SHARE TO :

Flek Hitam Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Yang Sederhana

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 1:52 am tanggal November 10, 2016

Flek Hitam Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Yang Sederhana – Flek Hitam adalah istilah untuk kumpulan pigmen alami, atau melanin, yang berisi melanosome. Flek Hitam dapat terlihat sebagai bintik-bintik pada kulit wajah, walau dapat juga muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan dan bahu. Bintik-bintik ini akan cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit cerah. Flek Hitam merupakan kondisi yang umum dan biasanya tidak membahayakan diri penderitanya.

Sebagian besar wanita beranggapan jika flek hitam disebabkan oleh kulit wajah yang kering dan berminyak, padahal sesungguhnya hal itu belum tentu benar. Selain itu, Flek Hitam biasnya menyerang wanita dalam keadaan menstruasi dan sebelum haid. Banyak hal yang menjadi faktor penyebab flek hitam muncul di kulit wajah seperti faktor hormon, genetik, sinar UV, serta memakai kosmetik setiap hati dan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menimbulkan terjadinya pigmentasi pada kulit wajah.

Flek Hitam Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Yang Sederhana Tanpa Operasi

flek hitam

Flek Hitam yang disebabkan oleh sinar UV atau sinar matahari disebut juga Fleckers, terjadinya fleckers ini dikarenakan sun spots sinar UV sedangkan melasma yang berupa bintik-bintik hitam yang dihasilkan oleh campuran dari hormon dan sinar UV. Flek Hitam yang ada di dada dan wajah itu lebih sering kita jumpai dibagian kulit yang berwarna cerah. Flek Hitam ini akan semakin melebar dan kemungkinan bertambah banyak jika tidak segera di rawat secara cepat.

Flek Hitam juga muncul karena meningkatnya produksi melanosome dalam melanin, terutama setelah terpapar oleh sinar matahari. Melanin adalah pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata, rambut, dan bagian tertentu dalam telinga manusia. Inilah sebabnya bagian kulit yang memiliki banyak melanosome akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit disekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik. Flek hitam dapat bertambah gelap setelah terpapar sinar matahari, sehingga penggunaan tabir surya sangat disarankan untuk orang dengan kecenderungan ini.

Flek Hitam juga dapat terjadi karena bawaan genetik. Orang-orang dengan kulit cerah dan memiliki rambut pirang atau merah adalah yang sering mengalami kondisi ini. Dan juga etnis yang hidup di daerah berisiko memiliki lebih banyak melanin dibandingkan etnis lainnya. Orang-orang yang hidup di garis khatulistiwa cenderung memiliki lebih banyak melanin sebagai respons tubuhnya terhadap sinar matahari. Proses ini menjadikan kulit mereka lebih umum berwarna cokelat gelap. Hal ini dipengaruhi oleh karakteristik melanin yang dapat menyerap sinar matahari, sekaligus menghalau radiasi UV.

Flek Hitam pada kulit akan terlihat seperti bercak atau titik noda berwarna cokelat terang yang merata. Bercak atau titik noda ini biasanya berbentuk lingkaran dengan beragam ukuran dan warna. Bintik-bintik dapat muncul pada usia satu atau dua. Flek hitam memudar seiring berkurangnya intesitas paparan sinar matahari. Sebaliknya, terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat menyebabkan inflamasi atau disebut juga sunburn freckles.

Pengobatan Alami Menghilangkan Flek Hitam Dengan Bahan Tradisional

Kulit adalah bagian terpenting dari penampilan seorang wanita. Flek-flek hitam di wajah akibat sengatan matahari, pemakaian kosmetik yang tidak cocok atau karena bekas jerawat memang sangat mengganggu kecantikan dan perawatan wajah. Untuk menjaga agar kulit selalu terlihat putih, halus dan sehat ada banyak cara. Salah satunya dengan menggunakan ramuan tradisional.

Ada beberapa bahan tradisional yang bisa anda gunakan sebagai perawatan kulit untuk mengobati flek hitam yang terdapat pada kulit anda, diantaranya :

  • Temulawak

Cara membuat ramuan dari temulawak untuk mengobati kulit yang mengalami flek hitam yaitu : Sediakan 2 buah temulawak. Temulawak dicuci bersih, lalu parut sampai halus, kemudian peras parutan temulawak dan ambil sarinya, setelah itu oleskan sari temulawak pada wajah yang terkena flek hitam, diamkan hingga sarinya menyerap, selanjutnya bilas dengan air dingin, lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur.

  • Kencur

Kencur juga mampu mengobati flek hitam pada kulit, cara pembuatannya : Sediakan kencur secukupnya. Kencur dicuci bersih, lalu giling sampai halus, kemudian gosokkan pada wajah yang ada flek hitam, diamkan sekitar 10-15 menit, setelah itu cuci wajah dengan air bersih, dan secara rutin dan teratur sampai flek hitam pada kulit berkurang.

  • Madu 

Bahan yang satu ini sudah tidak asing lagi dalam dunia kesehatan tubuh manusia, madu memang memiliki khasiat yang luar biasanya untuk tubuh kita termasuk menjaga kulit, untuk membuat ramuan tradisional ini yaitu : Sediakan 3 sendok makan madu. Madu dipanaskan hingga encer, kemudian dinginkan beberapa saat, lalu oleskan pada bagian wajah yang ada flek hitam, biarkan selama 15 menit, setelah itu bilas sampai bersih dengan air hangat.

  • Bawang Merah

Kandungan asam di dalam bawang merah memberikan sifat untuk memutihkan kulit secara alami. Selain itu juga manfaat bawang merah adalah untuk membantu melawan bintik-bintik flek hitam gelap di wajah. Ekstrak dari jus bawang dengan baik yang diremas atau juga diblender. Anda bisa menggunakan kapas untuk menyeka jus atau sari bawang merah tadi ke daerah wajah yang mempunyai flek hitam dan setelah itu biarkanlah paling tidak selama 10 menit sebelum anda membilasnya. Lakukan lah pengobatan ini dengan rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Ramuan alami diatas memang sangat baik untuk membantu anda menghilangkan flek hitam di wajah. Pengobatan menggunakan bahan tradisional jauh lebih baik dari bahan menggunakan bahan yang mengandung kimia, karena bahan tradisional lebih terjamin keaslian serta kealamiannya, dan pada dasarnya bahan-bahan tradisional minim akan efek samping.

Demikianlah informasi mengenai Flek hitam dan pengobatan untuk menghilangkan flek hitam secara alami menggunakan bahan tradisional. Flek hitam memang sangat menganggi penampilan anda khususnya untuk wanita. Anda akan kehilangan kepercayaan diri ketika Flek Hitam ini berada di bagian kulit wajah anda, maka untuk itu lakukanlah perawatan pada kulit anda dan selalu menjaga kulit anda dengan baik dan benar. Semoga apa yang di sampaikan bisa memberi solusi dan juga bermanfaat bagi anda. TerimaKasih.

SHARE TO :