SHARE TO :

Demam Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 3:47 am tanggal October 15, 2016

Demam Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami – Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada diatas 37.5 derajat celsius. Infeksi ringan hingga parah bisa menyebabkan demam. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi virus, bakteri atau parasit. Selain itu, demam juga bisa terjadi ketika seseorang terlalu lama berada di bawah sinar matahari atau karena penyakit seperti hipertiroidisme dan artritis.

Demam tidak dianggap sebagai sebuah penyakit tetapi biasanya merupakan gejala dari sebuah gangguan kesehatan atau infeksi. Bagian otak yang disebut hipotalamus berfungsi untuk mengontrol suhu tubuh kia. Saat tubuh menghadapi penyakit atau virus tertentu, maka hipotalamus akan meningkatkan suhu tubuh untuk meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi.

Demam Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami

demam

Pada orang dewasa yang sehat, suhu normal dapat dikenali melalui empat bagian tubuh, yaitu rektum atau anus/dubur, mulut (oral), telinga (otik), atau ketiak (aksila). Berbagai suhu dubur yang normal adalah 34,4-37,8°C sedangkan suhu mulut yang normal adalah 33,2-38,2°C. Di sisi lain, suhu telinga yang normal adalah 35,4-37,8°C, dan suhu ketiak yang normal adalah 35,5-37,0°C.

Suhu tinggi tidak selalu berarti  demam. Misalnya, keika seseorang berolahraga, suhu tubuh memiliki kecenderungan naik tetapi akan tetap dianggap normal. Namun, pada beberapa orang, bahkan rentang suhu normal sudah dapat dianggap sebagai demam. Dengan demikian, penting untuk dicatat suhu dsar seseorang sebelum disebut demam.

Demam sering kali akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Tapi untuk mengobati demam yang lebih parah, beberapa obat-obatan penurun panas bisa dibeli secara bebas di apotek. Namun, anda harus baca terlebih dahulu aturan pakai dan ikuti dosis yang dianjurkan. Gejala yang menyertai demam tergantung kepada penyebab demam itu sendiri. Berikut ini adalah contoh gejala yang bisa menyertai demam, diantaranya :

– Sakit Kepala.
– Berkeringat dingin.
– Menggigil.
– Batuk-batuk.
– Sakit tenggorokan.
– Sakit pada telinga.
– Diare dan muntah-muntah.
– Sakit otot.
– Kehilangan selera makan.
– Merasa lelah.

Penting untuk diingat bahwa demam adalah gejala dari kondisi kesehatan, seperti infeksi bakteri atau virus, serta penyakit dan kondisi lainnya yang mengancam jiwa. Dalam kebanyakan kasus, demam itu sendiri tidak memerlukan pengobatan, tetapi diperlukan pengobatan bagi kondisi yang melatar belakanginya. Jika demam menganggu fungsi tubuh normal, jalan yang terbaik adalah mencari bantuan dokter segera. Misalnya dalam beebrapa kasus seperti berikut :

– Kesulitan bernapas.
– Sering muntah.
– Sakit perut.
– Nyeri dada.
– Kenaikan suhu badan.
– Buang air besar berdarah.

Pengobatan Demam Secara Alami

Demam dengan suhu yang tidak terlalu tinggi dan tidak berlangsung lama biasanya tidak membutuhkan obat penurun demam. Tapi unutk mengatasi ketidaknyamanan tubuh, ada beberapa obat penurun demam yang dapat dibeli langsung di toko obat. Berikut adalah beberapa obat untuk mengatasi demam akibat infeksi :

– Aspirin.

Obat ini khusus untuk orang dewasa. Jangan diberikan pada anak-anak. Obat ini bisa memicu terjadinya sindrom reye, yaitu penyakit yang bisa memengaruhi otak dan juga hati. Obat ini bisa anda beli tanpa harus memerlukan resep dari dokter.

– Parasetamol dan ibuprofen.

Minum obat ini sesuai dosis dan aturan pakai atau sesuai anjuran dokter. Penggunaan parasetamol dalam jumlah banyak dan jangka panjang bisa merusak hati atau ginjal. Kedua obat ini bisa langsung anda beli di apotek.

– Antibiotik.

Obat ini diberikan sesuai resep dari dokter jika terdapat kecurigaan adanya infeksi yang menyebabkan demam, misalnya pneumonia.

– Antivirus.

Obat ini ni hanya diberikan jika risiko komplikasi pada penderita terhitung tinggi. Cara penanganan terbaik untuk sakit ringan yang disebabkan virus adalah dengan banyak minum air dan beristirahat dengan cukup.

Atau anda juga bisa melakukan hal yang dapat membantu meredakan demam, seperti :

– Istirahat yang cukup. Terlalu banyak beraktivitas dapat meningkatkan suhu tubuh anda.
– Gunakan pakaian yang tipis dan berada di ruangan dengan udara yang sejuk.
– Minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Demam bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan.
– Mandi dengan air hangat, selain nyaman dan membuat rileks, uap dari air hangat akan melancarkan pernapasan daat demam.
– Jangan Merokok, merokok dapat memperburuk gejala demam, dan jika anda tidak merokok hindari menjadi perokok pasif.
– Jangan berolahraga, hidari olahraga dan segala macam aktivitas fisik, selama 3-4 hari untuk memberikan tubuh anda kesempatan untuk menyimpan kekuatan untuk memerangi virus.

Jika anda kembali demam setelah meminum obat, jalan yang terbaik adalah mencari bantuan dokter untuk mengenali penyebab demam secara benar. Meminum ibuprofen dan acetaminophen dalam jangka waktu yang lama dapat memiliki efek samping dan menyebabkan gagal hati.

Jika demam disebabkan oleh hipertermia, serangan karena panas, atau kelelahan karena panas, tak satu pun dari obat-obatan tersebut yang dapat menyembuhkan. Pasien perlu didinginkan segera dengan menjauhkannya dari lingkungan yang panas terlebih dahulu, melepas pakaiannya, dan kemudian menggunakan spons basah ke tubuhnya untuk menurunkan suhu. Hal ini akan membantu dalam keadaan darurat, tetapi bantuan dokter tetap harus segera dilakukan.

Penyakit Demam memang sudah menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari, namum jika demam ini tidak ditangani dengan baik mengakibatkan komplikasi bisa berupa dehidrasi parah, halusinasi, dan juga kejang-kejang. Untuk itu juga anda terkena demam sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter agar lebih mendapatkan pengobatan yang benar dan juga baik.

Demikian informasi yang bisa disampaikan, semoga apa yang telah di sampaikan bisa membuat anda lebih hati-hati dan juga mengingatkan anda bahwa penting sekali menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima Kasih.

SHARE TO :