SHARE TO :

Cara Menyembuhan Infeksi Ginjal Dengan Tanaman Herbal

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:54 am tanggal September 15, 2016

Cara Menyembuhan Infeksi Ginjal Dengan Tanaman Herbal – Infeksi ginjal atau pielonefritis adalah penyakit yang menyebabkan rasa sakit yang tidak nyaman karena berpindahnya bakteri dari kandung kemih menuju ginjal, baik salah satu atau bisa juga kedua-duanya. Di dalam tubuh manusia terdapat dua buah organ ginjal. Kedua ginjal menghasilkan urine yang dialirkan melalui ureter dan akhirnya disimpan di dalam kandung kemih. Urine akan dikeluarkan dari kandung kemih melalui uretra.

Infeksi ginjal biasanya merupakan komplikasi dari infeksi saluran kemih. Bakteri akan memasuki tubuh manusia melalui kulit yang berada di sekitar uretra, lalu berpindah atau bergerak dari uretra menuju kandung kemih, sebelum akhirnya menginfeksi ginjal.

Gejala-gejala Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal akan mengakibatkan gejala muncul dengan cukup cepat, yaitu hingga hanya berselang waktu beberapa jam setelah bakteri mencapai ginjal. Berikut ini adalah gejala umum yang biasanya muncul pada penderita infeksi ginjal.

-Sering buang air kecil yang terasa sakit dan tidak nyaman. kondisi ini biasanya mirip dengan gejala awal dari infeksi saluran kemih. Bau urine yang tidak seperti biasanya.
-Rasa sakit dan tidak nyaman di sekitar perut samping, atau bagian punggung.
-Demam atau menggigil.
-Mual dan muntah.
-Merasa kelelahan.
Diare.
-Kehilangan selera makan.

Penyebab Infeksi Ginjal

Penyebab infeksi ginjal secara umum terjadi karena akibat dari komplikasi infeksi kandung kemih atau sistisis. Microorganisme yang menyebabkan terjadinya infeksi kandung kemih dapat berkembang dan pindah kemudian menginfeksi ginja. Mickroorganisme yang dalam hal ini biasnya bakteri hidup dan berkembang di dalam usus. Dari usus bakteri tersebut bisa pindah ke anus dan naik melalui tabung yang menjadi jalannya urin yang menuju kandung kemih atau uretra, bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi kandung kemih yang selanjutnya juga dapat berpindah dan menyebabkan infeksi ginjal.

Penyembuhan Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal pada kebanyakan kasus bisa disembuhkan tanpa harus menginap di rumah sakit. Anda akan diberi antibiotik dan obat pereda rasa sakit untuk mengatasi infeksi yang muncul pada ginjal.

1. Penanganan sendiri
Khususnya bagi penderita infeksi ginjal, saat Anda harus buang air, pastikan untuk membuang semua isi kandung kemih Anda. Selain itu, dengan mengonsumsi banyak cairan akan membantu dalam membuang bakteri dari dalam ginjal dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Infeksi ginjal bisa menguras kondisi fisik dan menjadikan Anda merasa sangat kelelahan. Pastikan untuk istirahat yang cukup, setidaknya dua minggu sebelum kembali beraktivitas seperti kondisi normal.

2. Antibiotik
Anda akan diberikan antibiotik berbentuk tablet atau kapsul selam kurang lebih 1-2 minggu. Beberapa antibiotik yang sering kali digunakan adalah ciprofloxacin atau Co-amoxiclav, tapi obat ini tidak disarankan untuk wanita yang hamil. khusus untuk wanita hamil, biasanya akan diberikan obat yang bernama cefalexin.

Setelah memulai pengobatan dengan anti biotik, Anda akan segera merasakan efek dari obat ini. Anda akan merasa lebih baik dan benar-benar pulih sepenuhnya setelah dua minggu. Pastikan untuk menghabiskan obat resep antibiotik yang diberikan oleh dokter meski Anda merasa sudah sembuh.

3. Pereda rasa sakit
Untuk meredakan rasa sakit dan demam yang muncul akibat infeksi ginjal, Anda bisa menggunakan parasetamol. Tapi pereda rasa sakit seperti ibuprofen (obat antiimflamasi nonstreroid), Tidak untuk mengatasi infeksi ginjal. Obat ini bisa meningkatkan risiko Anda mengalami kondisi medis lain yang berkaitan dengan gangguan ginjal.

Penyembuhan Infeksi Ginjal Dengan Tanaman Herbal

Penyembuhan Infeksi Ginjal Dengan Tanaman HerbalDaun kumis mempunyai kandungan kalium serta glikosida orthosiponin. Penggunaan tanaman kumis kucing sebagai obat dapat dilakukan dengan mengeringkan terlebih dulu atau dalam keadaan masih segar. Kumis kucing juga mempunyai sifat anti peradangan, sehingga dapat mengansipasi kemungkinan penyakit lain muncul.

Manfaat tanaman kumis kucing untuk infeksi ginjal bisa diperoleh dari berbagai kandungan dalam tanaman ini diantaranya:

-Infeksi ginjal
Infeksi pada ginjal terjadi karena endapan pada ginjal sudah berubah menjadi batu. Jika terus dibiarkan dan tidak segera diobati, batu ini kemudian akan menginfeksi ginjal dan menimbulkan peradangan.

-melarutkan fosfor
daun kumis kucing mengandung senyawa glikosida orthodiponin yang berfungsi melarutkan forfor yang tertinggal saat urine keluar. Fosfor yang mengendap akan membuat ginjal tidak bekerja secara normal karena tersumbat.

-Infeksi saluran kencing
Kandungan dalam tanaman kumis kucing dapat berfungsi untuk membersihkan saluran kencing sehingga sisa endapan dapat dikeluarkan bersama urin. Infeksi terjadi karena saluran kencing tertutup oleh endapan yang kemudian berubah menjadi batu.

-Mengatasi nyeri seni
Rasa nyeri ketika seni biasanya diakibatkan karena sering menahan kencing. Sifat diuretic dari tanaman kucing dapat memperlancar air seni dan kemudian luruh bersama urin yang dibuang. Nyeri ketika seni umumnya disebabkan karena sauran kandung kemih tertutup oleh batu.

-Mengatasi radang ginjal
Zat aktif berupa flavonoid dalam daun kumis kucing dapat mencegah peradangan pada ginjal karena bisa berperan sebagai anti-oksidan. Peradangan biasanya terjadi karena penyumbatan pada saluran yang terdapat ginjal.

Pencegahan Infeksi Pada Ginjal (Pielonefritis)

Infeksi ginjal merupakan gangguan yang bisa dicegah. Cara mencegah terjadinya infeksi ginjal ialah dengan memperhatikan beberapa hal diantaranya tidak menahan hasrat buang air kecil, mengkonsumsi air yang cukup. Selain itu, jika anda mengalami penyakit diare, sebaiknya segera ditangani. Karena hal tersebut dapat menyebakan infeksi kandung kemih yang nantinya juga akan mempengaruhi ginjal. Hal yang juga perlu diperhatikan adalah ketika anda ke toilet, pastikan bahwa bagian sensitif terhadap bakteri dicuci dengan bersih.

SHARE TO :