SHARE TO :

Cara Penyembuhan Batu Ginjal Dengan Herbal Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:11 am tanggal September 15, 2016

Cara Penyembuhan Batu Ginjal Dengan Herbal Alami – Penyakit batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang paling sering ditemukan dan dialami oleh banyak masyarakat Indonesia yang umumnya dialami oleh Pria. Pada umumnya penyakit batu ginjal disebabkan oleh rutinitas pekerjaan yang membuat pola makan menjadi tidak teratur, adanya faktor keturunan yang juga memiliki peranan penting karena jika terdapat keluarga yang memiliki penyakit ginjal, risiko diturunkan penyakit ginjal pada anak 6 kali lebih besar.

Kurangnya konsumsi air putih, jarang buang air kecil atau sering ditahan, banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bahan kimia, bahan pengawet dan lingukngan suhu udara disekitar tempat tinggal dan tempat kerja yang tidak mendukung aktivitas sehari-hari. Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Gejala penyakit batu Ginjal

-Kedinginan
-Buang air kecil dengan sering
-Mual
-Muntah
-Perubahan Urine
-Buang air kecil yang nyeri

Penyembuhan Batu ginjal dengan herbal alami

Penyembuhan Batu ginjal dengan herbal alamiBatu ginjl terbentuk akibat penumpukan dan pengerasan mineral dan asam garam di dalam ginjal. namum batu ginjal bisa diobati, salah satunya dengan obat herbal alami batu ginjal. Meski namanya batu ginjal, batu ini ternyata bisa tumbuh di sepanjang saluran kemih lain seperti ureter, kandung kemih, dan uretra.

Batu ginjal yang berukuran kecil kebanyakan bisa dibuang lewat urine dan gejalanya munkin bisa diobati di rumah. Sedangkan batu yang lebih besar harus dihancurkan dengan sunar-X, ultrasound, atau operasi di rumah sakit. Selain pengobatan medis, ada pula pengobatan alternatif atau herbal yang dapat meluruhkan dan menyembuhkan batu ginjal. Berikut adalah beberapa obat herbal batu ginjal tersebut:

  1. Kumis Kucing
    Beberapa penelitian menyebutkan bahwa adanya bukti ilmiah penggunaan kumis kucing dalam pengobatan batu ginjal dan asam urat. Gangguan pemecahan asam urat juga dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Tanaman yang bernama lain orthosiphon stamineus ini juga dapat merangsang gijal untuk mengeluarkan urine secara berlebihan serta mengekresi natrium san ion lainnya keluar dari tubuh bersama urine. Pada percobaan terhadap tikus, kumis kucing juga dapat mampu mengurangi asam urat.
  2. Daun sendok
    Sebuah penelitian di Malaysia terhadap senyawa dari ekstrak tanamam daun sendok di damam tabung eksperimen menduga senyawa ini mampu menghambat pembentukan dan memengaruhi ukuran kristal kalsium oksalat. Kristal ini bisa ditemukan sebagai bahan dasar batu ginjal. Daun sendok atau Plantago major bahkan diduga lebih baik dalam menghambat pembentukan dan memengaruhi ukuran kristal tersebut jika dibanding dengan zyloric dan kalsium sitrat. Tapi penelitian lebih lanjut untuk efektivitas senyawa terpenoid dari ekstrak tanaman daun sendok pada penderita batu ginjal dan uji klinis langsung terhadap manusia perlu dilakukan.
  3. Tanjung
    Dalam penelitaian di India yang dilakukan terhadap tikus yang dirangsang untuk membentuk batu di ginjal, ekstrak alkohol tyanaman Mimusops elengi atau tanjung diduga bisa menurunkan pembentukan batu ginjal secara signifikan dengan menurunkan kadar kreatinin, asam urat, dan ureum di dalam darah.
  4. Meniran Hijau atau Dukung Anak
    Di Brazil, satu penelitian eksperimental menunjukan bahwa tanaman meniran hijau (Phyllanthus niruri) diduga menghambat atau mengganggu pemebentukan batu pada banyak tahapannya, termasuk tahapan agregasi kristal (penyusutan molekul-molekul kristal), pengendapan kristal di saluran tubular ginjal, tahap pembentukan struktur dan komposisi kristal. Senyawa yang terkandung di dalam tanaman ini diduga dapat mencegah agar kristal-kristal tetap terurai di urine. Tapi semua ini masih harus dibuktikan lagi dengan uji klinis jangka panjang.
    Dalam studi lainnya di India, air ekstrak tanaman meniran hijau diduga mampu melarutkan kristal batu ginjal hingga 56,8% (dalam tabung penelitian (in vitro)). Air ekstrak ini juga mampu menghambat aggregasi atau pembentukan kristal kalsium oksalat ginjal sebesar 53,09%
  5. Katumpangan Uler atau Rumput Upas-upasan
    Sebuah penelitian terhadap tikus menunjukan bahwa mengkonsumsi tanaman Aerva lanata diduga mengurangi enzim pensintesis oksalat dan menghilangkan penanda deposisi kristal di ginjal. Hasil penelitian yang satu ini menunjukan bahwa tanaman ini dapat digunakan sebagai penyembuhan batu di saluran kemih.
  6. Saxifraga Ligulata
    Tanaman ini dilaporkan bisa membantu melarutkan batu ginjal dan sebagai antiseptik kemih. dalam takaran yang kecil, ekstrak tanaman ini diduga berefek diuretik ringan (meningkatkan produksi urine).
  7. Trachyspermum Ammi (ajwain atau ajowan)
    Trachyspermum ammi digunakan untuk menghilangkan nyeri akibat batu ginjal dan batu di saluran kemih. Sejauh ini dalam banyak literatur, sifat diuretik pada tanaman ini digunakan dalam berbagai formulasi obat untuk menangani batu ginjal.
  8. Mentimun
    Dari hasil penelitian terhadap ekstrak buah mentimun atau cucumis sativus pada tikus didapat kesimpulan jika tanaman tersebut diduga mempercepat proses pelarutan batu. Tanaman ini juga diduga bisa mengurangi pemebentukan batu bila digunakan sebagai penyembuhan dan pencegahan.

Pencegahan penyakit batu ginjal

cara mencegah batu ginjal sebenarnya cukup sederhana. Anda harus cukup minum air putih setiap hari dan membatasi konsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang mengandung zat-zat yang berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal, seperti zat oksalat, suplemen kalsium dan protein hewani.

Selain dengan minum air putih yang cukup dan membatasi asupan zat-zat tertentu, pencegahan batu ginjal juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Biasanya langkah ini dianjurkan untuk mencegah kambuh lagi mereka yang sebelumnya pernah menderita batu ginjal.

SHARE TO :