SHARE TO :

Faktor-faktor Penyebab Cegukan Dan Cara Mengatasinya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:52 am tanggal February 16, 2017

Faktor-faktor penyebab Cegukan Dan Cara Mengatasinya – Sebelum mengobati cegukan, sebaiknya anda tahu sebab-sebab timbulnya cegukan. Sehingga anda akan mudah memilih cara mengobati cegukan yang anda alami. Dalam beberapa literatur cegukan disebabkan oleh banyak faktor.

cegukan

Berikut faktor-faktor penyebab cegukan :

1. Makan dengan forsi yang berlebihan. Makan terlalu banyak bisa menyebabkan cegukan. Mengapa ? sebab dengan asupan makan yang banyak ruang pernapasan atau organ diafragma akan mengalami penyempitan dan tertekan. Salah satu akibat yang dapat timbul adalah cegukan.

2. Tergesa-gesa ketika makan bisa menyebabkan cegukan. Mengapa ? karena dengan terburu-buru dalam makan akan menyebabkan asupan CO2 menjadi berkurang tajam. Apabila tubuh kekurangan CO2 akibat yang akan dialami adalah cegukan.

3. Makan sambil bicara dapat menyebabkan cegukan. Hal ini terjadi sebab ketika makan sambil bicara akan menyebabkan oksigen masuk kedalam paru-paru yang pada akhirnya akan mengganggu diafragma.

4. Makan makanan yang pedas bisa menyebabkan anda terserang ceguka.

5. Penyebab cegukan lainnya adalah meminum air dingin setelah makan. Hal ini jika anda lakukan akan membuat pencernaan tidak lancar. Kinerja percernaan yang tidak lancar. Kinerja pencernaan yang tidak lancar akan mengganggu pada kinerja diafragma sehingga cegukan sebagai akibatnya bisa saja menyerang anda.

6. Kekurangan cairan. Mengapa kekurangan cairan atau dehindrasi bisa menyebabkan cegukan ? sebab apabila asupan cairan berkurang, makanan akan sulit didorong untuk masuk ke dalam perut dengan lancar.

7. Bumbu masakan yang dikonsumsi anda bisa menyebabkan cegukan apabila anda tidak kuat dengan bumbu tersebut. jangan paksakan apabila anda tidak tahan terhadap aroma atau rasa bumbu tertentu. Penyebab cegukan yang lainnya adalah udara yang terlalu dingin baik di ruangan atau di alam terbuka, terdapat penyakit ginjal, kebiasaan minum alkohol, batuk yang terlalu kenceng, tertawa yang terbahak-bahak dan sangat kenceng dan emosi yang tidak terkendali.

Cara mengobati cegukan orang dewasa secara baik tidak perlu memeriksakan ke dokter, apalagi anda harus mengeluarkan kocek yang cukup banyak. lebih baik uang tersebut anda gunakan untuk keperluan yang lain.

Yang perlu anda lakukan adalah mengadakan analisis penyebabnya, sehingga anda tahu bagaimana cara yang paling baik untuk mengobatinya. Sekarang ada cara mengobati cegukan dengan cepat dan secara alami seperti yang akan diuraikan dalam tulisan di bawah ini.

Cara mengobati cegukan yang membandel yang terus menerus

Inilah 15 Cara mengatasi cegukan pada anda dan sudah dibuktikan, yuk simak di bawah ini :

1. Yang paling mudah ialah meminum air putih. Langkah ini dipercaya bisa mengobati cegukan secara cepat dan tanpa efek samping. Maka apabila cegukan menimpa anda segera minum air putih yang banyak. Usahakan air putihnya sangat hangat, sebab dengan minum air hangat akan menyebabkan peredarand arah dan oksigen akan lancar.

2. Apabila cara diatas belum ampuh untuk mengobati cegukan, anda dapat coba cara mengobati cegukan mujarab dengan minyak telon atau kayu putih. Caranya dengan mengoleskan dari bagian leher, perut perut dan punggung.

3. Latihan pernafasan anda, dengan cara menarik nafas secara perlahan dan mengeluarkannya kembali. Lakukan secara berulang-ulang agar cegukan segera reda. Kalau cara bernafas seperti ini belum dapat meredakan cegukan, barangkali cegukan anda cukup parah. Untuk mengatasi cobalah bernafas pada kantung plastik atau kantung kertas, berdasarkan pengalaman biasanya tidak akan memakan waktu lama untuk berhasil kurang lebih 10 menit.

4. Makanlah selai kacang, sebab dengan memakainya akan merangsang saraf vagus bekerja dengan baik dan menanggulangi cegukan dengan cepat.

5. Makanlah sesendok gula. Caranya ambilah gula kurang lebih satu sendok teh , kemudian kunyah perlahan dan telan. Insyaallah cara tersebut akan menghentikan cegukan anda dengan cepat.

5. Makanlah sesendok gula. Caranya ambilah gula kurang lebih satu sendok teh , kemudian kunyah perlahan dan telan. Insyaallah cara tersebut akan menghentikan cegukan anda dengan cepat.

6. Menutup liang telinga dengan jari. Caranya masukan kedua jari secara bersamaan, ujungnya saja. Kemudian tekan secara perlahan tapi tidak boleh menekan terlalu dalam sebab akan berbahaya untuk kesehatan telinga anda. Teknik ini akan merangsang cegukan berhenti secara perlahan dan cepat.

7. Berenang dalam air yang memiliki suhu antara 20-30 derajat akan bisa menghilangkan cegukan yang anda alami. Cara ini cukup ampuh apabila dilakukan dengan teknik berenang dan pernafasan yang baik.

8. Teknik tidur dengan posisi terbalik juga mengobaticegukan. Caranya tidur dengan kaki di atas dan kepala di bawah. Posisi tidur seperti ini akan merangsang dengan cepat aliran darah dan oksigen yang mengalir ke diafragma.

9. Teknik tidur lain yang bisa mengobati cegukan adalah tidur dengan menekuk lutut ke dada atau perut. Tekniknya ialah dengan menarik kedua lutut ke dada atau perut dengan perlahan dan tahan beberapa menit, lakukan beberapa kali. Insyaallah anda akan hilang dengan cepat.

10. Duduk sambil menempelkan perut di dada. Cara ini hampir sama dengan teknik di atas hanya saja dilakukan sambil posisi duduk dengan menarik kedua kaki hingga lutut menyentuh dada.

11. Tidur dilantai dengan posisi terlungkup agar dada bisa menempel dan agak sedikit ditekan.

12. Tahan air di dalam mulut beberapa menit. Caranya adalah dengan memasukan air mineral atau air yang sudah dimasak ke dalam mulut, tahan beberapa menit lalu angkat kembali tubuh secara perlahan sambil air yang di mulut ditelan sampai habis dan tubuh telah tegak kembali.

13. Mintalah adik, kaka, ibu, ayah, teman atau orang lain untuk mengagerkan anda ketika anda tidak sadar atau dalam keadaan yang mendadak. Dengan keadaan anda yang kaget biasanya cegukan akan hilang seketika.

14. Pergilah ke dapur lalu ambil kurang lebih satu sendok teh cuka lalu diicip-icip. Lakukan secara berulang-ulang dalam tempo beberapa detik.

15. Minumlah air dingin atau air Es. Teteskan air es batu kedalam rongga mulut dan telan. hati-hati jangan memakan es batunya karna bisa berbaya.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengobati cegukan secara alami dan cepat semoga bisa membantu mengatasi cegukan anda.

SHARE TO :