SHARE TO :

Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Cepat

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 5:07 pm tanggal October 20, 2015

Radang tenggorokan umumnya terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dan manis, sering berteriak, berbicara, dan bernyanyi yang berlebihan tanpa mengenal waktu. hal ini menyebabkan terjadinya peradangan pada pita suara. Jika anda mengalami radang tenggorokan, anda cukup mencari solusi dan cara mengobati radang tenggorokan secara tepat dan sederhana, serta menggunakan bahan-bahan alami.

Radang tenggorokan juga disebabkan oleh bakteri streptococcus yang menyerang penderita batuk atau pilek, yang menular melalui udara. Selain itu, radang tenggorokan juga diakibatkan oleh polusi udara, alergi, dan penyakit lainnya seperti flu dan sesak napas.

Penderita radang tenggorokan biasanya mengalami gejala-gejala radang tenggorokan, seperti rasa sakit pada tenggorokan, kesulitan menelan makanan, serta terjadi pembengkakan pada amandel dan kelenjar getah bening leher yang selanjutnya disertai demam, sakit kepala, dan badan terasa sakit dan lelah. Lihat juga Gejala dan cara mengobati batuk berdahak

cara mengobati radang tenggorokan

Radang Tenggorokan

Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Cara Alami

Saat anda mengalami radang tenggorokan, jangan terlalu cepat ke dokter atau mengkonsumsi obat generik. Anda dapat mengobati radang tenggorokan dengan cara alami, yaitu konsumsi air jahe hangat, karena jahe bersifat ekspektorat membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari pernapasan, jahe juga dapat meningkatkan oksigen ke sel-sel yang mempercepat proses penyembuhan.

Konsumsi air perasan lemon dan madu, lemon akan membantu mengencerkan lendir. Minum teh hangat, dan terakhir makan bawang putih, kandungan allicin yang terdapat pada bawang putih dapat membunuh bakteri penyebab radang dan melawan kuman penyebab rasa sakit dan iritasi. Pilih salah satu bahan yang anda sukai dan konsumsi secara teratur.

cara mengobati radang tenggorokan

Radang Tenggorokan

Selain mengobati radang tenggorokan, lakukan pencegahan terhadap gejala-gelaja radang yang sedang dialami. Anda dapat mencegah gejala radang tenggorokan dengan cara menghindari rokok/asap rokok dan lingkungan yang penuh asap, konsumsi permen pereda radang, hindari makanan atau minuman yang terlalu panas, kumur-kumur dengan air garam yang hangat, dan banyak-banyaklah mengkonsumsi air putih.

Lihat juga Obat sakit atau radang tenggorokan untuk tips yang lebih banyak

Lakukan pencegahan lainnya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik bagi tubuh, rajin berolahraga, kurangi pembicaraan yang tidak penting serta istirahatkan mulut dan tenggorokan anda dari berbicara dan bernyanyi yang berlebihan. Selain itu, hindari berkomunikasi dengan orang-orang yang sedang mengalami sakit batuk dan flu untuk mencegah penularannya.

Jika radang tenggorokan yang anda alami tak kunjung membaik meskipun telah menerapkan cara mengobati radang tenggorokan secara alami ini, disarankan anda untuk segera menghubungi dokter untuk mendapat perawatan intensif.

SHARE TO :