SHARE TO :

Hipotensi Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:21 am tanggal November 1, 2016

Hipotensi Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami – Hipotensi adalah keadaan ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal dan biasa disebut dengan tekanan darah rendah. Saat darah mengalir melalui arteri, darah memberikan tekanan pada dinding arteri, tekanan itulah yang dinilai sebagai ukuran aliran darah atau disebut dengan tekanan darah.

Pengertian Hipotensi secara medis adalah suatu keadaan dimana tekanan pada pembuluh darah arteri lebih rendah dibandingkan tekanan darah normal. Tekanan darah rendah ditandai dengan tekanan sistolik (bacaan atas) < 90 mmHg dan / atau tekanan diastolik (bacaan bawah) < 60 mmHg. Tekanan darah rendah akan menimbulkan hambatan atau pembatasan terhadap jumlah darah yang dialirkan ke otak dan organ vital lainnya seperti ginjal sehingga mengakibatkan kepala terasa melayang dan pusing serta tubuh terasa tidak stabil atau mudah goyah, bahkan sampai kehilangan kesadaran.

Hipotensi Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami Tanpa Operasi

hipotensi

Tidak semua yang mengalami Hipotensi akan merasakan gejala. Kondisi Hipotensi juga tidak selalu memerlukan perawatan. Namun, jika tekanan darh cukup rendah, kemungkinan besar bisa menimbulkan gejala-gejala seperti berikut : Jantung berdebar kencang atau tidak teratur. Pusing. Lemas. Mual. Pingsan. Kehilangan keseimbangan atau merasa goyah. Dan Pandangan buram.

Jika mengalami gejala hipotensi, sebaiknya anda segera duduk atau berbaring, minum air putih, dan menghentikan semua kegiatan yang sedang anda lakukan. Gejala biasanya akan segera hilang setelah beberapa saat. Jika abda sering mengalami gejala hipotensi seperti diatas, segera temui dokter untuk mengukur tekanan darah dan memeriksa apakah ada penyakit tertentu yang menyebabkan timbulnya gejala seperti hipotensi.

Sebenarnya tekanan darah bisa berubah sepanjang hari, tergantung kepada kegiatan yang sedang dilakukan dan hal ini dianggap normal. Ada banyak faktor yang menyebabkan tekanan darah seseorang rendah, seperti usia, pengobatan, dan kondisi cuaca. Cuaca udara yang lebih panas bisa membuat tekanan darah menurun. Orang yang sedang relaks atau rajin berolahraga juga umumnya mempunyai tekanan darah yang lebih rendah.

Selain itu, jika anda baru saja makan, tekanan darah juga bisa menurun karena banyak darah yang akan mengalir menuju saluran pencernaan untuk mencerna dan menyerap makanan. Tekanan darah pada siang dan malam hari pun berbeda. Biasanya pada siang hari tekanan darah akan meningkat, dan malam harinya akan lebih rendah.

Pada dasarnya tekanan darah berubah-ubah sepanjang hari, bisa meningkatkan atau menurun tergantung pada banyak faktor seperti usia, pengobatan, kondisi cuaca, dan aktivitas yang sedang dikerjakan, dan hal ini dianggap normal selama masih berada dalam batasan tekanan darah normal. Namun beberapa kondisi atau penyakit tertentu dapat menyebabkan Hipotensi seperti : Hipotensi ortostatik, dehidrasi, efek samping pengobatan, anemia, ketidakseimbangan hormon, penyakit saraf, syok dan cedera serius, penyakit jantung, dan kehamilan.

Pengobatan Hipotensi Secara Alami Dan Mudah

Setiap penyembuhan penyakit yang melekat pada tubuh kalian, pasti terselip bagaimana tips mengatasinya. Berikut ada beberapa cara mengobati darah rendah atau Hipotensi yang baik dan benar, diantaranya :

  • Air Putih

Air putih ini memang wajib untuk di minum oleh semua orang, baik anak-anak atupun remaja, dan untuk itu mengkonsumsi air mineral/putih dalam perharinya sebanyak 8 gelas atau setara dengan dua liter. Banyak seklai manfaat yang terkandung jika kita meminumnya sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan. Cara mengobati darah rendahpun bisa di obati dengan air putih.

  • Gula yang diminimkan

Hal yang dapat dilakukan dalam cara mengobati darah rendah adalah dengan meminimkan atau mengurangi darah rendah. Dan hal inilah yang bisa digunakan selain menggunakan obat darah rendah yang tradisional. Gula ini memang memiliki rasa manis, sehingga semua orang pun sangat suka terhadap gula. Cara yang kami berikan ini sangat mudah diterapkan dan tidak menimbulkan efek atau resiko sama sekali.

  • Kunyit

Kunyit atau kunir ternyata bisa buat mengobati hipotensi atau darah rendah. Cara meramunya Kunir atau kunyit harus kita parut dan tambah sedikit air, setrelah itu peras digelas atau sejenisnya, kemudian ambil telur ayam lalu kocok dan campurkan dengan perasan kunir yang sudah dibut tadi, lalu supaya lebih seru tambahkan madu dan anggur. Kemudian minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

  • Kaldu ayam

Jika anda sedang merebus ayam, silakan anda ambil kaldunya sekitar 1 gelas. Ambil kuning telur ayam kampung. Dan garam dapur (sebagai penghilang amis), setelah semua bahan tersedia, sekarang silakan campurkan kuning telur dan garam dengan air kaldu ayam, lalu diminum 1 kali sehari.

  • Daun Bayam

Ambil daun bayam sekitar 250gr, ambil gula aren dan cabe masing-masing 10gr, ambil asam jawa 5gr, ambil bawang merah 50gr, dan terakhir 7gr garam. Lalu rebus daun bayam tersebut dan jangan terlalu matang sampai lunak. Dan penggunaannya ditambahkan pada makan waktu siang dan bersama beras merah. Lakukan hal ini dengan setiap siang hari sebagai lauk pauk.

Jika anda sedang mengalami pengobatan, periksakan tekanan darah secara rutin. Dan jika anda mengalami efek samping karena menggunakan obat-obatan kimia, segera temui dokter. Begitu pula pada kondisi anda yang tidak kunjung reda atau tidak menghilang, periksakan diri anda di instansi kesehatan terdekat.

Tetapi hal paling efektif untuk melakukan pengobatan ini adalah dengan jogging/lari sangat mudah dan tidak juga berbahaya. Dari mulai anak-anak bisa melakukannya. Bukan hanya penyakit ini saja yang dapat di obati, tapi pada penyakit penyakit lainnya pun juga bisa disembuhkan dengan olahraga yang sekaligus juga bias dilakukan sebagai pencegahan.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengobati Hipotensi, hal yang harus dilakukan lah melakukan pola hidup yang baik dan benar, berolahraga secara rutin dan teratur. Atau saat ini banyak yang menawarkan obat herbal yang di jual dimana-mana, anda juga bisa mengonsumsi obat herbal untuk memperlancar darah dalam tubuh, tapi anda juga harus memperhatikan efek samping dan juga keamanan produknya. Semoga apa yang di sampaikan di atas bisa menambah pengetahun dan juga bermnafaat bagi anda. TerimaKasih.

SHARE TO :