SHARE TO :

Cara Mengobati Gondok Dengan Bahan Herbal Berkhasiat

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 1:10 am tanggal September 14, 2016

Cara Mengobati Gondok Dengan Bahan Herbal Berkhasiat – Salah satu penyakit yang amat sering muncul di masyarakat dewasa ini adalah gondok. Faktanya, penyakit ini sering tak kunjung sembuh meskipun pasien sudah berkunjung ke banyak ahli kesehatan dan melakukan pengobatan. Penting juga bagi semua orang untuk melakukan pengobatan bagi penyakit tersebut dengan metode yang alami tanpa efek samping sama sekali.

Penyakit ini sudah umum di derita oleh siapa saja dan semua umur. Pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk mengecilkan gondok yang menyerang dan nantinya akan berangsur menghilang. hal ini bisa menjadi sesuatu yang merepotkan serta menghabiskan banyak waktu untuk seseorang.

Penyakit gondok adalah penyakit yang menyerang kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah organ berbentuk kupu-kupu yang terletak dibawah jakun. Kelenjar ini memiliki fungsi penting, yaitu untuk memproduksi hormon tiroid yang berperan dalam berbagai proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh.

Pada kondidi normal, kinerja kelenjar tiroid cenderung tidak kita sadari sama seperti organ-organ dalam lainnya. Tetapi jika terjadi pembengkakan, kelenjar tiroid akan membentuk benjolan pada leher. Inilah yang disebut gondok.

Jenis Penyakit Gondok
a. Gondok konginetal
b. Gondok endemik dan kretinisme
c. Gondok yodium
d. Gondok sederhana (gondok koloid)
e. Gondok multinodular
f. Gondok intrakea

Gejala Penyakit Gondok
1. Sakit tenggorokan. gejala ini merupakan gejala umum yang dirasakan, meskipun radang tenggorokan tidak dijadikan tolak ukur dari timbulnya penyakit gondok.
2. Selera makan yang mulai menurun dan berkurang. Ketika kelenjar tiroid terganggu pada tenggorokan, terjadi penurunan selera makan yang cukup derastis. Hal ini disebabkan oleh susah menelan.
3. Mulut mulai terasa tegang dan nyeri saat mengunyah atau menelan makanan.
4. ketika malam hari, suhu tubuh tinggi (panas).
5. Terkadang sering mengalami telinga berdengung.
6. Timbul benjolan kecil pada tenggorokan yang kemudian membengkak dan benjolan semakin terlihat besar pada tenggorokan.

Penyebab Penyakit Gondok
Gondok terkadang sulit ditemukan penyebabnya karena sangat beragam. Tetapi ada beberapa faktor yang umumnya bisa memicu penyakit ini. Diantaranya:

-Hipertiroidisme dan hipotiroidisme. Penyakit gondok dapat terjadi karena kinerja kelenjar tiroid yang berlebihan (hipertiroidisme) atau menurun (hipotiroidisme). keduanya akan memicu pembengkakan kelenjar tiroid. Hipertiroidisme umumnya disebabkan oleh penyakit Graves. Sememtara hipotiroidisme dapat dipicu oleh kekurangan iodin atau penyakit hashimoto. Penyakit Hashimoto dabn Graves merupakan kondisi autoimun.
-Difisiensi iodin. Iodin dibutuhkan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroid. zat ini dapat ditemukan dalam ikan, tiram, rumput laut, sereal, biji-bijian, serta susu sapi. Karena kekurangan iodin, kinerja tiroid akan menurun dan mengalami pembengkakan.
-Merokok. Asap tembakau yang mengandung senyawa tiosianat dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam memanfaatkan iodin.

Pengobatan Penyakit Gondok
Diagnosis dari penyakit gondok biasanya ditegakkan berdasarkan dari gejala klinis yang muncul dan biasanya juga tidak membutuhkan pemeriksaan khusus seperti pemeriksaan lab. Kecuali jika memang gejala klinsi yang bermunculan sifatnya klasik untuk penyakit ini. Parotitis atau penyakit gondok sendiri adalah salah satu jenis penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya.

Pengobatan yang dilakukan biasanya bertujuan dalam membantu mengurangi terjadinya gejala misalnya dengan pemberian parasetamol untuk membantu menurunnkan rasa nyeri dan membantu menurunkan demam yang terjadi. Pengobatan dengan menggunakan obat antivirus hingga saat ini memang masih belum terbukti bisa bermanfaat, dan begitu juga dengan penggunaan obat immunodulator yang bisa bertujuan dalam membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Pemberian dari nutrisi serta cairan yang sifatnya adekuat akan membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Pada penderita penyakit gondok, biasanya masih bisa menjadi salah satu sumber penularan sampai sekitar 10-14 hari dan hal ini terjadi setelah gejala pembengkakan ditemukan. Sebaiknya dalam masa periode ini penderita jangan keluar rumah. Hal ini bertujuan dalam mencegah terjadinya proses penularan yang bisa dilakukan dengan membantu menjaga kebersihan, dimulai dengan mencuci tangan sampai bersih, mencuci bersih alat-alat makan atau juga dengan membersihkan mainan atau membersihkan benda lainnya yang sedang disentuh.

Beberapa Cara Mengobati Gondok Dengan Bahan Herbal Berkhasiat

Cara Mengobati Gondok Dengan Bahan Herbal Berkhasiat-Dengan menggunakan daun sirsak
Salah satu obat penyakit gondok tradisional adalah dengan menggunakan daun sirsak. Cara membuat ramuan dengan menggunakan daun sirsak untuk menyembuhkan gondok adalah dengan cara direbus sampai matang, yang sebelumnya daun sirsak tersebut sudah dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian saring dan minum air ramuan daun sirsak dengan rutin dan teratur, agar penyakit ini, dapat segera sembuh dengan cepat, yang pada dasarnya, penyakit ini, bisa bahaya, jika tidak langsung segera diatasi atau ditangani dengan penanganan atau tindakan yang tepat dan cepat.

-Dengan menggunakan belimbing wuluh
Salah satu obat penyakit gondok tradisional adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Cara membuat ramuan dengan menggunakan belimbing wuluh adalah dengan cara di parut atau ditumbuk yang dicampuri dengan bawang merah. Setelah itu, oleskan atau usapkan ramuan belimbing wuluh pada bagian gondok yang ada dibagian leher. Gunakanlah atau pakailah cara ini, dengan rutin dan teratur, agar penyakit ini dapat segera sembuh dengan cepat, yang pada dasarnya penyakit ini, bisa bahaya, jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

-Dengan menggunakan tanaman ciplukan
Salah satu Cara Mengobati Gondok Dengan Bahan Herbal Berkhasiat adalah dengan menggunakan tanaman ciplukan. Cara membuat ramuan dengan menggunakan tanaman ciplukan adalah dengan cara direbus sampai matang, yang sebelumnya tanaman tesebut sudah dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian saring dan minum air ramuannya dengan rutin dan teratur, yang sebelumnya sudah di dinginkan. Agar penyakit ini dapat segera sembuh dengan cepat, yang pada dasarnya, penyakit ini, bisa bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

SHARE TO :