SHARE TO :

Cara Mengobati Sakit Mata Merah dan Bengkak

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:42 pm tanggal September 18, 2015

Apakah anda mengalami beberapa masalah pada mata sehingga berusaha mencari cara mengobati sakit mata. Masalah sakit mata akhir – akhir merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita orang. Terutama disebabkan kualitas udara yang kotor yang menyebabkan kuman masuk ke mata.

Sakit mata sendiri sebenarnya  tidak selalu disebabkan debu atau udara yang kotor. Dengan kata lain sakit mata terdapat berbagai macam yang disebabkan oleh berbagai hal. Dan cara pengobatan untuk setiap sakit mata itu pun sedikit berbeda.

Sakit mata biasanya ditandai dengan mata merah, bengkak serta berair. Biasanya orang yang mengalami sakit pada mata akan mengalami ketiga atau salh satu dari ciri tersebut. Berikut ini adalah berbagai penyebab sakit mata dan cara cepat mengobatinya.

Cara Mengobati Sakit Mata berdasarkan Penyebabnya

cara mengobati sakit mata

Sakit Mata

Cara mengobati sakit mata akibat bakteri atau virus

Sakit mata karena bakteri atau virus ini sesuai namanya yaitu disebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk ke mata. Sakit mata ini merupakan jenis sakit mata yang biasanya menular. Jika disebabkan virus biasanya mata anda akan mengeluarkan cairan bening yang encer dan jika disebabkan bakteri biasanya cairan yang dikeluarkan kental dan kekuningan atau biasa dikenal dengan belekan.

Cara mengatasinya sebenarnya tidak perlu perlakuan yang sangat khusus karena pada umumnya sakit mata ini akan sembuh paling lama dalam dua atau tiga minggu. Akan tetapi untuk beberapa kasus tertentu pengobatan yang tepat dan cepat perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada mata. Pengobatan awal dapat dilakukan dengan menggunakan obat tetes atau salep anti biotik. Jika disebabkan virus herpes simplex anda bisa mengunakan obat antivirus dari dokter.

(baca juga: Solusi obat sakit kepala sebelah atau migren)

Cara mengobati sakit mata akibat alergi

Alergi pada debu, bulu hewan atau serbuk dari tumbuhan juga sering menjadi penyebab sakit mata pada beberapa orang.  Sakit mata jenis ini tidak bersifat menular, akan tetapi biasanya terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Ciri – ciri sakit mata yang diakibatkan alergi biasanya adalah rasa gatal pada mata.

Cara mengobati sakit mata akibat alergi yang paling tepat yaitu anda harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui alergi anda dengan pasti jika sebelumnya belum pernah dikonsultasikan. Sebenarnya mengobati sakit mata ini bisa menggunakan obat tetes biasa untuk mengatasi rasa gatal yang disebabkannya.

Cara mengobati sakit mata akibat iritasi

Sakit mata akibat iritasi biasanya adalah sakit mata yang paling sering terjadi. Hal ini dapat disebabkan oleh kuman yang masuk kemata atau tindakan mengucek mata yang menyebabkan mata anda luka atau iritasi. Sakit mata ini biasanya dapat sembuh dalam waktu yang relatif cepat atau dalam hitungan jam atau hari saja. Cara mengobatinya dengan cepat yaitu dengan obat tetes mata yang khusus untuk mata iritasi.

Cara Mengobati Sakit Mata secara Alami

Cara mengobati sakit mata juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan – bahan alami yang diracik khusus untuk mengatasi sakit pada mata. Beberapa bahan yang dapat digunakan adalah air mawar, irisan timun, daun sirih dan bahan – bahan lainnya. untuk informasi lebih lengkap silahkan lihat Obat Sakit Mata paling Ampuh yang telah saya tulis.

Seperti yang sering dikatakan banyak orang, pencegahan merupakan langkah yang lebih baik daripada mengobati. Sehingga usahakan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mata anda agar terhindar dari berbagai sakit mata. Akhir kata semoga Cara Mengobati Sakit Mata Merah dan Bengkak ini dapat bermanfaat.

SHARE TO :