau Flu

Cara Mengobati Flu secara Alami

Jika anda mengalami flu, anda dapat mencoba cara alami berikut.

  1. Perbanyak asupan cairan seperti minum air hangat dan konsumsi makanan berkuah.
  2. Perbanyak mengkonsumsi vitamin C yang akan menjaga sistem kekebalan tubuh anda.
  3. Konsumsi air jahe yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyingkirkan virus penyebab flu.
  4. Konsumsi makanan yang banyak mengandung zinc, seperti seafood, telur, daging, kacang, kedelai dan buncis.
  5. Konsumsi cabe rawit, yang akan membantu memecah lendir di paru-paru dan dapat membuka sinus.

Selain memenuhi asupan makanan yang tersebut di atas, anda dapat melakukan hal-hal sederhana lainnya seperti mandi dengan air hangat, istirahat yang cukup, sering-sering membuang ingus, tidur dengan posisi bantal agak tinggi, dan sering-seringlah menggunakan minyak kayu putih.

Beberapa hal ini akan membantu mengurangi flu yang sedang anda derita. Ketika anda sedang mengalami flu, hindarilah berkomunikasi dengan orang lain agar mereka tidak tertular dengan penyakit yang sedang kita alami.

Untuk menghindari beragam penyakit menyerang tubuh, termasuk flu, kita harus selalu jaga kesehatan dan kebersihan jasmani dan rohani kita. Perhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, perbanyak olahraga, sediakan waktu istirahat, kurangi aktivitas yang berlebihan, kurangi mengangkat beban berat.

Selain itu, perhatikan pula kebersihan lingkungan sekitar kita agar terhindar dari penularan penyakit. Jika terlanjur terserang flu, anda cukup mencoba cara mengobati flu yang tersebut di atas. Selamat mencoba!

SHARE TO :