SHARE TO :

Gejala Demam Berdarah dan Herbal Alami yang Membantu Proses Penyembuhannya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:11 am tanggal March 18, 2016

Gejala Demam Berdarah dan Herbal Alami yang Membantu Proses Penyembuhannya | Di musim penghujan seperti saat ini, beragam penyakit pun mulai bermunculan, termasuk demam berdarah dengue atau yang juga dikenal dengan DBD.

Penyakit yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes Agypti ini memang biasanya akan semakin marak bermunculan di kala musim seperti ini, dan terlebih lagi, biasanya sasaran yang paling rentan untuk terkena DBD adalah anak-anak apalagi yang daya tahan tubuhnya kurang kuat.

Demam berdarah memang merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mematikan, padahal gejala sakit yang ditimbulkan oleh penyakit ini tergolong seperti demam biasa, namun bila terlambat untuk diobati maka resiko nyawa melayang akan semakin besar.

Maka dari itu, sebaiknya anda lebih berhati-hati bila anak anda tiba-tiba menunjukkan gejala demam berdarah

Gejala Demam Berdarah

  • Lemas

Bila anak anda yang biasanya aktif bermain mendadak terlihat lemas dan lesu tanpa alasan, maka sebaiknya anda perlu mewaspadainya. Terlebih lagi, bila ketika anda perhatikan wajahnya terlihat sangat pucat  dan ketika ditanya ia mengeluh kepalanya pusing serta merasa sakit/nyeri di bagian belakang matanya.

gejala demam berdarah

gejala demam berdarah

  • Demam tinggi

Demam biasanya hanya dianggap sebagai demam biasa yang disebakan oleh influenza, namun bila hal tersebut terjadi tiba-tiba pada anak anda, maka sebaiknya anda perlu waspada, sebab salah satu gejala DBD juga hampir sama dengan demam biasa, namun biasanya demam yang muncul adalah demam tinggi, bahkan bisa sampai 40 derajat Celsius.

Demam tinggi seperti itu biasanya dapat muncul hingga seminggu lamanya, dan kemudian menurun, namun sebenarnya demam yang suhunya turun itu merupakan fase kritis dari DBD dan beberapa hari kemudian demam dapat naik lagi. Oleh sebab itu, segera periksakan kondisi anak anda ke dokter bila mengalami demam tinggi.

Baca juga Cara mengatasi flu yang ampuh secara alami

  • Mual

Selain demam tinggi, biasanya penderita DBD akan merasa mual hingga muntah serta nafsu makan anak pun akan berkurang karena mereka merasa bagian perutnya merasa tidak enak

  • Bintik-bintik merah

Gejala DBD yang cukup mudah dikenali pada anak, adalah munculnya ruam berupa bintik-bintik merah di sekujur tubuhnya. Hal tersebut disebabkan karena  vurus dengue membuat sistem pembekuan darah terganggu.

Nah, bila anak anda menunjukkan gejala seperti diatas, maka tak perlu piker panjang lagi, segera bawa anak ke dokter agar lebih cepat mendapatkan penanganan medis, sebab bila terlambat, hal tersebut dapat membahayakan nyawanya.

Herbal Alami untuk Membantu Proses Penyembuhan Demam Berdarah

Sebenarnya, selain penanganan medis, ada beberapa herbal alami yang cukup efektif untuk membantu proses pemulihan seorang anak yang menderita DBD. Beberapa herbal alami yang dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan demam berdarah itu seperti, kelapa hijau muda, jambu biji, daun jambu biji, daun dewa, pegagan, dan juga meniran. Berikut ini ada beberapa ramuan herbal yang dapat dicoba agar penderita DBD segera pulih :

  • Kelapa muda hijau

Air kelapa hijau yang masih muda memiliki rasa yang enak dan segar, sehingga anak-anak pun tak merasa seperti minum ramuan obat. Untuk menggunakan cara ini anda hanya perlu menyiapkan kelapa hijau yang bagian atasnya telah dilubangi lalu beri sedikit air perasan jeruk nipis. Minum setiap hari secara rutin

  • Jus jambu biji

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa jambu biji merupakan buah yang sangat berkhasiat untuk membantu proses penyembuhan DBD. Untuk menggunakan cara ini, anda hanya perlu memblender buah jambu biji yang dicampur dengan potongan kunyit dan temulawak secukupnya. Minum jus tersebut 2 kali dalam sehari secara rutin, hingga kondisi anak membaik.

  • Daun Dewa

Ramuan herbal yang satu ini memang bisa dibilang tidak seenak dua lainnya, namun khasiatnya tak kalah ampuhnya untuk kembali memulihkan kondisi penderita DBD. Untuk menggunakan cara ini, anda perlu menyiapkan 5 lembar daun dewa, 10 lembar daun jambu biji, 1 buah jeruk nipis, dan madu secukupnya.

Rebus daun dewa dan daun jambu biji serta air perasan jeruk nipis ke dalam 5 gelas air hingga mendidih dan hanya menghasilkan 2 gelas saja. Bila sudah jadi, tambahkan madu secukupnya. Setelah dingin, minum langsung 2 gelas ramuan herbal tersebut dan lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari.

 

Itulah beberapa gejala demam berdarah yang perlu anda ketahui, lengkap dengan beragam ramuan herbal yang dapat anda gunakan untuk mengobati DBD. Perlu anda ingat, ramuan herbal alami tersebut sebaiknya anda gunakan setelah anak anda telah mendapatkan penanganan medis, sebab pada dasarnya ramuan herbal tersebut fungsinya hanya untuk membantu proses pemulihan dari DBD.

 

SHARE TO :