SHARE TO :

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 3:58 am tanggal February 10, 2017

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah SakitSecara Menyeluruh, daya tahan tubuh (sistem imun) berperan sangat penting dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme. Tetapi ada kalanya sistem perahanan itu gagal microba berhasil masuk menembus pertahanan tubuh dan menbuat kita menjadi sakit.

Daya tahan tubuh merupakan sebuah sistem “bukan proses tunggal” yang dipengaruhi oleh banyak faktor agar dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga dapat menghindari penyebab yang membahayakan sistem kekebalan tubuh.

Cara Meningkatkak Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Cara meningkatkan daya tahan tubuh sebenarnya merupakan hal yang mudah. Asalkan Anda dapat disiplin terhadap diri sendiri dan ditambah dengan mengkonsumsi beragam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Barikut cara-cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan mudah secara alami, diantaranya:

  • Banyak Minum Air
    Tubuh kita terdiri atas 70% air sehingga jika kita kekurangan cairan maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Dengan banyak minum air, akan membantu tubuh untuk membuang toxin atau racun yang ada di dalam tubuh. Kekurangan air hingga dehidrasi juga dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, migrain, dan cepat stres.
  • Mengkonsumsi Buah dan Sayuran Segar
    Makanan paling baik untuk menyehatkan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh adalah buah dan sayur segar. Selalu sediakan makanan ini setiap hari agar daya tahan tubuh kuat. Buah dan sayuran mengandung antioksidan yang penting guna melindungi tubuh terhadap penyakit.
  • Mengkonsumsi Lemon
    Banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam lemon, salah satunya kandungan vitamin C yang dapat membantu tubuh melawan berbagai macam bakteri berbahaya dan virus. Dengan sering mengkonsumsi lemon maka daya tahan tubuh kita akan semakin kuat dan juga akan mempercepat penyembuhan penyakit. Manfaat lain dari lemon adalah sebagai detoksifikasi alami.
  • Mengkonsumsi Bawang Putih
    Bawang putih sangat ampuh untuk menyembuhkan flu dengan cepat. Bawang putih mengandung sejumlah antioksidan yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh yang dengan cepat membunuh virus penyebab flu. Bawang putih juga mengandung allicin yang berperan dalam membuntuh virus dan bakteri jahat serta sangat berguna untuk merangsang produksi sel darah putih yang bertugas untuk melawan kuman penyakit.
  • Konsumsi Coklat
    Semua orang pasti menyukai coklat, selain dapat menenangkan pikiran ternyata coklat merupakan makanan penambah kekebalan tubuh karena coklat adalah antioksidan konsentrat. Asalkan jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya, coklat berguna untuk meningkatkan sistem imunitas. Coklat dapat mengurangi risiko sakit jantung, menjaga tingkat kolesterol dan memperbaiki pembuluh darah yang rusak.

Baca Juga : Cara Menambah Berat Badan Dengan Alami Tanpa Obat

  • Mengkonsumsi Bayam
    Bayam mengandung folat yang tinggi sehingga dapat mencegah kerusakan DNA serta pembuluh darah sehingga kekebalan tubuh juga tetap terjaga. Bayam juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti serat, antioksidan, vitamin C dan masih banyak lagi.
  • Mengkonsumsi Brokoli
    Brokoli mengandung zat tang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Zat kimia yang terkandung di dalam brokoli membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Brokoli juga mengandung bergagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin C dan glutathione yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel.
  • Mengkonsumsi Ikan
    Ikan mengandung banyak kandungan omega-3 serta asam lemak yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menjaga kebugaran. Tak hanya itu, kandungan ikan juga berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh infeksi.
  • Mengkonsumsi Jahe
    Jahe sudak umum digunakan dalam obat tradisional yang dapat menghangatkan tubuh selain juga berguna untuk sistem kekebalan tubuh serta mentralkan racun dalam tubuh.
  • Mengkonsumsi Madu
    Madu memiliki sangat banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain berguna sebagai antioksidan, madu juga berfungsi sebagai antiseptik. Madu sangat berguna sebagai peningkat daya tahan tubuh dan juga bermanfaat dalam mengatasi alergi, asma dan menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

  • Mengkonsumsi Jamur
    Jamur yang biasa dikonsumsi adalah jamur tiram, jamur ini mempunyai warna putih bersih. Jamur merupakan makanan yang kaya akan kandungan vitamin D. Peningkatan jumlah vitamin D dalm tubuh dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kanker prostat. kandungan kalium dalam jamur juga menyehatkan jantung dan mengurangi tekanan darah. Jamur juga berperan sebagai anti bakteri dalam tubuh dan juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan membantu tubuh meningkatkan kadar vitamin B-kompleks, vitamin A dan vitamin C.
  • Mengkonsumsi Kacang Tanah
    Kacang tanah mampu menghancurkan radikal bebas dalam tubh karena mengandung antioksidan. kacang mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan seperti omega-3, vitami E dan zinc. Kacang dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis. Kacang tanah juga mengandung protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan fosfor, vitaminA dan vitaminK, lesitin, kolin dan kalsium yang sangat berguna untuk tubuh.
  • Mengkonsumsi Yogurt
    Yogurt berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan kanker dan infeksi. Probiotik atau bakteri baik yang terkandung dalam yogurt bermanfaat untuk menjaga usus dan saluran usus besar dari kuman penyebab penyakit.
  • Menghirup Udara Terbuka
    Udara yang terbuka memeliki banyak pasokan oksigen yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Udara yang terbuka juga dapat menenagkan pikiran.
  • Tidur Dengan Cukup
    Seseorang yang kurang tidur akan cenderung lebih mudah emosi dan secara fisikpun akan lebih rentan tertular penyakit. Saat tertidur hormon kortisol akan keluar dan dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Baca Juga : Tips Atasi Keluhan Sakit Pinggang Dengan Mudah dan Tepat

  • Berolahraga
    Berolahraga akan membuat metabolisme dalam tubuh menjadi tinggi, saat keringat bercucuran maka akan banyak racun yang keluar. Selain itu, olahraga juga akan membuat tubuh segar dan bugar. Melakuakn olehraga secara secara rutin dan teratur dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Hindari Stres
    Stres dapat merusak sistem kekebalan tubuh alami yang dirancang untuk melindungi diri dari berbagai macam penyakit. Untuk dapat menghindari stres Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyehatkan seperti berolahraga ringan.

Diatas merupakan cara-cara yang mudah untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami, Mengkonsumsi makan yang sehat, rutin berolahraga dan menghindari stres merupakan kunci agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Demikian artikel mengenai Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

SHARE TO :