SHARE TO :

Cara Mengobati Mata Merah Dengan Bahan Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 5:15 pm tanggal October 16, 2015

Mata merah bukanlah penyakit yang jarang ditemui, penyakit ini terjadi karena pembuluh darah pada mata yang membengkak atau sering disebut dengan iritasi. Mata merupakan indera penglihatan kita yang sangat penting untuk melihat atau memandang suatu benda. Jika mata kita mengalami gangguan pasti akan kegiatan atau kinerja setiap harinya juga akan terhambat, selain itu mata merah yang sering terjadi pada mata kita juga dapat merusak penampilan kita.

Biasanya mata merah disebabkan karena ada benda yang masuk misal debu, sehingga menggugah naluri kita untuk mengosok-gosoknya. Sebenarnya ini adalah kesalahan apabila kita menggosok-gosok mata kita saat terkena debu, karena hal itu bukanlah cara menyembuhkannya tetapi justru membuat mata kita bertambah merah. Lalu bagaimana cara mengobati mata merah yang benar.

Ada banyak cara untuk mengatasi mata merah, namun sebelum membahas itu kita ketahui terlebih dahulu macam mata merah berdasarkan penyebabnya. Penyebab yang sering dialami dan membuat mata merah karena pembuluh darah pada mata yang meradang adalah karena disebabkan oleh iritasi. Iritasi ini disebabkan oleh beberapa hal seperti udara yang panas atau kering, terkena debu, influenza, terpapar sinar matahari, reaksi alergi, batuk, bahkan bakteri dan virus.

 cara mengobati mata merah

Mata Merah

Tetapi ada penyebab mata merah yang lebih serius yaitu karena infeksi. Infeksi ini bisa terjadi karena adanya perbedaan struktur pada mata dari biasanya sehingga menimbulkan gejala tambahan seperti nyeri, perubahan visi, atau discharge. Sebenarnya mata merah merupakan penyakit mata yang dapat dikatakan penyakit ringan, namun dapat berubah menjadi serius apabila memerlukan penanganan medis. Ada beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk mengobati mata merah, yang pertama berhenti menggosok mata gatal anda, karena dengan menggosok justru akan menyebabkan peradangan.

Kedua biasakan untuk selalu mencuci mata anda dengan air bersih setelah dari luar. Ketiga adalah dengan meletakan irisan timun pada mata anda yang terasa gatal. Dengan mentimun dingin, akan membuat mata anda lebih rileks. Selain menggunakan mentimun anda juga dapat menggunakan irisan kentang dingin untuk membuat mata anda rileks. Tips mengobati mata merah lainnya adalah dengan menghindarkan mata dari melihat atau mantengin komputer yang berlebihan. Kemudian membatasi penggunaan kontak lensa, karena sering menggunakan kontak lensa akan membuat retina menjadi kering.

Cara Mengobati Mata Merah Secara Alami

Dari beberapa tips di atas ada yang menggunakan bahan alami untuk mengobati mata merah. Namun selain bahan-bahan di atas ada bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mengobati mata merah. Yang pertama dengan daun sirih, caranya dengan merebus daun sirih, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk mengkompres mata. Yang kedua dengan menggunakan air mawar, caranya mudah saja taburkan bunga mawar pada ember yang berisi air. Gunakan air mawar tersebut untuk mencuci mata anda, maka mata anda terasa segar kembali. Untuk lebih lengkap mengenai obat untuk mengatasi mata merah silahkan lihat Obat sakit mata paling ampuh

Demikian tadi beberapa cara mengobati mata merah terutama menggunakan bahan alami.

SHARE TO :