SHARE TO :

Gagal Ginjal Akut Penyebab, Gejala, Serta Pengobatannya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 4:00 am tanggal November 14, 2016

Gagal Ginjal Akut Penyebab, Gejala, Serta Pengobatannya – Gagal ginjal akut adalah istilah untuk kondisi dimana ginjal seseorang mengalami kerusakan secara mendadak, sehingga tidak bisa berfungsi. Gagal ginjal akut terjadi ketika ginjal tiba-tiba tidak bisa menyaring limbah kimiawi dari darah yang bisa memicu penumpukan atau penimbunan limbah tersebut di dalam tubuh. Penumpukan limbah kimia dan garam dalam tubuh bisa menghentikan organ lain untuk berfungsi dengan benar.

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peranan utama dalam fungsi tubuh, tidak hanya untuk menyaring darah dan menyingkirkan produk limbah, tetapi juga sangat berfungsi untuk menyeimbangkan tingkat kadar elektrolit dalam tubuh, mengontrol tekanan darah dan menstimulasi produksi. Gagal ginjal adalah hilangnya fungsi ginjal. Karena ginjal memiliki peran vital dalam mempertahankan homeostati, gagal ginjal menyebabkan efek sistemik multipel.

Gagal Ginjal Akut Penyebab, Gejala, Serta Pengobatannya

gagal ginjal akut

Biasanya, gagal ginjal akut terjadi sebagai komplikasi dari penyakit serius lainnya. Penyakit ginjal seperti ini umumnya diidap oleh lansia atau pasien perawatan intensif di rumah sakit. Jika tidak ditangani dengan cepat, gagal ginjal akut bisa menimbulkan permanen (gagal berhenti berfungsi) atau bahkan membahayakan nyawa. Tetapi, jika diobati tepat waktu dan kondisi kesehatan pasien secara umum baik, maka ia memiliki kemungkinan pulih sepenuhnya.

Banyak penyebab gagal ginjal yang merupakan penyakit yang menyerang ginjal itu sendiri. Hal-hal tersebut termasuk glomerulonefritis, valkulitis, obat-obatan yang bersifat nefrotoksik, rabdomiolisis, nefritis intersisial, sindrom hemolitik/uremik, dan mieloma. Ada beberapa penyebab gagal ginjal akut, diantaranya : Hipovolemia, pendaraha, dehidrasi, muntah, diare, diaforesis, pengisapan lambung, diabetes melitus dan diabetes insipidus, luka bakar dan drainase luka, sirosis, penurunan curah jantung, gagal jantung kongestif, infark miokard, temponade jantung, dan distrimia.

Adapun beberapa gejala gagal ginjal akut adalah sebagai berikut :

– Berkurangnya produksi urine.
– Linglung atau kebingungan.
– Mual dan muntah.
– Sesak nafas.
– Penumpukan cairan dalam tubuh atau edema.
– Kelelahan.
– Dehidrasi.
– Sakit di bagian dada.
Nyeri punggung.
– Sakit perut, dan
– Tingginya tekanan darah atau hipertensi.

Pada fase awal, gagal ginjal akut tidak menunjukkan gejala apapun dan hanya bisa dideteksi melalui uji laboratorium. tapi, penyakit ini bisa memburuk dengan sangat cepat dan tiba-tiba penderita mengalami beberapa gejala diatas. Mayoritas gagal ginjal akut terjadi karena berkurangnya aliran darah ke ginjal. Berikut ada beberapa hal yang bisa menurunkan aliran darah ke ginjal, yaitu volume darah yang rendah, jumlah darah yang dipompa jantung dibawah normal, gangguan pada pembuluh darah, beberapa obat-obatan tertentu, cairan pewarna, tersumbatnya saluran urine, dan kerusakan langsung di ginjal.

Ada beberapa hal yang meningkatkan risiko seseorang terkena gagal ginjal akut, diantaranya :

– Memiliki risiko tinggi menderita sumbatan saluran urine.
– Mengidap diabetes.
– Mengidap penyakit hati.
– pembuluh darah pada lengan dan kaki tersumbat.
– Terkena darah pada lengan dan kaki tersumbat.
– Terkena infeksi parah.
– Mengalami dehidrasi.
– Berusia 65 tahun atau lebih.
– Sedang dalam perawatan intensif dirumah sakit.

Pengobatan yang dilakukan pada gagal ginjal akut sangat bergantung pada penyebab utama munculnya kondisi dan seberapa lama sudah mengalaminya. Kebanyakan orang kurang menyadari pentingnya menjaga organ tubuh, seperti ginjal. Padahal fungsi ginjal ini sangat vital sebab penyaring kotoran yang terdapat dalam makanan yang nantinya akan dibuang melalui urine.

Pengobatan Alami Gagal Ginjal Akut

Mengingat pentingnya fungsi dari ginjal dalam tubuh kita, maka dari itu penting mengetahui tentang penyakit ginjal dan pengobatannya secara dini. Hal ini memungkinkan agar dapat meminimalkan terjadinya penyakit tersebut. Ginjal berfungsi untuk membuang sampah sisa metabolisme yang terjadi pada sistem tubuh manusia, secara sistematis akan membuang cairan yang berlebih dari tubuh sebanyak 750ml – 1500ml perhari.

Menemukan ginjal yang cocok bukan perkara mudah. Bahkan, kalaupun ada yang cocok, tidak mudah menemukan orang yang bersedia untuk diambil ginjalnya, meskipun donor tetap bisa hidup dengan satu ginjal saja. Untuk menghindari hal ini, berbagai macam pengobatan mulai medis hingga tradisional pun mulai ditemukan. Dan sebagai hasil dari penelitan yang sangat rumit di pilihlah obat tradisional gagal ginjal akut menggunakan Daun Sukun. Diketahui bahwa daun sukun mengandung berbagai unsur kimia yang dibutuhkan oleh tubuh.

Daun Sukun ini menjadi pengobatan gagal ginjal akut tanpa cuci darah, serta membantu mengembalikan kondisi ginjal seperti sedia kala. Mulai dari asam hidrosianat, tannin dan flavoid. Selain itu, terdapat aseticolin dan juga ribofalvin yang mempunyai sifar recovery baik untuk ginjal. Selain untuk mengobati penyakit ginjal, daun sukun terbukti ampuh untuk mengobati penyakit yang lainnya, seperti kardiovaskuler.

Anda bisa menggunakan daun sukun sebagai alternatif pengobatan gagal ginjal tanpa cuci darah. pengobatan tentunya jauh lebih ekonomis dan tidak menimbulkan efek samping. Berikut cara pembuatannya, yaitu dengan menyiapkan beberapa lembar daun sukun, cuci bersih terlebih dahulu, rebus dengan air secukupnya, tunggu hingga mendidih dan usahakan daun hancur dalam air, diamkan beberapa saat hingga dingin, saring daun sukun dan menyisakan air rebusannya saja, Konsumsi dua kali sehari, sebaiknya pada pagi dan sore hari, usahakan untuk seusai makan berat.

Cara pengobatan ini terbukti ampuh untuk mengurangi nyeri pada ginjal dan secara perlahan mengembalikan fungsinya seperti semula. Air rebusan daun sukun sangat mambantu untuk menurunkan gula darah dalam tubuh. Pengobatan gagal ginjal ini bisa anda lakukan sendiri dan mempercepat pengobatan yang dilakukan secara medis, hasilnya bisa anda nikmati setelah rutin mengkonsumsi air rebusan daun sukun.

Demikian informasi mengenai Gagal Ginjal Akut dan pengobatannya menggunakan bahan alami yaitu Daun Sukun, Semoga apa yang disampaikan menjadi solusi pengobatan bagi anda yang mengalami Gagal Ginjal Akut, dan semoga bermanfaat. Terima Kasih.

SHARE TO :