SHARE TO :

Cara Mudah Untuk Mencegah Penyakit Hepatitis C

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:32 am tanggal October 3, 2016

Cara  Mudah  Untuk Mencegah Penyakit Hepatitis C ,- Biasanya, masyarakat sering menganggap bahwa sakit kuning merupakan hepatitis sebab timbulnya warna kuning pada kulit, kuku, dan bagian putih bola mata. Keadaan ini hanyalah salah satu gejala dari hepatitis. Peradangan ini dapat menyebabkan kerusakan sel-sel, jaringan, bahkan semua bagian organ hati. Hepatitis dapat terjadi karena penyakit yang memang menyerang sel-sel hati atau penyakit lain yang mengakibatkan komplikasi pada hati. Pemahaman hepatitis bisa lebih mudah jika kita mengenal lebih dahulu mengenai organ hati.

Hepatitis bisa berlangsung singkat atau akut, kemudian sembuh total atau malah berkembang menjadi menahun atau bisa di sebut kronis. Tingkatan keparahan hepatitis bermacam-macam, mulai dari kondisi yang bisa sembuh sendiri (self limited) dengan penyembuhan total, kondisi yang mengancam jiwa, menjadi penyakit menahun, hingga keadaan organ hati yang tidak berfungsi lagi (yang disebut kegagalan fungsi hati). Apabila kondisi terakhir ini terjadi maka untuk penanganannya membutuhkan cangkok hati.

Beberapa penyebab terjadinya Hepatitis C

hepatitis

Berikut ini merupakan penyebab  terjadinya Hepatitis C. Diantaranya :

  • Orang yang berbagi penggunaan barang-barang pribadi yang mungkin terkontaminasi darah, seperti gunting kuku atau alat cukur.
  • Pekerja medis di rumah sakit yang sering menangani darah atau cairan tubuh penderita.
  • Orang yang berhubungan seks tanpa alat pengaman
  • Pasien yang menjalani prosedur medis di rumah sakit dengan peralatan yang tidak steril.
  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, misalnya penderita HIV.
  • Orang yang menjalani transfusi darah.
  • Orang yang menjalani proses tato atau tindik di tempat yang tidak memiliki peralatan steril.
  • Bayi dalam kandungan ibu hamil yang terinfeksi.

Hepatitis C merupakan penyakit menular yang mempengaruhi hati, yang disebabkan oleh virus hepatitis C (HCV). Infeksi ini sering tanpa gejala, tetapi sekali didirikan, infeksi kronis dapat berkembang menjadi jaringan parut hati (fibrosis), dan maju jaringan parut (sirosis) yang umumnya terlihat setelah bertahun-tahun.

Serangan hepatitis akut dapat terjadi tiba-tiba tanpa gejala awal atau bertahap. biasanyanya, hepatitis akut berlangsung dalam periode waktu 1-2 bulan. Kerusakan hati yang terjadi pada hepatitis akut biasanya hanya mengenai sebagian kecil jaringan saja. Namun pada kasus yang jarang, contohnya pada saat daya tahan tubuh pasien lemah, hepatitis akut bisa mengancam jiwa.

Sementara hepatitis kronis terjadi apabila sebagian hati yang terserang bisa menjadi tidak aktif atau berkembang sangat lambat, tetapi sebagian lain dapat juga menjadi aktif dan terus memburuk dalam beberapa tahun. Komplikasi dari hepatitis kronis yang memburuk yaitu terjadinya sirosis atau kanker hati. Kedua komplikasi ini sering berakhir dengan kematian.

Cara  Mudah  Untuk Mencegah Penyakit Hepatitis C

Berikut ini Cara untuk mencegah terserang penyakit Hepatitis C diantaranya :

1. Hindari konsumsi alkohol

2. Hindari obat obatan yang bisa merusak hati, contohnya acetaminophen

3. Diet sehat dan seimbang

4. Perbanyak buah, sayur, whole grains, dan protein bebas lemak

5. istirahat yang cukup

Itulah cara untuk  terhindar dari penyakit hepatitis C . ada pribahasa mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati . Semoga ini bisa bermanfaat bagi Anda.

SHARE TO :