SHARE TO :

Gastritis Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Yang Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 1:46 am tanggal November 12, 2016

Gastritis Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Yang Alami – Gastritis adalah kondisi ketika lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan atau pengikisan. Berdasarkan jangka waktu perkembangan gejala, gastritis dibagi menjadi dua, yaitu akit (berkembang secara cepat dan tiba-tiba) dan kronis (berkembang secara perlahan-lahan). Gastritis ini bisa berlangsung hanya untuk waktu singkat saja atau juga untuk waktu hingga berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Apabila anda bingung dengan istilah gastritis, orang awam sering menyebut gastritis dengan sakit maag.

Gastritis akut merupakan peradangan yang terjadi dipermukaan mukosa lambung dan bersifat akut, disertai terjadinya kerusakan erosi. Untuk perjalanan penyakit umumnya bersifat ringan, walaupun terkadang bisa mengakibatkan keadaan darurat medis, yaitu pendarahan pada saluran cerna bagian atas.

Gastritis Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Yang Alami Tanpa Operasi

gastritis

Sedangkan jenis gastritis yang kedua yaitu Gastritis kronis yang merupakan suatu peradangan pada bagian mukosa lambung dengan waktu hingga menahun. Gastritis kronis ini seringkali dihubungkan ke karsinoma lambung dan juga ulkus peptik, namun hubungan sebab akibat diantara keduanya masih belum diketahui.

Lambung memiliki sel-sel penghasil asam dan enzim yang berguna untuk mencerna makanan. Untuk melindungi lapisan lambung dari kondisi radang atau pengikisan asam, sel-sel tersebut juga sekaligus menghasilkan lapisan “lendir” yang disebut mucin. Ketika gastritis terjadi, ada penderita yang merasakan gejalanya dan ada juga yang tidak. Berikut ada beberapa gejala gastritis, yaitu :

– Nyeri yang menggerogoti dan panas di dalam lambung.
– Hilang nafsu makan.
– Cepat merasa kenyang saat makan.
– Perut kembung.
– Cegukan.
– Mual.
– Muntah.
– Sakit perut.
– Gangguan saluran cerna.
– BAB dengan tinja berwarna hitam pekat.
– Muntah darah.

Dan terdapat beberapa penyebab seseorang mengalami gastritis, namun faktor penyebab yang umum, diantaranya :

Stress. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya perubahan hormonal pada bagian dalam tubuh yang bisa merangsang sel di dalam lambung secara berlebihan.
Jadwal makan tak teratur, dapat mengakibatkan lambung menjadi sulit berdaptasi dan juga bisa menyebabkan kelebihan asam lambung, selanjutnya akan mengiritasi dinding pada mukosa lambung. Karena itu salah satu metode pencegahan gastritis yaitu dengan makan tepat pada waktunya.
Mengonsumsi minuman dengan kandungan kafein, contohnya teh dan kopi, makanan asam dan pedas, serta makanan yang memiliki kandungan gas juga dapat menyebabkan gastritis (ubi, kol, buncis, dan lainnya).
Makanan dengan tekstur keras serta dimakan sewaktu panas, contohnya bakso.

Jika anda rentan terkena gejala gastritis, cobalah untuk membagi porsi makan anda ke jadwal makan baru. Sebagai contoh, jika sebelumnya anda suka makan dengan porsi besar tiap jadwal makan, ubah porsinya menjadi sedikit-sedikit sehingga jadwal makan anda menjadi lebih sering dari biasanya. Selain itu, hindari makanan berminyak, asam, atu pedas.

Jika anda termasuk seseorang yang aktif mengonsumsi minuman beralkohol, maka kurangilah kebiasaan tersebut karena alkohol juga dapat menyebabkan gejala gastritis. Selain itu, kendalikan stres anda. Jika gejala gastritis sering kambuh setelah anda menggunakan obat pereda sakit jenis antiinflamasi nonsteroid (OAINS) konsultasikan hal tersebut kepada dokter. Dalam kasus ini, dokter biasanya akan mengganti OAINS dengan oabt pereda nyeri golongan lain seperti paracetamol.

Pengobatan Alami Gastritis

Gastritis dapat dicegah dengan mengambil langkah-langkah sederhana seperti makan-makanan sederhana serta sering memeriksa asam lambung anda. Sangat disarankan untuk menjauh dari makanan pedas atau asam. Minum alkohol dan merokok harus benar-benar dihindari. Meskipun, hal itu tampaknya tidak menjadi penyakit yang serius, Gastritis bisa sangat menjengkelkan dan menyakitkan, dan karena itu, yang terbaik adalah dicegah.

Namun, ada beberapa cara pengobatan yang bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan tradisional yang sangat mudah anda dapatkan, diantaranya :

  • Kunyit

Cara pembuatan ramuan tradisional ini yaitu : Siapkan 2 batang kunyit dan cuci bersih terleebih dahulu, kemudian parut dan campurkan dengan air yang cukup. Meminum 2 kali sehari ramuan tersebut dapat mengurangi dan menghilangkan sama sekali masalah penyakit gastritis atau sakit maag. Rasa kunyit memang kurang enak, namun bisa memberikan efek yang positif untuk kesembuhan anda dalam mengatasi masalah lambung seperti gastritis.

  • Daun Jambu Biji

Ramuan yang selanjutnya yang sering dimanfaatkan terbuat dari daun jambu biji. Cara pembuatannya, siapkan 9 lembar daun jambu biji, rebus dan campur dengan 1,5 liter air. Air rebusan tadi bisa anda minum 3 kali sehari. Penyakit lambung anda akan berangsur membaik dan menghilang seiring waktu, asalkan anda menjalani terapi rebusan daun jambu biji ini secara teratur dan konsisten.

  • Biji pepaya dan Daun pepaya

Cara pembuatannya, ambil biji pepaya dan jemur hingga kering kemudian tumbuk sampai halus. Tumbukkan tadi bisa diseduh dan dikonsumsi untuk diminum secara teratur. Jika anda bisa menahan sedikit rasa pahit, maka ramuan daun pepaya dapat menjadi alternatif, siapkan 5 gram daun pepaya, 10 gram saun seruni putih, 10 gram daun pegangan, 5 gram kencur, 5 gram sembung, dan air matang. Bersihkan semua bahan dan tumbuk hingga halus. Tambahkan dengan air matang kemudian minum saat anda mengalami gangguan lambung.

  • Kacang Kedelai 

Siapkan kacang kedelai secukupnya, sangrai tanpa minyak dan tumbuk. Kemudian, anda dapat meminumnya dengan cara menyeduh secara rutin 3 kali dalam beberapa minggu. Untuk pencegahan, anda bisa mengkonsumsi ramuan sekali sehari. Kacang kedelai merupakan obat pada masalah lambung anda seperti gastritis yang cukup diminati karena rasanya lebih enak.

Itulah beberapa cara pengobatan yang bisa anda pilih sendiri di rumah untuk mengatasi masalah lambung anda secara cepat dan aman, karena dengan menggunakan bahan alami lebih baik dan sangat minim efek samping. Maka dari itu jangan anggap sepele jika gejala diatas terjadi pada anda, karena mungkin saja itu bukan penyakit gastritis biasa, dan bisa menjadi masalah kronis yang lain terjadi pada lambung anda.

Semoga apa yang di sampaikan dalam informasi diatas bisa menambah pengetahuan anda dan juga solusi bagi anda yang sedang mengalami penyakit gastritis tersebut. Terima Kasih.

SHARE TO :