SHARE TO :

Cara Mengobati Luka Bakar dan Bekasnya Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 2:51 am tanggal October 13, 2016

Cara Mengobati Luka Bakar dan Bekasnya Secara AlamiLuka bakar merupakan rusaknya pada kulit yang sering disebabkan oleh panas dan bisa sangat menyakitkan hingga mengakibatkan gejala seperti:

  • Kulit memerah
  • Kulit mengelupas
  • Luka melepuh
  • Kulit hangus
  • Pembengkakan

Luka bakar yang mempengaruhi kulit bagian luar atau luka bakar derajat I. Apabila cedera menembus pada lapisan kulit dalamnya, ini dinamakan luka bakar bagian II. Dan luka bakar terkena pada semua lapisan kulit termasuk ke dalam derajat III, seperti luka bakar yang meluas ke seluruhnya bagian lapisan kulit. Sedangkan luka bakar yang paling parah yaitu lapisan kulit derjat bagian IV. Seperti lukanya sampai ke jaringan yang lebih dalam, misalnya sampai pada otot dan tulang.

Penyebab Luka Bakar Yang Sering Terjadi

Cara Mengobati Luka Bakar dan Bekasnya Secara Alami

Luka bakar yaitu sejenis cedera pada kulit yang disebabkan oleh panas, listrik, bahan kimia, radiasi dan masih banyak yang lainnya.

  • Suhu panas. Biasanya disebabkan oleh api, uap, cairan, atau enda yang panas.
  • Listrik. Ini dapat disebabkan karena terkena arus listrik atau pun petir.
  • Sinar matahari. Kondisi ini disebabkan karena pajanan terhadap sinar matahari. Beberapa alat untuk menggelapkan warna kulit juga bisa mengakibatkan luka bakar.
  • Kimia. Biasanya disebabkan karena bersentuhan dengan bahan kimia rumah tangga maupun industri.
  • Radiasi. Peralatan seperti X-ray dan terapi radiasi untuk penderita kanker juga bisa mengakibatkan luka bakar pada kulit.

Selain mengakibatkan kerusakan pada lapisan kulit, penyebab-penyebab diatas juga dapat melukai bagian tubuh lainnya, seperti otot, pembuluh darah, saraf, paru-paru, dan mata.

Tingkat Keparahan

Bagi anda yang mengalami luka bakar ringan, pastikan untuk membersihkan daerah yang terkena luka bakar. Hindari memecahkan sendiri luka melepuh pada kulit. Hal ini dilakukan untuk menghindari infeksi terhadap luka, terlebih ketika anda memecahkan luka melepuh dengan benda yang tidak steril.

Tingat keparahan luka bakar seseorang sangat tergantung kepada:

  • Ketebalan lapisan kulit
  • Ukuran dan Lokasi luka bakar
  • Penyebab luka bakar
  • Usia dan faktor kesehatan penderita luka bakar

Terdapat beberapa luka yang harus langsung ditangani oleh UGD di rumah sakit, terutama luka bakar akibat bahan kimia dan listrik. Luka bakar yang besar dan dalam juga perlu ditangani secepatnya. Begitu juga dengan luka bakar pada sebagian lapisan kulit wajah, tangan, lengan, kaki, atau alat kelamin juga dianggap sebagai kondisi yang memerlukan penanganan medis. Terutama pada wanita hamil dan juga balita, luka bakar juga harus mendapatkan penanganan sesegera mungkin. Operasi plastik mungkin diperlukan apabila luka bakar yang terjadi terlalu parah.

Apabila anda menghirup asap ataupun uap kimia atau bersuhu panas, Anda juga perlu diperiksa secara medis. Menghirup uap panas atau gas dapat menyebabkan paru-paru terluka. Menghirup gas beracun seperti karbonmonoksida dapat mengakibatkan kondisi keracunan.

Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami

  1. Air Dingin
    Hal yang sangat direkomendasikan mengenai pengobatan dan pertolongan pertama terbaik pada luka bakar adalah dengan cara mengalirkan air dingin (antara 2 hingga 15 derajat C) selama 10-20 menit. Air dingin tidak hanya mengurangi peradangan dan memberikan sensasi dingin, tapi juga mencegah luka bakar menjadi lebih para. Semakin cepat anda membawa luka bakar dalam kontak dengan air dingin, maka akan lebih baik.
  2. Lidah Buaya
    Lidah buaya memiliki sifat menyejukkan dan sangat bagus untuk penyembuhan luka bakar. Yang harus anda lakukan adalah memotong beberapa daun dari tanaman lidah buaya kemudian gosokkan langsung pada area kulit yang terbakar. Penggunaan lidah buaya tidak hanya akan membantu anda untuk menghilangkan luka bakar, tetapi juga memberikan sensasi dingin yang akan mengurangi rasa sakit serta peradangan.
  3. Madu
    Madu bisa anda gunakan sebagai obat luka bakar yang efektif. Madu merupakan antibiotik alami, yang secara efektif mensterilkan luka dan membantu menyembuhkan luka bakar. Manfaat utama dari mengoleskan madu tidak hanya membantu mengobati luka bakar, tetapi juga menyediakan bantuan instan untuk meringankan rasa sakit karena luka bakar. Selain itu, juga bermanfaat mencegah timbulnya jaringan paru pada kulit setelah luka bakar sembuh.
  4. Kentang
    keberadaan kentang untuk mengobati luka bakar mungkin cukup asing bagi sebagian orang, tapi pada faktanya melakukan hal tersebut sangatlah efektif. Kentang mentah bisa membantu dalam penyembuhan kulit akibat luka bakar karena sifat anti-iritasi nya yang dapat mengurangi rasa sakit dan mencegah kulit melepuh. Potong beberapa iris kentang mentah dan gosok pada luka bakar dengan perlahan. Pastikan bahwa kentang mengeluarkan sarinya pada bagian kulit yang terbakar. Untuk hasil terbaik, gunakan obat luka bakar tradisional ini tepat setelah luka bakar terjadi.
  5. Cuka
    Sebuah barang rumah tangga yang paling banyak tersedia dan dapat berguna sebagai pertolongan pertama untuk penyembuhan luka bakar adalah cuka. Cuka putih mengandung asam asetat, komponen aspirin yang dapat membantu meringankan rasa sakit, gatal, dan radang pada luka bakar. Cuka adalah zat antiseptik yang baik yang mampu mencegah infeksi dan membantu untuk mengobati luka bakar ringan. Cuka juga mampu menarik panas dari luka bakar, membantu untuk mengurangi nyeri secara alami.
  6. Teh Celup
    Teh hitam mengandung asam tannic yang dapat menarik panas dari luka bakar untuk membantu menghilangkan rasa sakit. Cara untuk mengobati luka bakar dengan kantong teh yaitu cukup celupkan kantong teh ke dalam air panas untuk mengeluarkan sarinya kemudian pindahkan ke air dingin dan oleskan kantng teh pada bagian yang terbakar.
  7. Putih Telur
    Anda mungkin belum pernah menggunakan putih telur sebelumnya, namun sebenarnya putih telur adalah obat yang populer untuk luka bakar. Untuk menggunakan putih telur, pisahkan putih telur dari kuningnya kemudian basahi kulit yang terbakar dengan putih telur. Setelah merendam kulit terbakar dengan putih telur selama beberapa jam, anda tidak akan lagi merasakan rasa sakit akibat luka bakar.
  8. Baking Soda / Soda Kue
    Baking soda adalah agen antibakteri dan agen penyembuh yang bekerja dengan baik untuk luka ringan dan luka bakar. Penggunaan baking soda akan mengembalikan keseimbangan pH kulit, menghilangkan rasa sakit dan sensasi terbakar dengan sangat cepat. Untuk aplikasi, ambil baking soda secukupnya dan aduk dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta baking soda pada luka bakar dan biarkan hingga mengering. Ini juga merupakan perlindungan yang efektif terhadap kuman, dan mencegah mereka memasuki kulit yang terbakar.
  9. Tepung Terigu
    Tepung terigu adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif yang dapat membantu Anda untuk menyingkirkan luka bakar. Hal ini terutama karena tepung terigu membantu untuk menyerap kelembaban pada luka bakar. Tepung terigu bila diterapkan pada luka bakar juga membentuk pasta setelah beberapa waktu. Pasta dari tepung terigu membungkus luka dan mencegah masuknya udara sehingga mengurangi peradangan dan nyeri.
  10. Minyak Lavender
    Seorang ahli kimia Perancis menemukan kekuatan penyembuhan minyak lavender pada awal 1900-an. Ketika ia tidak sengaja membakar tangannya dengan sangat parah dalam sebuah kecelakaan laboratorium dan memasukkannya ke dalam tong minyak esensial lavender, minyak meredakan rasa sakit dan luka bakar pun sembuh dengan cepat.
  11. Susu
    Kandungan lemak dan protein dalam susu membantu meredakan luka bakar dan mempercepat penyembuhan. Rendam luka bakar kedalam susu selama 15 menit untuk mempercepat penyembuhan.
  12. Yogurt
    Yogurt juga bertindak efisien dalam mengobati luka bakar. Oleskan yogurt pada luka bakar dan biarkan selama sekitar 15 menit. Yogurt mendinginkan kulit dan memberikan bantuan untuk mengurangi rasa sakit pada luka bakar.

Demikianlah tadi beberapa pengobatan rumah sederhana yang sangat mudah dilakukan untuk mengobati luka bakar tanpa perlu membuat panik, bahan-bahan yang gampang ditemukan di rumah namun efektif sebagai obat luka bakar dan mengurangi peradangan serta rasa sakit yang ditimbulkan. Semoga bermanfaat.

SHARE TO :