SHARE TO :

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Penyebabnya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 4:43 pm tanggal September 20, 2015

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Penyebabnya | Saat mengalami gusi bengkak kita seringkali akan merasakan sakit yang cukup menyiksa di sekitar mulut terutama bagian daerah gusi yang sakit hingga kepala yang juga merasakan sakit. Sama halnya seperti sakit gigi, hal tersebut sangat menyiksa dan menganggu penderitanya.

Jika mengalami gusi bengkak atau meradang, hal tersebut biasanya juga menyebabkan atau memicu sakit gigi, hal tersebut karena kedua bagian ini menempel secara kokoh dan menjadi seperti satu kesatuan. Sehingga jika ada salah satu yang mengalami masalah, bagian lainnya dapat juga menjadi ikut bermasalah.

 

Penyebab Gusi Bengkak


Gusi bengkak dapat terjadi pada semua orang dan hal tersebut terjadi karena berbagai hal. Sebelum mengetahu cara mengobati gusi bengkak, akan lebih baik mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Penyebab gusi bengkak dari pandangan medis yang paling sering terjadi disebabkan oleh hal – hal berikut:

Iritasi atau radang gusi

Radang gusi atau gingivitis biasanya terjadi akibat tidak terjaganya kebersihan mulut.  Hal tersebut diakibatkan kurangnya perhatian dalam menjaga kebersihan pada gigi sehingga mengakibatkan plak pada gigi dan menjadi karang gigi. Hal tersebutlah yang akhirnya menyebabkan radang pada gusi dan dapat mengakibakan kerontokan atau lepasnya gigi dari gusi.

Kawat gigi dan gigi palsu

Kawat dan gigi palsu yang diipasangkan kebagian mulut dapat menjadi masalah jika terdapat penempatan yang tidak tepat. hal tersebut menyebabkan sisa makanan susah dibersihkan dan menempel pada bagian sela – sela gigi yang ahirnya dapat menyebabkan gusi bengkak.

Kekurangan nutrisi dan vitamin C

Kekurangan vitamin c dan nutrisi lainnya seperti asam folat dan zat besi dapat menyebabkan gusi bengkak pula. Hal tersebut karena kurangnya sistem imun dalam tubuh sehingga tubuh rentan mengalami sakit.

Kehamilan

Saat mengalami kehamilan seorang wanita akan sangat rentan mengalami gusi bengkak. Hal ini dikarenakan meningkatnya aliran darah pada gusi sehingga gusi rentan terinfeksi. Untuk mengobati sakit gigi atau gusi pada ibu hamil harusnya memperhatikan efek samping dari obat. Oleh karena itu disarankan menggunakan obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman.

Masalah lainnya

Gusi bengkak dapat disebabkan banyak hal lainnya yang umumnya mengakibatkan iritasi pada gusi, seperti mengkonsumsi alkohol, serangan bakteri, tumbuh gigi graham dan penyebab lainnya.

Baca juga: Obat sakit gigi alami paling ampuh\

cara mengobati gusi bengkak

Gusi Bengkak

Cara Mengobati gusi Bengkak


Pada umumnya gusi bengkak dapat sembuh secara perlahan jika mendapatkan perlakuan yang tepat. berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang dapat dilakukan untuk mengobati gusi bengkak dan meredakan rasa sakitnya dengan cepat dan aman.

  • Tips pertama yaitu kumuran dengan air hangat yang dicampur dengan garam yang bertujuan untuk membersihkan gusi dan gigi dari bakteri penyebab gusi bengkak
  • Cara mengobati gusi bengkak selanjutnya yaitu dengan minum air putih yang banyak dan membasahi rongga mulut dengan air putih untuk membantu merangsang produksi air liur yang bertujuan untuk membunuh bakteri di rongga mulut.
  • Hindari menggunakan obat umur dengan kandungan dan zat yang tidak jelas, karena biasanya dapat menyebabkan iritasi dan memperparah gusi yang bengkak
  • Hindari menghisap rokok, minum alkohol dan menggosok gigi dengan kasar, karena hal tersebut dapat menyebabkan iritasi dan memperparah proses penyembuhan gusi bengkak anda
  • Berikan pijatan lembut pada gusi yang bengkak dan kompres dengan kain yang dicelupkan pada air hangat untuk meredakan rasa sakit akibat gusi yang bengkak
  • Menggunakan obat pereda rasa sakit yang mengandung analgesik seperti ibuprofen, metampiron dan mefenamat.
  • Menggunakan antibiotik untuk membunuh bakteri dan obat anti radang untuk mengatasi radang atau gusi bengkak tersebut

Selain cara diatas anda juga dapat mengobati gusi bengkak dengan Obat sakit gigi alami. Karena biasanya kedua penyakit ini sangat sering timbul bersamaan. Demikian Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Penyebabnya, semoga bermanfaat.

SHARE TO :