SHARE TO :

Cara Mengobati Sinusitis tanpa Operasi

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:15 am tanggal October 22, 2015

Sebelum kita membahas mengenai cara mengobati sinusitis, alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan penyakit sinusitis. Kata sinusitis tersusun dari dua kata yang berbeda, yaitu kata sinus dan kata itis.

Kata sinus memiliki arti rongga, sinus merupakan rongga kosong yang terletak di dalam tulang tengkorak manusia. Sinus ini memiliki fungsi sebagai pengalir lendir ke rongga hidung. Sedangkan, kata itis yang berarti radang. Dari pengertian tersebut dapat kita simpulkan, bahwa penyakit sinusitis adalah suatu gejala penyakit yang menyerang rongga hidung dikarenakan adanya peradangan.

Penyebab umum sinusistis

Penyebab penyakit sinusitis ini beragam. Secara umum penyakit sinusitis ini disebabkan oleh adanya virus yang dapat menyebabkan pembengkakan pada jaringan hidung, selain virus penyakit sinusitis juga dapat disebabkan karena alergi, adanya bakteri, polip (daging yang tumbuh pada hidung atau jaringan hidung), jamur, berenang atau menyelam, dan juga akibat kebiasaan merokok.

Orang yang menderita penyakit sinusitis ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala. Gejala-gejala penyakit sinusitis ini diantaranya adalah: untuk gejala awal biasanya ditandai dengan ingus yang berwarna kuning maupun hijau, sakit pada dahi dan wajah, hidung yang tersumbat, sakit kepala, batuk yang terus-menerus, sakit pada tenggorokan, dan sebagainya.

Lihat juga Cara mengobati flu

Cara Mengobati Sinusitis dengan Bahan alami

Nah, bagi anda yang sudah terindikasi mengalami penyakit sinusitis sebaiknya segeralah memeriksakannya ke dokter. Akan tetapi, ada pula beberapa obat-obatan alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit sinusitis tersebut. Beberapa bahan alami tersebut diantaranya adalah air garam, minyak kayu putih, dan cuka sari apel.

cara mengobati sinusitis

Sinusitis

  1. Air garam

Salah satu bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengobati penyakit sinusitis adalah dengan air garam. Gunakanlah air bercampur garam tersebut ketika anda hendak mencuci hidung. Selain menggunakan air garam untuk mencuci hidung, gunakan pula air garam ini untuk berkumur.

Ketika anda hendak berkumur dengan air garam tersebut, berkumurlah dengan air yang hangat. Mencuci hidung dan berkumur dengan air garam ini bertujuan untuk mengeluarkan lendir dan bakteri yang terdapat pada hidung, hal tersebut juga akan menjaga saluran hidung anda tetap terbuka.

  1. Minyak kayu putih

Bahan alami untuk meredakan penyakit sinusitis yang selanjutnya adalah dengan minyak kayu putih. Kayu putih memiliki senyawa zat cineole yang berguna untuk meredakan infeksi sinus.

Ada beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk menggunakan kayu putih tersebut, salah satunya adalah dengan meneteskan beberapa tetes kayu putih di sekitar bagian yang dekat dengan hidung, seperti pada bagian dahi, pelipis, maupun pipi.

  1. Cuka sari apel

Bahan alami yang terakhir adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Pertama, siapkan satu sampai dua sendok teh cuka mentah, sari apel, dan juga satu sendok teh madu.

Campurkan 1-2 sendok cuka ke dalam segelas air, kemudian masukkan sari apel secukupnya, dan yang terakhir campurkan 1 sendok teh madu untuk pemanis. Anda bisa menggunakan ramuan cuka apel ini 3 kali sehari. Baca juga Obat sakit tenggorokan alami

Demikianlah berbagai cara mengobati sinusitis dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dapat anda praktekkan.

SHARE TO :