SHARE TO :

Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami dan Cepat

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 1:05 am tanggal September 14, 2016

Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami dan Cepat – Penyakit Maag atau gastritis adalah penyakit yang terjadi pada gangguan lambung. Tingkatnya asam lambung dalam waktu yang lama akan berisiko. Penyebab Penyakit Maag terjadi pada radang lambung atau tukak lambung sehingga penderita akan mengalami rasa sakit pada lambung dan ulu hati yang biasanya disertai rasa mulas dan perih.

Adapun Penyebab dari Penyakit Maag adalah sebagai berikut:

1. Makanan Goreng
Sebagian besar makanan yang mengandung minyak sangat tinggi sekali lemak yang terkandung. Untuk itu, penyakit maag bisa saja muncul bagi seseorang yang sering mengkonsumsi gorengan.

2. Makan Tidak Teratur
jika anda selama ini makan selalu siang dan tanpa sarapan, atau juga sering makan 1 kali sehari atau menunggu waktunya lapar akan menyebabkan penyakit maag ini datang.

3. Kafein
Kafein seperti kita ketahui bisa menenangkan, tapi jika terlalu sering mengkonsumsi tanpa makan nasi, maka perut akan berbunyi seperti kelaparan.

4. Minuman Bersoda
Mengkonsumsi minuman bersoda memang sangat menyegarkan, apalagi jika sedang panas terik. Namun sangat disayangkan, minuman bersoda juga buruk untuk lambung. Kandungan asam dari minuman bersoda akan menjadi penyebab peningkatan asam lambung. Belum lagi pada efek karbonasi dari minuman bersoda yang menyebabkan adanya penimbunan gas dalam perut sehingga menjadi tidak nyaman.

5. Makanan Asam
Kebiasaan mengkonsumsi buah-buahan memang bagus. Namun sayangnya, buah-buahan yang memiliki rasa masam mudah sekali menyebabkan penyakit maag. Buah yang mengandung rasa masam akan mudah menambah keasaman pada lambung yang akan semakin meningkat. Selain buah yang masam, semangka dan jeruk yang rasanya manis pun dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung karena zat asam yang terkandung dalam buah tersebut.

6. Makanan yang berlemak
Makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi bisa menyebabkan peningkatan asam lambung dikarenakan kemampuan lemak yang mampu bertahan lama didalam pencernaan sehingga memicu produksi asam lambung yang berlebihan.

7. Cokelat
Cokelat adalah makanan atau minuman favorit banyak orang. Tapi kandungan kakao ataupun campuran kafein serta stimulan bisa memicu ekskresi berlebih asam lambung. Selain itu, kandungan lemak yang terdapat dalam cokelat bisa jadi mempengaruhi produksi asam pada lambung.

8. Makanan Mengandung Gas
Minuman bersoda  memang sudah jelas dapat menyebabkan peningkatan asam lambung. Ternyata, hal itu akan terjadi juga pada makanan yang mengandung gas seperti ubi jalar, singkong, jengkol, petai dan buah nangka. Makanan tersebut akan membuat perut menjadi kembung sehingga menyebabkan asam lambung semakin meningkat.

9. Kopi
Sebaiknya kurangi minuman kopi, pada tingkatan kopi dapat  memicu terjadinya peningkatan asam lambung. Selain mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan kadar asam lambung namun jika anda berlebihan dalam mengkonsumsinya bisa berdampak buruk susah tidur atau penyakit insomnia.

  • Selain dari makanan dan minuman di atas, ada beberapa lagi salah satunya penyebab maag. Diantaranya:
  •  Stress
  • Kelelahan
  • Kurang Tidur
  • Merokok

Penyakit Maag bisa datang pada saat penderita tidak tepat waktu makan. Beberapa obat maag bisa anda jadikan pereda maag, tapi inti dari obat ini adalah untuk menetralisir asam lambung sehingga tidak terjadi penumpukkan asam lambung pada dinding lambung.

  • Obat yang bisa jadi Cara Mengatasi Penyakit Maag adalah sebagai berikut:
  • Simetidin
  • Antasida
  • Proton pump inhibitor
  • Pankreatin
  • Ranitidin
  • Cytoprotective Agent

Gejala Sakit Maag

Untuk Penderita sakit maag, nyeri bisa saja langsung setelah makan. Sedangkan untuk penderita dimana hari karena gejalanya bisa kambuh. Merasakan nyeri seperti perih dan ngilu atau sensasi panas pada bagian perut selama beberapa menit atau bahkan jam merupakan gejala maag yang paling umum akan terjadi. Gejala tersebut akan terasa dari leher sampai ke daerah pusar bahkan punggung. Nyeri sakit maag berasal dari radang atau luka pada dinding dalam lambung yang terpapar zat asam.

Namun sering kali gejala khas dari sakit maag tidak terasa ketika kondisi tersebut sedang kambuh. Bahkan sakit maag kadang-kadang tidak menimbulkan nyeri sama sekali. Ini berarti, seorang penderita sakit maag bisa saja terkena komplikasi (misalnya pendarahan) tanpa merasakan nyeri pada sebelumnya.

Selain gejala umum di atas, ada juga gejala sakit maag yang lebih kurang umum. Di antaranya adalah mual, hilang nafsu makan, perut panas, dan gangguan pencernaan (beberapa penderita bahkan susah mencerna makanan berlemak).

Beberapa langkah Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami dan Cepat

Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami dan Cepat1. Dengan mengurangi kebiasaan merokok, karena rokok dapat meningkatkan refluks asam dan mengeringkan air liur. Padahal, air liur membantu melindungi esofagus (saluran yang menuju lambung) dari asam lambung.
2. Makan dalam jumlah tidak berlebihan. Ini akan mengurangi tekanan pada otot lingkar esofagus bawah. Usahakan untuk makan tepat waktu.
3. Biasakan duduk tegak setelah makan. Saat itu, sebagian besar makanan dalam lambung telah masuk ke dalam usus kecil sehingga tidak dapat mengalir kembali ke esofagus.
4. Cara Menyembuhkan Maag dengan membatasi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi karena lemak dapat memperlambat pengosongan lambung.
5. Luangkan waktu untuk berostirahat. Jika mengalsmi stress pencernaan akan berjalan lambat.

Bahan Alami yang dapat Mengobati Maag

Berikut adalah bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengobati penyakit maag. Bahan ini tidak sulit didapat, apabila anda tertarik, bahan ini juga mudah ditanam. Diantaranya:

1. Kunyit
Sudah sejak lama bahwa kunyit dikenal sebagai khasiat untuk kesehatan, salah satunya manfaat untuk mengobati sakit maag.

Cara pengolahannya mudah, pertama ambil beberapa ruas kunyit, kemudian cuci sampai bersih dan kupas kulit arinya. Parut kunyit yang telah bersih dan peras airnya, minumlah air perasan tersebut secara rutin tiap pagi dan sore hari.

Selain cara tersebut, untuk mengobati maag dengan kunyit yaitu dengan merebus kunyit yang telah dipotong-potong. Minum air rebusan kunyit setiap pagi dan sore hari.

Jika dilakukan secara rutin, cara ini efektif untuk meringankan sakit maag.

2. Pisang
Pisang yang rasanya enak ini ternyata juga dapat mengobati penyakit maag. Buah pisang memiliki sifat anti bakteri yang dapat menghambat tumbuhnya bakteri penyebab sakit maag.

Pisang juga dapat menurunkan kadar asam lambung sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita maag. Makanlah buah pisang yang sudah matang sekitar dua atau tiga buah setiap harinya untuk mengobati sakit maag yang anda derita.

3. Bawang Putih
Bawang memang memiliki aroma yang tidak sedap. Namun bawang putih merupakan bumbu masak yang mampu membuat masakan semakin lezat. Selain itu, termnyata bawang putih juga dapat mengobati maag secara alami.

Bawang putih memiliki beberapa kandungan yang mampu menjaga pencernaan. Cara penggunannya yaitu dengan memarut beberapa siung bawang putih kemudian dicampur dengan satu gelas air hangat untuk diminum.

4. Daun Jambu Biji
Cara menyembuhkan maag paling ampuh menggunakan daun jambu biji. Selain dapat digunakan untuk mengobati sakit perut dan sariawan, daun jambu biji juga berkhasiat dalam mengatasi sakit maag. Caranya, sediakan 8 lembar daun jambu biji yang masih segar, kemudian dicuci bersih. Rebus dengan 1,5 liter air bersih hingga mendidih. Setelah dingin, airnya disaring dan ramuan tersebut diminum secara rutin 3 kali sehari. Pagi, siang dan malam hari sebelum tidur.

5. Daun Salam
Cara menyembuhkan maag paling ampuh menggunakan daun salam . pada penggunaan daun salam biasanya digunakan untuk penyedap masakan seperti pindang gunung, pepes, tumis-tumisan dan masakan lainnya. Namun selain dijadikan bumbu masak, daun salam juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit maag. Caranya, rebus 15-20 lembar daun salam dengan setengah liter air hingga mendidih. Tambahkan gula batu secukupnya supaya rasanya sedikit enak. Minum setiap hari sampai rasa penuh dan perih di lambung hilang.

Agar sakit maag yang diderita cepat sembuh, sebaiknya lakukan cara ini secara rutin.

Itulah beberapa tips cara mengobati sakit maag. semoga bermanfaat, khususnya untuk anda yang sedang menderita penyakit maag. Bila obat diatas tidak ada efeknya pada Penyakit Maag anda, silahkan anda kunjungi dokter untuk mengetahui masalah maag anda lebih jelasnya, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Maag sudah kami bahas diatas, dan perlu diketahui bahwa maag tidak dapat sembuh total. Jadi, hindarilah masalah-masalah yang dapat mengakibatkan penyakit maag datang.

SHARE TO :