SHARE TO :

Cara Menumbuhkan Rambut Botak Secara Alami Dan Cepat

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:33 am tanggal September 23, 2016

Cara Menumbuhkan Rambut Botak Secara Alami Dan Cepat – Memiliki rambut yang sehat dan indah adalah hal yang diidamkan semua orang baik wanita maupun pria, karena rambut merupakan mahkota bagi manusia. Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda dan perawatan yang berbeda juga untuk menjaganya. Meskipun kebanyakan penderita kebotakan adalah kaum pria. Tetapi tidak menutup kemungkinan wanita juga merasakan hal yang sama.

Botak adalah seseorang yang tidak memiliki rambut lagi dikepalanya. Seringkali dalam bahasa indonesia, kata “botak” dibedakan dengan kata “gundul”. Seseorang yang gundul, rambutnya biasanya dipangkas secara sengaja, sedangkan yang rambutnya botak tidak. Terdapat juga istilah plontos untuk menggambarkan kondisi dimana seseorang tidak memiliki rambut sama sekali di kepalanya.

rambut botak

Banyak orang sering mengalami masalah rambut seperti rontok, bercabang, ketombe, dan masih banyak lagi. Umumnya rambut rontok memang kerap terjadi pada setiap orang dan mungkin itu memang hal yang wajar.

Hampir semua orang menganggap rambut merupakan hal penting dalam penampilan. Karena itu, kerontokan dan kebotakan bisa menjadi mimpi buruk bagi mereka yang mengalaminya. Perawatan rambut botak sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini.

Ada beberapa penyebab terjadinya kerontokan dan kebotakan rambut pada pria, yaitu ;

– Stres

Stres emosional yang berat dapat menyebabkan rambut rontok, dan memperburuk masalah rontok yang ada. Masalah stres yang serius dapat menyebabkan penyakit psikologis seperti depresi. Ini mungkin menyebabkan beberapa orang untuk menarik rambut mereka dan menyebabkan kerusakan rambut.

– Perubahan hormonal

Bagi pria, rambut rontok bisa memburuk akibat perubahan hormonal yang tidak seimbang dengan usia.

– Usia

Ketika pria mencapai usia pubertas, jumlah folikel rambut mulai menurun dari waktu ke waktu. Pada usia 20 sampai 30, ada sekitar 615 folikel per sentimeter persegi di kulit kepala. Pada usia 30 sampai 50, jumlah folikel jatuh ke 485. Dan di usia 80 tahun, folikel akan turun menjadi 435 per sentimeter persegi. Penipisan rambut dapat dianggap sebagai bagian dari proses penuaan.

– Ras

Pria Kaukasia lebih rentan dan bahkan dapat mengembangkan bentuk yang sangat parah dari kebotakan pria. Ras berkulit hitam dan orang Asia kurang rentan terhadap kerontokan rambut.

– Gen

Gen juga bisa menentukan bawaan dari kebotakan pada saat lahir atau kelainan struktur rambut yang diwariskan dari orang tua.

Penyebab terjadinya kebotakan pada wanita :

– Kurang gizi. Diet terlalu ketat juga akan menyebabkan kerontokan rambut.

– Kehamilan dan persalinan. Banyak wanita yang mengalami kerontokan rambut sementara sekitar 3 bulan setelah melahirkan.

– Siklus pertumbuhan rambut tak seimbang. Setiap rambut tumbuh dengan fase berbeda yang berlangsung antara 2-6 tahun. Fase ini termasuk periode tumbuh dan istirahat sebelum rontok dan folikel rambut menumbuhkan untaian rambut baru.

– Menopause. Dari beberapa gejala menopause, kerontokan rambut adalah gejala yang paling sering dialami.

– Obat-obatan. Jenis obat yang bisa menyebabkan kerontokan rambut antara lain pengencer darah, obat asam urat, obat kemoterapi, terlalu banyak vitamin A, kontrasepsi, dan obat antidepresan.

– Gangguan emosional. Sebagian wanita mengalami kerontokan rambut saat menghadapi situasi traumatik atau emosional.

Cara Menumbuhkan Kembali Rambut Yang Botak Dengan Menggunakan Bahan Alami

Cara terbaik untuk mengobati kebotakan adalah melakukan perawatan pada rambut botak termasuk menumbuhkan kembali rambut, adalah dengan melakukan perawatan alami.

– Air kelapa hijau

Menggunakan air kelapa hijau untuk keramas juga dapat menumbuhkan rambut dengan lebat dan mengurangi kerontokan pada rambut. Anda bisa melakukan keramas menggunakan air kelapa hijau selama 2 minggu berturut-turut. Kemudian untuk maintenance nya anda cukup melakukannya 2 kali dalam seminggu.

– Lidah buaya

Tanaman ini lebih mudah dijumpai, karena sangat mudah untuk ditanam. Gunakan gel lidah buaya untuk dijadikan masker rambut setiap hari.

– Santan

Santan juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menumbuhkan rambut. Cara ini sudah populer sejak dahulu kala. Terapkan 300 hingga 500 ml santan ke kulit kepala dan rambut, tutup rambut dengan handuk hangat dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Bila dilakukan secara teratur, dapat terlihat hasil yang signifikan dalam pertumbuhan rambut. Lakukan proses ini 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

– Kulit apel

Kulit apel dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Selain itu dapat menumbuhkan rambut secara sempurna dan menjadikan rambut lebih sehat dan bernutrisi. Haluskan kulit apel, lalu terapkan pada rambut, diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Perawatan rambut juga bisa tetap dilakukan walaupun anda sudah memiliki rambut yang bagus, karena perawatan rambut salah satu cara mempertahankan rambut agar terlihat bagus. Jagalah kesehatan rambut anda dan hindari penyebab rambut botak agar akan mengalami hal yang serupa lagi. Kunci utama dalam menjaga rambut yang sehat dan indah adalah merawatnya dengan baik. Rambut bisa menjadi salah satu hal terpenting dalam penampilan anda.

Demikianlah informasi tentang cara menumbuhkan rambut dengan alami dan cepat. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

SHARE TO :