SHARE TO :

Demam Pada Anak Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Yang Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:27 am tanggal November 2, 2016

Demam Pada Anak Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Yang Alami – Demam Bukanlah sebuah penyakit tetapip merupakan sebuah gejala. Demam terjadi ketika sistem kekebalan tubuh sedang berperang melawan infeksi. Dalam istilah medis, seseorang disebut menderita demam jika suhu tubuhnya mencapai 37,5 derajat celcius atau lebih. Demam pada anak merupakan salah satu pertanda bahwa tubuhnya sedang melakukan perlawanan terhadap kuman yang menginfeksi.

Gangguan kesehatan ringan ini sering kali menyebabkan si kecil kehilangan keceriaannya dan menghambat proses tumbuh kembangnya bila berkelanjutan, khususnya di usia balita. Kendati tergolong gangguan kesehatan yang ringan, demam yang dialami tetap perlu penanganan yang tepat terutama jika demam tak kunjung turun setelah penanganan awal. Hal ini karena demam tinggi yang tak kunjung membaik bisa menjadi salah satu gejala dari gangguan kesehatan yang lebih serius atau bisa menjadi pemicu gangguan kesehatan lainnya.

Demam Pada Anak Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Yang Alami Dengan Bahan Tradisional

demam pada anak

Cara yang paling cepat, tepat, dan mudah untuk mengetahui apakah anak anda sedang demam adalah dengan memeriksakan suhu tubuhnya. Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan dengan memakai termometer. Jangan bergantung pada rabaan tangan untuk mengukur demam. Suhu anak bisa saja lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Anak-anak lebih sering mengalami fungsi dan manfaat pada tubuh. Dengan meningkatnya suhu tubuh, akan membuat kuman penyebab infeksi merasa tidak nyaman berada di dalam tubuh anak. Demam akan lebih sering terjadi pada bayi berusia enam bulan hingga lima tahun. Hal ini dikarenakan infeksi virus ringan seperti flu atau pilek, yang dapat diobati sendiri.

Ada beragam penyebab demam pada anak. Salah satunya adalah akibat infeksi kuman yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, alergi dan penggunaan obat tertentu juga bisa memicu timbulnya demam. Dengan mengetahui beragam penyebab demam pada anak, diharapkan anda bisa meminimalisir risiko si kecil terhadap demam. Kebiasaan kecil seperti cuci tangan pakai sabun bisa anda terapkan pada si kecil guna mencegah infeksi kuman penyebab demam yang masuk melalui tangan yang terkontaminasi.

Demam pada anak muncul karena sistem kekebalan tubuh mereka sedang melakukan perlawanan terhadap infeksi. Di bawah ini adalah penyebab demam pada anak dari yang ringan hingga yang berbahaya, diantaranya : Infeksi saluran pernapasan, terjadinya pertumbuhan gigi baru pada anak, efek samping imunisasi, sinusitis, diare akibat makanan yang terkontaminasi (gastroentritis), disentri, tifus, cacar air, demam berdarah, malaria, infeksi saluran kemih, pneumonia, meningitis, dan septikemia.

Terlepas dari beragamnya penyebab demam pada anak, hendaknya perlu diketahui juga mengenai reaksi tubuh yang bisa memicu peningkatan suhu. Bagian tubuh yang bertugas mengontrol suhu tubuh terletak di otak yang dikenal dengan nama hipotalamus. Ketika ada kuman yang masuk ke dalam tubuh, tubuh akan memberi signal sebagai benda asing sehingga hipotalamus akan meningkatkan suhu tubuh. Tujuannya adalah untuk melawan infeksi yang mungkin diakibatkan oleh masuknya kuman tersebut.

Gejala demam pada anak umumnya beruapa peningkatan suhu tubuh diatas 37,8°C. Gejala ini biasanya disertai dengan tubuh menggigil, rasa ngilu di bagian tubuh tertentu, sakit kepala, nafsu makan berkurang dan susah tidur. Jika terjadi pada anak usia balita, gejala yang paling mudah terlihat adalah mereka jadi lebih rewel dari biasanya. Dengan mengetahui gejala demam pada anak tersebut diharapkan anda bisa segera mengenali gangguan kesehatan yang mungkin dialami si kecil.

Sebelum membawa si kecil ke dokter, ada beberapa langkah penanganan demam pada anak yang bisa anda upayakan guna membuatnya merasa lebih nyaman. Berikut ada beberapa langkah untuk mengatasi demam pada anak, diantaranya : Kenakan pakaian yang nyaman untuk anak, kompres dahi si kecil dengan air hangat agar ia merasa sedikit nyaman, sediakan air minum di dekat si kecil agar ia bisa minum kapan pun ketika merasa haus, jangan memaksakannya untuk makan karena demam pada anak biasanya berdampak pada menurunnya nafsu makan, dan berikan pengawasan lebih pada si kecil guna mengetahui perkembangan demamnya.

Obat-obatan penurun demam seperti parasetamol dan ibuprofen bisa diberikan kepada anak yang sedang demam. Tapi selalu ikuti petunjuk dan aturan paki sesuai yang tertulis pada kemasan. Umur, tinggi dan berat badan anak akan menentukan dosis yang diperlukan anak. Obat ini diberikan agar anak anda merasa lebih nyaman dan tenang. Jauhkan aspirin dari anak-anak. Aspirin bisa menyebabkan efek samping sindrom reye, yaitu fatal yang memengaruhi otak dan hati.

Pengobatan Demam Pada Anak Secara Alami Dan Mudah

Sebagai pertolongan pertama, biasanya orang tua memberi anak obat penurun panas yang dijual dipasaran dengan bahan dasar kimia seperti asam salisilat, parasetamol dan lain-lain. Padahal obat tradisional yang dibuat dari bahan alam tidak kalah ampuhnya untuk mengatasi demam pada anak dan menjaga kesehatan anak. Selain itu, obat tradisional juga jauh lebih aman dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Selain aman juga lebih murah dan mudah didapatkan. Berikut ini ada beberapa bahan alami yang bisa anda lakukan dirumah untuk mengobati demam pada anak, yaitu :

  • Jeruk Nipis

Jeruk Nipis ini sangat berkhasiat untuk mengobati demam pada anak anda, cara membuat ramuannya : Siapkan jeruk nipis kurang lebih 1/2 buah, kuning telur ayam kampung 1 butir dan madu secukupnya. Kemudian peras jeruk nipis dan tambahkan dengan air panas 1/2 gelas. Aduk semua bahan sampai rata dan berikan pada anak dua kali, sekali minum 1/4 gelas. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur sampai demam pada anak anda menurun.

  • Kunyit

Kunyit ini sangat banyak manfaatnya, termasuk mengobati demam pada anak, cara membuatnya : Siapkan 1 butir kuning telur ayam kampung, sedikit kapur sirih dan perasan kunyit. Campur semua bahan menjadi satu sampai rata dan tambahkan dengan sedikit air panas. Minumkan sedikit demi sedikit pada anak.

  • Air Kelapa Muda

Pada saat anak anda mengalami demam atau panas. Tubuhnya akan banyak kehilangan cairan berupa keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Air kelapa muda ini bermanfaat untuk menggantikan cairan yang hilang tersebut karena pada air kelapa mengandung banyak mineral dan kalium.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati demam pada anak. Ajarilah anak anda pola hidup sehat dan selalu perhatikan pola makan anak anda. Semoga apa yang di sampaikan diatas bisa membuat anda atau bunda lebih memperhatikan anak anda dan jangan panik jika anak anda mengalami demam, segera temui dokter. TerimaKasih.

SHARE TO :