SHARE TO :

Cara Mengobati Pilek Pada Anak Dan Orang Dewasa

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 5:34 pm tanggal October 17, 2015

Pilek dapat terjadi karena adanya infeksi virus pada saluran pernafasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penyakit ini membuat pernapasan di hidung kita terganggu dan tidak bekerja sesuai dengan maksimal sebagai alat pernapasan. Meskipun penyakit flu ini bukanlah penyakit yang mematikan, namun penyakit ini dapat dengan mudah menular ke orang lain. Ada berbagai cara yang bisa dilalui untuk menularkan penyakit ini, seperti melalui berbagi minuman, berbagi alat makan, kontak langsung dengan penderita pilek, bahkan melalui udara pun juga bisa apabila si penderita batuk dan bersin. Oleh karena itu anda harus lebih berhati-hati supaya tidak dengan mudah terserang flu atau pilek ini. lalu bagaimana cara mengobati pilek ini dengan cepat sebelum menularkan ke orang lain karena penyakit ini mudah menular.

Penyakit flu ini tidak pilih usia untuk menyerangnya, anak-anak maupun orang dewasa bisa saja terserang pilek. Penyakit ini disebabkan oleh virus RNA yang merupakan virus dari keluarga orthomyxoviridae atau virus influenza. Gejala yang biasanya terlihat jika anda terserang pilek ini adalah badan anda terasa menggigil, nyeri tenggorokan atau radang tenggorokan, demam, nyeri otot, batuk-batuk, sakit kepala seperti ada benda berat yang menopang, lelah, dan rasa tidak nyaman pada seluruh tubuh. Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut segeralah anda mencari obat untuk meredakan flu tersebut karena semua rasa ketidaknyamanan karena pilek tersebut dapat merusak suasana hati dan menghambat kerja anda.

Lihat juga Cara mengobari batuk

cara mengobati pilek

Pilek atau Flu

Cara Mengobati Pilek Untuk Semua Umur

Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengurangi rasa sakit yang di akibatkan pilek.

  1. memperbanyak minum air putih, usahakan minum air putih 8 liter setiap harinya, karena hal tersebut membantu menjaga tenggorokan anda bersih dari kuman dan bakteri. Sehingga virus pilekpun tidak akan bisa menyentuh anda jika anda rajin meminum air putih, selain itu air putih juga baik untuk kesehatan anda.
  2. Mengkonsumsi minuman hangat, dengan minuman hangat akan membantu anda supaya hidung anda tidak mampet lagi karena flu dan melegakan tenggorokan.
  3. Cara mengobati flu selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi minuman yang dibuat dari bahan rempah-rempah yang bisa menghangatkan tubuh. Dengan cara mencampurkan semua bahan rempah yang memberi rasa hangat seperti jahe, kencur, sereh, dan kemangi, kemudian rebus dengan air secukupnya. Jika sudah minumlah hasil rebusan cari beberapa rempah tersebut, hal tersebut akan mengurangi pilek anda.

Selain cara di atas anda dapat mengatasi pilek anda dengan mengkonsumsi campuran madu dan jahe. Caranya anda bersihkan 2 ruas jahe kemudian parut hingga halus, setelah itu campurkan dengan madu. Lalu makanlah 3 kali dalam sehari layaknya minum obat. Nah, itu tadi beberapa cara mengobati pilek yang dapat anda lakukan sebelum pilek anda bertambah parah. Semua bahan-bahan yang digunakan untuk mengobati pilek di atas adalah dengan menggunakan bahan alami.

SHARE TO :