SHARE TO :

Gejala Pencegahan dan Pengobatan Mata Ikan

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:18 am tanggal October 24, 2016

Gejala Pencegahan dan pengobatan mata ikanmata ikan atau sering di kenal dengan nama clavus atau corn merupakan penebalan kulit akibat tekanan dan gesekan yang terjadi berulang kali. Contohnya pemakaian sepatu yang tidak pas atau penggunaan sepatu yang terlalu sepit, cara berjalan. Mata ikan ummnya berukuran lebih kecil dibanding kapalan dan memiliki bagian tengah keras (keratin) yang dikelilingi kulit yang meradang. Penebalan kulit yang berlebihan pada bagian kulit yang berubah menjadi mata ikan juga dapat menimbulkan rasa nyeri bagian yang sering muncul formasi mata ikan di bagian kaki.

mata-ikan

Ada dua jenis mata ikan yaitu :

>Mata ikan Keras

Mata ikan ini yang sering di temui. berukuran sewperti kacang dengan tonjolan keras dan kecil di bagian tengah. Mata ikan ini bisa menimbulkan rasa sakit dan pembengkakan.

> Mata ikan lunak

Merupakan jenis mata ikan yang memiliki warna keputihan dan bertektur lunak. Jenis ini umumnya muncul di antara jari kaki ketika kulit kaki basah karena keringat. Mata ikan lunak terasa nyeri dan pembengkakan.

Kedua jenis maka ikan itu memiliki gejala sama, yaitu:

– Adanya area kulit yang terasa tebal dan kasar.
– Muncul bejolan yang membesar dan mengeras.
– Rasa nyeri di dalam kulit
– Kulit bersisik, kering, atau berminyak

Mata ikan yang terinfeksi bisa terasa nyeri, meradang, berisi nanah atau cairan bening. Peradangan yang terjadi bisa menyebar ke bagian kaki lainnya. Sama seperti kapalan, mata ikan baru terasa nyeri ketika berjalan atau mengenakan sepatu

Penyebab Mata Ikan

> Pemakaian sepatu yang tidak nyaman

Sepatu yang terlalu sempit serta sepatu berhak tinggi bisa menekan beberapa bagian kaki. Lalu, sepatu yang terlalu longgar menyebabkan beberapa bagian kaki bergesekan berulang kali dengan bagian dalam sepatu.

> Sering menggunakan peralatan musik dengan tangan

Penebalan pada kulit bisa muncul akibat gesekan kulit tangan dengan sebuah instrumen musik atau perkakas tangan yang kita gunakan sehari-hari.

> Tampa kaos kaki

Tidak memakai kaus kaki atau memakai kaus kaki dengan ukuran yang tidak tepat bisa menyebabkan terjadinya gesekan antara kaki dengan alas kaki.

> Beribadah

Khususnya pada orang Islam, yang sering menjalankan ibadah sholat akan sering berlutut dan bersujud. Kondisi ini juga bisa menyebabkan mata ikan muncul.

> Perokok

Bagi orang yang merokok dan memakai pemantik api bisa memiliki mata ikan pada kulit jempol tangannya. Kondisi ini terjadi karena sering menyalakan pemantik saat merokok.
Tanda dan Gejala Penyakit Mata ikan

Beerikut ini merupakan tanda dan gejala penyakit mata ikan:

– Gatal pada bagian kulit
– Muncul benjolan kecil berisi air
– Jika te4rus di biakan benjolan tersebut akan semakin mengeras
– Dan jika sudah klimaks maka benjolan tersebut akan terasa sakit dan nyeri sekali

SHARE TO :