SHARE TO :

Cara Mengobati Sakit Kepala Migrain Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:09 am tanggal October 7, 2016

Cara Mengobati Sakit Kepala Migrain Secara Alami – Sakit kepala bisa saja kita alami dalam aktivitas kita sehari-hari, dalam berbagai aktifitas, baik itu bekerja, atau untuk anak-anak yang sekolah, mahasiswa yang kuliah, pekerja pabrik, dll.

Bahkan ketika kita tidak melakukan aktivitas berat atau sedang santai-santai juga bisa terserang oleh sakit kepala.

Sakit kepala memang memberatkan, membuat seluruh tubuh menjadi terasa sakit, dan tentunya kita menjadi tidak nyaman. Sakit kepala yang sangat menyakitkan, yaitu jenis Migrain.

Sakit Kepala Migrain

Cara Mengobati Sakit Kepala Migrain Secara Alami

Migrain merupakan sakit kepala yang hanya terasa pada bagian kepala sebelah saja, dan penyakit ini sebenarnya termasuk sakit kepala yang cukup parah.

Penyakit migrain seringkali disertai dengan rasa mual dan muntah, dan penderita migrain akan merasa tidak kuat apabila ada suara yang berisik dan cahay yang terang.

Penyakit migrain biasanya akan didahului dengan fase / gejala awal, seperti melihat kilatan cahaya, kemudian juga dapat kehilangan penglihatan yang hanya sementara (beberapa detik saja), selain itu juga dapat mengalami mati rasa pada wajah atau lengan.

Penderita migrain juga akan mengalami perubahan suasana hati (mood), kemudian mengalami rasa lapar, dan juga mengalami untuk menginginkan makanan tertentu (mengidam).

Penyebab Sakit Kepala Migrain

Penyebab dari penyakit migrain tidak dapat dipastikan sebenarnya tetapi diduga karena terjadi perubahan ukuran pembuluh darah, dan juga masalah pada kadar bahan neurotransmitter sebagai pembawa pesan kimiawi pada otak.

Hal yang memicu terjadinya Migrain

Beberapa penyebab yang menjadi pemicu terjadinya migrain adalah ketika seseorang mengalami kelelahan yang sangat berat, stress, dehidrasi atau kekurangan minum, terlambat makan, dan minuman (berlebihan) seperti keju, cokelat, kopi, teh, alkohol dan sebagainya.

Nah, untuk mencegah migrain, maka dapat dilakukan dengan menghindari diri dari rasa stress, selain itu juga dipenuhi kebutuhan makan dan minum dengan baik. Penyebab terkena Migrain juga kemungkinan ada keterkaitan dengan faktor genetika.

Wanita lebih rentan terkena migrain dibandingkan pria.

Menurut sebuah studi, diperkirakan bahwa migrain diderita oleh 25% wanita dan hanya 10% pria di seluruh dunia.

Setiap 1 orang pria, maka 3 orang wanita terserang migrain. Rasio 1:3 ini memunculkan pertanyaan mengapa wanita lebih banyak menderita sakit kepala sebelah dibandingkan pria?

The University of California, Los Angeles (UCLA) menegaskan bahwa wanita memiliki pemicu migrain yang lebih cepat (dibanding pria), yang mengaktifkan aktivitas gelombang otak yang mendasari terjadinya migrain.

Seorang dokter yang mengepalai program penelitian dan perawatan sakit kepala di UCLA, Dr. Andrew Charles, meneliti fenomena kortikal yang menyebabkan depresi (CSD), hal memicu utama migrain.

Pada percobaan yang dilakukan pada tikus jantan dan betina, diketahui hasil penelitian bahwa wanita memiliki ambang batas CSD yang jauh lebih rendah dibandingkan pria. Dengan kata lain, itu menandakan resiko membangkitnya gelombang otak (yang menyebabkan migrain) lebih besar pada wanita.

Pada wanita juga sering mengalami migrain pada masa-masa menstruasi. Banyak literatur menjelaskan bahwa fluktuasi hormon, seperti menurunnya hormon estrogen, menyebabkan migrain pada wanita.

Dokter Charles juga menguji CSD pada percobaan hewan lainnya, juga menemukan hasil bahwa ambang batas CSD pada pria dan wanita memang berbeda.

Hasil dari penelitiannya menunjukkan bahwa organ otak wanita memiliki rangsangan yang berakibat lebih mudah terserang migrain.

Cara Mengobati Sakit Kepala Migrain

1. Tidur
Ketika kita mengalami sakit kepala, baik itu saat migrain ataupun tidak, maka sangat disarankan untuk beristirahat, sehingga tubuh ataupun pikiran akan kembali fresh nantinya dengan diistirahatkan.

Tidur juga sebenarnya dapat bermanfaat untuk mengurangi bahkan menghilangkan sakit kepala.

Sehingga sangat disarankan untuk tidur dengan posisi yang benar, yaitu tidak dalam posisi yang membuat leher tegang, usahakan dalam posisi rileks.

Selain itu juga sangat baik untuk tidur dalam keadaan gelap, untuk itu matikan lampu saat tidur.

2. Minum Air Putih
Adapaun air merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sakit kepala atau migrain dapat terjadi pada saat tubuh kekurangan air.

Untuk itu, konsumsi air putih untuk mengurangi sakit kepala migrain. Selain itu, juga tubuh secara umum menjadi segar dan fit.

3. Minum Teh Jahe Hangat
Selain rasanya nikmat, teh jahe juga dapat memberikan ketenangan dan menghangatkan tubuh, minum teh jahe hangat mampu untuk menyembuhkan migrain.

Minuman hangat membantu proses melancarkan darah tubuh, selain itu zat anti inflamasi yang terdapat di dalamnya berfungsi untuk melawan senyawa yang menimbulkan migrain.

Anda juga dapat memasukkan madu atau susu ke dalam minuman jahe hangat sesuai dengan selera.

4. Minuman Kafein
Kandungan kafein juga memiliki fungsi untuk mengurangi rasa sakit migrain. Anda dapat dengan ‘secukupnya’ mengonsumsi minuman kafein, tetapi jangan terlalu banyak, karena jika terlalu banyak mengklonsumsi minuman berkafein berakibat memperparah kondisi penyakit migrain yang diderita.

5. Melakukan Hidroterapi
Hidroterapi merupakan teknik menggunakan media air. Dimana rendam kaki air dingin, lalu gunakan kain hangat untuk mengompres daerah leher.

Manfaat dari melakukan ini adalah untuk meningkatkan aliran darah dari kepala menuju kaki, dimana itu dapat terjadi karena suhu pada kaki lebih rendah dibandingkan suhu pada kepala.

Apabila denagn menggunakan cara-cara diatas tidak kunjung sembuh, segera pergi ke dokter untuk diperiksa.

SHARE TO :