SHARE TO :

Cara Menurunkan Trigliserida Dengan Mudah Dan Aman

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:19 am tanggal September 15, 2016

Cara Menurunkan Trigliserida Dengan Mudah Dan Aman – Trigliserida adalah salah satu jenis lemak utama yang mengalir di dalam darah manusia. Trigliserida akan menumpuk padan bagian-bagian tubuh seperti dinding pembuluh darah dan hati. Trigliserida sangat penting bagi manusia karena tubuh memanfaatkan lemak ini sebagai energi. Trigliserida merupakan komponen yang normal dari darah yang dihasilkan oleh tubuh.

Peningkatan kadar trigliserida adalah hal yang mengkhawatirkan, karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Makanan yang mengandung trigliserida dalam darah dan cenderung meningkatkan kolesterol. Sejumlah faktor dapat mempengaruhi kadar trigliserida dalam darah seperti kegemukan, makan gula biasa (glukosa) dan minum alkohol. Dan inilah yang menyebabkan lemak dan trigliserida saling berhubungan.

trigliserida

Tidak ada gejala pasti muncul akibat tingginya kadar trigliserida kadar dalam tubuh, tetapi jika tingginya kadar trigliserida yang terjadi merupakan penyakit turunan, kemungkinan akan muncul kondisi yang disebut sebagai xanthoma. Xanthoma adalah benjolan akibat timbunan lemah di bawah kulit.

Cara mudah untuk menentukan kadar trigliserida adalah dengan tes darah. Ada beberapa penjelasan tentang kadar trigliserida dalam tubuh, yakni :

– Kadar sangat tinggi : di atas 500 mg/dl.
– Kadar tinggi : 200 – 499 mg/dl.
– Kadar cukup tinggi : 150-199 mg/dl.
– Kadar normal : di bawah 150 miligram per desiliter (mg/dl).

Kadar trigliserida terjadi ketika seseorang banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat atau kadar gula yang tinggi. Risiko terkena penyakit jantung akan meningkat seiring dengan tingginya kadar trigliserida seseorang.Trigliserida biasanya meningkat dengan bertambahnya usia.

Ada beberapa yang dapat memicu kadar trigliserida melalui obat-obatan, yaitu :

– Steroid.
– Beta-blockers.
– Tamoxifen.
– Diuretik.
– Pil KB.

Beberapa gejala Trigliserida, yaitu :

– Sakit kepala
– Kesemutan
– Pundak pegal
– Tekanan darah tinggi
– Mudah mengantuk
– Cepat merasa lelah

Perbedaan Trigliserida dan Kolesterol

Trigliserida berfungsi untuk menyimpan kalori dan menyediakan energi untuk tubuh, sedangkan kolesterol berfungsi untuk membangun sel-sel dan hormon tertentu. Keduanya tidak bisa larut dalam darah dan protein membantu kedua jenis lemak ini untuk mengalir ke seluruh tubuh.

Pengobatan Trigliserida Secara Alami Dan Mudah

Kadar trigliserida dalam tubuh bisa diturunkan tanpa menggunakan obat-obat khusus. Beberapa perubahan pada gaya hidup seseorang bisa menjadi faktor penting menurunkan kadar trigliserida yang tinggi. Anda bisa melalukan beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan, seperti :

– Mengendalikan berat badan

Menurunkan berat badan sekitar 2-5 kilogram bisa menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. Untuk Mendapatkan tubuh yang sehat dan berstamina, anda perlu disiplin dalam menjalankan olahraga setidaknya 2.5 jam per minggu.

– Mengonsumsi lemak sehat
Ganti lemak jenuh pada daging dengan lemak tidak jenuh dari tanaman, seperti minyak zaitun, minyak kacang dan dari minyak canola.

– Hindari lemak trans
Lemak ini dapat ditemukan pada makanan yang digoreng atau pada produk makanan panggang seperti kue kering, biskuit, dan camilan.

– Menurunkan asupan kalori
Anda perlu mengingat bahwa kalori yang berlebihan akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan sebagai lemak. Secara tidak langsung, menurunkan asupan kalori juga berarti menurunkan kadar trigliserida.

– Batasi konsumsi gula dan makanan olahan
Gula dan makanan yang terbuat dari tepung adalah jenis karbohidrat yang bisa meningkatkan kadar trigliserida.

– Berolahraga
Aktivitas olahraga secara rutin bisa membantu Anda mengendalikan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Trigliserida tinggi dapat mempengaruhi lebih dari jantung dan pembuluh darah. Trigliserida yang sangat tinggi meningkatkan risiko pankreatitis, radang pankreas. Pankreas adalah kelenjar besar di belakang perut yang membuat hormon penting seperti insulin. Ini membantu tubuh Anda menjaga glukosa (gula) tingkat darah yang sehat. Pankreatitis dapat menyebabkan sakit perut dan masalah pencernaan. Hal ini dapat merusak pankreas, dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan diabetes.

Salah satu obat untuk trigliserida yang alami adalah dengan makan ikan 2 porsi dalam seminggu untuk mendapatkan omega3 yang mencukupi dan membantu menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh. Dan ada juga suplemen ikan dengan kandungan asam lemak omega3 yang sudah tersedia dan anda dapat membelinya di apotek terdekat.

Dengan pola gaya hidup anda yang sehat dan juga pola makan yang baik dan terjaga bisa mengurangi terjadi nya trigliserida. Jika dengan obat-obatan biasa tidak mempengaruhi trigliserida pada tubuh anda, mungkin dokter bisa membantu dan menangani anda jauh lebih baik. Ikuti semua anjuran dokter dalam mengonsumsi obat-obatan.

Semoga Informasi ini bisa menjadi solusi dan bermanfaat juga bagi anda dalam melakukan pengobatan trigliserida. Jika Pola hidup anda salah, maka cobalah untuk merubahnya, karena sehat itu mahal. Terima kasih.

SHARE TO :