SHARE TO :

Glaukoma Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:45 am tanggal October 25, 2016

Glaukoma Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Secara Alami – Glaukoma adalah jenis gangguan penglihatan yang ditandai dengan terjadinya kerusakan pada saraf optik yang biasanya diakibatkan oleh adanya tekanan di dalam mata. Glaukoma adalah penyebab kebutaan terbesar ke 2 di dunia, penyakit ini juga termasuk dalam kelompok penyakit mata yang mampu merusak optik dan mengakibatkan kebutaan. Jika anda mengalami penyakit Glaukoma ini maka segera untuk minta ditangani, karena pengidap penyakit ini akan kehilangan penglihatan matanya. Penyakit ini dapat mempengaruhi kedua belah mata, walaupun mungkin hanya salah satu mata yang akan mengalami gejala parahnya.

Penyebab glaukoma belum sepenuhnya diketahui, namun biasanya glaukoma terjadi akibat meningkatnya tekanan di dalam mata (tekanan intrakular), baik akibat produksi cairan mata yang berlebihan, maupun akibat terhalangnya saluran pembuangan cairan tersebut. Tekanan ini dapat merusak serabut saraf retina atau jaringan sarafyang melapisi bagian belakang mata dan saraf optik yang menghubungkan mata ke otak juga. Namun hingga kini, belum jelas kenapa produksi cairan mata bisa berlebihan atau kenapa saluran pembuangan bisa tersumbat.

Glaukoma Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Secara Alami Tanpa Operasi

glaukoma

Ada beberapa jenis glaukoma yang paling umum yaitu :

Glaukoma sudut tertutup

Pada glaukoma jenis ini lebih banyak ditemukan di negara-negara asia. Pada kondisi ini, tekanan yang terjadi di dalam mata disebabkan oleh drainase yang buruk akibat kanal pembuangan terblokir oleh sempitnya sudut antara kornea dan iris.

Glaukoma sudut terbuka

Pada jenis ini struktur mata tampak normal namun ada masalah di dalam saluran mata yang disebut trabecular meshwork. Masalah ini menyebabkan cairan mata tidak bisa mengalir dengan baik.

Glaukoma sekunder

Jenis ini disebabkan oleh peradangan pada lapisan tengan mata (ueitis) atau cedera pada mata.

Glaukoma kongenital

Glaukoma ini disebabkan oleh kelainan pada mata (kondisi bawaan), dan biasanya jenis glaukoma ini diidap oleh anak-anak.

Untuk mengetahui apakah anda terkena penyakit glaukoma, setidaknya anda harus mengetahui seperti apa gejala glaukoma terlebih dahulu. Berikut ada beberapa gejala, diantaranya : Nyeri mata, sakit kepala, melihat bayangan lingkaran di sekeliling cahaya, mata memerah, mula atau muntah, mata berkabut (khusus pada bayi), penglihatan yang makin menyempit hingga akhirnya tidak dapat melihat objek sama sekali.

Bahkan terkadang pengidap glaukoma sama sekali tidak merasakan gejala apapun, namun pada tingkat akut mereka menjadi tidak bisa melihat. Maka dari itu glaukoma juga sering disebut sebagai “Pencuri Penglihatan”. Ada beberapa orang yang berisiko tinggi mengidap penyakit glaukoma ini, diantaranya : Berumur lebih dari 60 tahun, ketika berumur lebih dari 60 tahun orang rentan sekali terhadap penyakit ini, karena kemampuan sistem syaraf dimata telah menurun. Orang yang mengidap penyakit kronis seperti jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, hipotiroidisme beresiko tinggi terkena penyakit ini.

Jika anda memiliki seorang keluarga yang mengidap penyakit glaukoma maka besar kemungkinan anda juga akan mengidap penyakit yang sama. Untuk anda yang pernah dioperasi mata, atau pernah mengidap tumor mata, radang mata dan semua hal yang menyebabkan mata anda cidera maka anda juga berisiko terkena glaukoma juga. Penggunaan obat yang mengandung kortikosteroid secara berlebihan dapat beresiko terkena glaukoma, apalagi terlalu sering menggunakan obat tetes yang mengandung kortikosterod.

Sangat mengejutkan sekali, ketika melakukan gaya hidup yang sehat akan menurunkan Tekanan darah. Dengan menurunnya tekanan dara pada tubuh maka Tekanan pada mata pun ikut menurun. sehingga Glaukomapun bisa di atasi dan dihindari tanpa menberikan resiko yang tinggi.

Pengobatan Penyakit Glaukoma

Sangat penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika anda mengalami penurunan daya lihat yang mungkin saja disebabkan oleh glaukoma. Kerusakan mata yang ditimbulkan tidak dapat diobati atau diperbaiki kembali. Namun tujuan pengobatan kondisi ini adalah untuk mengurangi tekanan intraokular pada mata dan mencegah meluasnya kerusakan pada mata. Secara umum, glaukoma bia ditangani dengan obat tetes mata, obat-obatan yang diminum, terapi laser, serta operasi.

Pengobatan menggunakan obat tetes mata, obat untuk ditelan, tindakan laser atau operasi bertujuan untuk menurunkan/menstabilkan tekanan bola mata dan mencegah kerusakan penglihatan lebih lanjut. Semakin dini deteksi glaukoma maka akan semakin besar tingkat kesuksesan pencegahan kerusakan penglihatan.

Obat terapi mata alami merupakan penanganan glaukoma tanpa operasi. Obat tetes mata glaukoma adalah bentuk penanganan yang paling umum dan paling awal diberikan oleh dokter atau herbalist pada penderita glaukoma. Anda bisa juga menggunakan bahan bahan tradisional untuk mengatasi penyakit glaukoma ini, bahan-bahan tersebut, diantaranya :

Daun Turi

Daun turi bisa diubah menjadi obat mata glaukoma yang menyembuhkan dengan aman dan tanpa efek samping yang buruk. Cara membuatnya : Ambil daun turi yang masih muda sektar 10 – 15 gram. Kemudian sedikana adas 4- 5 gram, kapur sirih 4 – 5 gram. Untuk menggunakannya campurkan turi dengan adas, dan kapur sirih. Kemudian remas – remas, dan tempelkan obat mata pada alis 1 -2 kali dalam sehari. Diamkan selama 30 menit untuk hasil yang lebih cepat.

Biji Kemangi

Biji juga salah satu bahan yang bisa menyembuhkan mata dari glaukoma, caranya : ambil biji kemangi yang sudah tua 1 butir saja. Kemudian masukan biji kemangi kepada dmata, lalu tutup mata anda sebentar, dan bua lagi sehingga biji keluar dengan sendirinya sebagai tahi mata. Mungkin cara ini cukup ekstreem, tapi menggunakan biji kemangi juga merupakan salah satu cara yang mujarab.

Beberapa penyembuhan dengan menggunakan jalan operasi terdengar mengerikan bagi sebagian orang, dan mereka lebih memilih cara alami atau dengan pengobatan rutin untuk menyembuhkan glaukoma, terlebih karena pengobatan dengan cara menggunakan bahan alami adalah salah satu cara yang sangat mudah dan sederahana yang bisa dilakukan sendiri. Pengobatan dengan menggunakan bahan alami memang minim akan resiko terjadi efek samping yang berbahaya.

Untuk itu tidak ada salahnya bagi anda yang mengalami mata glaukoma untuk mencoba menggunakan bahan alami, dan apabila kondisi tidak kunjung baik sebaiknya anda melakukan operasi. Demikian informasi yang dapat di sampaikan, semoga apa yang di sampaikan bisa menjadi solusi bagi anda dan juga bermanfaat. Terima Kasih.

SHARE TO :